Lakukan 7 Cara Ini Ketika Kehabisan Ide Menulis!

Lakukan 7 Cara Ini Ketika Kehabisan Ide Menulis!

Ilustrasi kehabisan ide dalam menulis | Sumber: Freepik.com

Apakah kamu sering merasa kehabisan ide saat menulis? Jika iya, kamu tidak sendirian lho, SohIB. Saat menjadi seorang penulis, kadang-kadang kita mengalami kebuntuan kreatif yang membuat kita terjebak dalam kehampaan pikiran.

Tidak menemukan ide apapun untuk ditulis tentunya hampir pernah dirasakan setiap orang yang berkecimpung di dunia menulis. Keadaan kehabisan ide dalam menulis juga dikenal dengan sebutan writer’s block. Namun, jangan langsung menyerah dan putus asa ketika SohIB merasa kehabisan ide dalam menulis. Mungkin saja kamu butuh beberapa pancingan kecil untuk membangkitkan ide dan mengatasi writer’s block-mu.

Berikut 7 cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan ide dalam menulis.

1. Berjalan-jalan

Berjalan-jalan dengan memperhatikan sekitarmu dapat memunculkan ide menulis | Sumber: Freepik.com

Luangkan waktu sejenak untuk keluar berjalan-jalan. Tidak perlu jauh-jauh, cukup berjalan di sekitar lingkunganmu. Ketika kamu berjalan-jalan, kamu dapat memperhatikan apa saja kamu kamu temui di jalan. Mengamati orang-orang, bangunan, hewan, dan alam dapat membangkitkan ide untuk menulis konten.

2. Bertemu Teman

Jangan anggap nongkrong bersama teman merupakan aktivitas yang mengurangi produktivitas. Dengan bertemu dengan teman  kamu dapat berbagi cerita. Kamu dapat menemukan ide menulis dari cerita teman-temanmu, karena pastinya setiap orang mempunyai sudut pandang yang berbeda terhadap suatu permasalahan. Hal tersebut akan membuatmu melihat perspektif baru yang dapat SohIB tuangkan pada tulisanmu selanjutnya.

3. Gali Ingatanmu

Gali ingatanmu mengenai kegagalan dan keberhasilan yang telah kamu dapatkan | Sumber: Freepik.com

Siapa sih, di dunia ini yang tidak lepas dari masalah? Tentunya setiap orang pernah menemui masalah dalam kehidupannya, begitu pun kamu. Coba ingat kembali masalah yang pernah kamu hadapi dan bagaimana kamu mengatasinya.

SohIB dapat membagikan beberapa tips bagaimana kamu dapat mengatasi masalahmu. Tidak hanya itu, kamu juga dapat membagikan beberapa tips yang pernah dilakukan sehingga meraih suatu keberhasilan.

4. Membaca

Kamu dapat membaca buku, blog, artikel bahkan koran untuk mendapatkan ide. Selain menambah wawasan, dengan banyak membaca, kita akan memiliki banyak topik untuk dijadikan bahan tulisan. Kamu juga dapat membaca karya yang telah dibuat. Dengan membaca karya lamamu, SohIB mungkin mendapat bagian-bagian yang dapat dikembangkan lagi sehingga membuat pembaruan di tulisanmu yang sebelumnya.

5. Berolahraga

Ternyata berolahraga dapat mengembangkan kreativitasmu lho, SohIB. Dilansir dari cnnindonesia.com, penelitian dari Brooks Running mengungkapkan bahwa lebih dari 90 persen atau  9-10 pelari memikirkan hal-hal baru saat berlari, tidak hanya itu, sebanyak 80 persen pelari mendapatkan ide-ide baru yang transformatif.

6. Menjelajah Media Sosial

Menjelajahi sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, atau media sosial lainnya bisa membuatmu menemukan ide menulis. SohIB dapat melihat apa yang sedang trend saat ini ataupun konten-konten informatif lainnya. Hal tersebut akan memancing  kreativitasmu keluar untuk dijadikan ide dalam menulis.

7. Beristirahat

Ilustrasi beristirahat | Sumber: Freepik.com

Ketika kamu sudah begitu kesulitan untuk mendapatkan ide, maka cobalah untuk beristirahat. Jangan terlalu keras pada diri sendiri sehingga membuatmu stres karena hal tersebut dapat menghalangi idemu untuk keluar.

Tubuh dan pikiran perlu istirahat. Cobalah untuk bersantai, menikmati hobi, atau melakukan aktivitas yang menghibur. Ketika kamu kembali dengan pikiran yang lebih segar, ide-ide baru mungkin muncul dengan lebih mudah.

Itulah tujuh cara untuk menemukan ide menulis, mudah bukan. Ingat, semua kembali ke genset eh mindset. Maka jangan cepat untuk berputus asa dan berhenti menulis dalam waktu yang lama, kamu pasti bisa. Semoga bermanfaat ya, SohIB!