Intip 6 Tips Diet Sehat, Dijamin Anti Gagal!

Intip 6 Tips Diet Sehat, Dijamin Anti Gagal!

Tips Menjalankan Program Diet Sehat | Unplash (Element5 Digital)

#SobatHebatIndonesiaBaik #jadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Memiliki berat badan ideal adalah impian setiap orang. Hal inilah yang mendorong banyak orang untuk melakukan berbagai upaya untuk menurunkan berat badan. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan program diet sehat.

Salah satu indikator kesuksesan program diet adalah berat badan selalu stabil. Banyak faktor yang mempengaruhi kegagalannya. Contohnya seperti stres, kelaparan, kurang tidur, menerapkan pola makan yang kurang tepat, dan masih banyak lagi lainnya.

Di samping itu, gaya hidup juga turut berhubungan. Jika kamu telah melakukan berbagai macam program diet, tetapi masih gagal, maka wajib mencoba beberapa tips di bawah ini!

1. Sempatkan untuk Sarapan Pagi

Dikutip dari Alodokter sarapan merupakan aktivitas yang wajib dilakukan. Alasannya karena dengan sarapan dapat mensuplai energi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu juga bisa membantu mengatur nafsu makan. Dengan demikian, kamu tidak akan makan secara berlebihan. Jika tidak sarapan, biasanya nafsu makan meningkat sehingga akan mengganggu program diet.

2. Membatasi Konsumsi Karbohidrat

Banyak mengonsumsi makanan kaya karbohidrat akan meningkatkan berat badan. Hal ini disebabkan karena karbohidrat mengandung banyak gula. Begitu juga saat SohIB banyak minum minuman manis.

Demi mendukung kesuksesan diet sehat, maka kamu sebaiknya menghindari minuman manis seperti es teh, soda, dan lain sebagainya. Selain itu, kurangi konsumsi kue kering, puding, dan roti basah.

Kamu bisa menggantinya dengan sumber karbohidrat lain yang tinggi serat. Contohnya seperti pisang, nasi merah, dan kacang-kacangan. Hal ini bisa membantu menurunkan berat badan dengan mudah.

3. Banyak Mengkonsumsi Serat

Kamu tidak direkomendasikan untuk makan junk food maupun makanan olahan lainnya. Dari segi rasanya memang sangat enak dan lezat, tetapi tahukah kamu bahwa makanan cepat saji seperti itu mengandung kolesterol, kalori,dan garam yang tinggi? Di sisi lain, kandungan nutrisinya sangat rendah.

Kamu juga rentan terkena obesitas dan jenis penyakit lainnya. Solusi terbaiknya adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan tinggi serat. Oleh karena itu, kamu harus banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Tujuannya agar kebutuhan nutrisi terpenuhi dan tidak mudah merasa lapar. Di samping itu, kandungan kalorinya rendah sehingga cocok dikonsumsi saat melakukan diet.

4. Sebelum Makan Minum Air Putih

Komponen penyusun tubuh manusia paling besar adalah air. Air mempunyai banyak peran penting di dalam tubuh. Meskipun sedang diet, kamu tetap harus memperhatikan kebutuhan cairan bagi tubuh.

Dilansir dari Kompas.com dapat diketahui bahwa dengan minum air sebelum makan terbukti mampu menurunkan berat badan. Namun, perlu digaris bawahi jenis minuman yang direkomendasikan adalah air putih, bukan yang tinggi gula.

5. Rajin Melakukan Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang wajib dilakukan saat diet. Kamu harus konsisten melakukannya agar program sehat ini bisa berhasil. Selain mampu menurunkan berat badan, olahraga juga akan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Kamu dianjurkan melakukan olahraga minimal 30 menit per hari secara rutin. Jenis olahraganya bisa memilih yang ringan saja seperti jalan kaki atau jogging. Jika berhasil melakukan aktivitas tersebut dalam jangka panjang, maka akan membantu proses penurunan berat badan.

6. Istirahat yang Cukup

Setiap orang harus istirahat cukup agar tubuh kembali fit. Kamu membutuhkan waktu tidur minimal 7 sampai 9 jam per hari. Selain itu, hindari begadang agar tidak membuat berat badan semakin naik.

Jika SohIB mempraktikkan keenam tips tersebut secara rutin, maka dijamin program diet akan berhasil. Selain memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, jangan lupa untuk berolahraga dan istirahat yang cukup, ya!