5 Rutinitas Pagi Agar lebih Semangat dan Produktif Kerja

5 Rutinitas Pagi Agar lebih Semangat dan Produktif Kerja

Para pekerja Kantoran sedang Melakukan Presentasi | Sumber: (Unsplash) Jason Goodman

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Hai SohIB, Kamu pasti pernah berada di situasi serba sibuk seharian bukan? Akan tetapi, nyatanya itu semua belum tentu menghasilkan apa-apa. Pekerjaan yang telah dilakukan seakan-akan tidak efektif.

Nah, beberapa rutinitas dikatakan bisa membantu kamu untuk meningkatkan produktivitas dan membuat hari-harimu lebih bermakna. Jangan lupa untuk juga memprioritaskan waktu untuk istirahat yang cukup dan menjaga kesehatan mental dan fisik agar tetap fokus dalam bekerja.

Memulai hari dengan rutinitas yang baik dapat membantumu untuk meningkatkan produktivitas sepanjang hari. Cara mudah yang dapat dilakukan adalah dengan bangun tidur pada waktu yang sama, merapikan tempat tidur, mandi, sarapan, dan mempersiapkan peralatan kerja. Rutinitas ini akan berdampak positif bagi suasana hati dan kita akan lebih mudah berkonsentrasi sepanjang hari.

Pekerja Kantoran sedang Melakukan Meeting
Pekerja Kantoran sedang Melakukan Meeting | Sumber: (Unsplash) Annie Spratt

Mengatur waktu di pagi hari bisa menjadikan kita lebih produktif dan menyegarkan tubuh. Dengan mendapatkan suasana yang segar setiap hari, tentunya SohIB akan lebih fokus dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di depan mata. Prioritas waktu bakal makin tertata dan pada akhirnya berefek baik bagi keseharian. Berikut adalah 5 kegiatan pagi agar kamu lebih semangat dan produktif!

1. Biasakan Bangun Lebih Awal

Seorang pria sudah memakai pakaian rapih
Seorang pria sudah memakai pakaian rapih | Sumber: (Unsplash) Somnox Sleep

Bangun lebih pagi adalah kebiasaan yang sangat baik untuk diterapkan dalam hidup kita. Hal ini dapat membantu mencapai tujuan harian kita dengan lebih efektif dan efisien. Waktu pagi adalah waktu yang paling bagus bagi sebagian besar orang. Sebab, kita dapat mengejar kesempatan untuk beraktivitas dan bekerja dengan lebih baik.

Selain itu, bangun lebih pagi juga mampu meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga dan meditasi sebelum memulai aktivitas. Nikmati keindahan alam sebelum matahari terbit dan waktu yang lebih tenang sebelum keramaian dimulai.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Seorang Anak Perempuan minum air putih
Seorang Anak Perempuan minum air putih | Sumber: (Unsplash) Johnny McClung

Rutinitas pagi yang penting lainnya setelah bangun tidur adalah minum air putih. Alasannya, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan selama malam ketika kamu tidur, sehingga perlu mengembalikan kadar cairan tubuh dengan minum air putih.

Tidak hanya mengembalikan hidrasi tubuh saja, minum air putih juga dapat membuat kamu merasa lebih bersemangat dan membantu mengaktifkan otot dan organ dalam tubuh untuk bekerja. Menurut para ahli, kondisi dehidrasi mengakibatkan seseorang menjadi lesu dan kurang bersemangat.

3. Sarapan

Seorang tengah makan sarapan roti pagi hari
Seorang tengah makan sarapan roti pagi hari | Sumber: (Unsplash) Jonas Jacobsson

Buatlah pagimu indah dengan merencanakan kebiasaan baik beberapa menit untuk menjaga kesehatan dan mencari inspirasi. Beberapa orang ketika bangun tidur langsung fokus pada aktivitas, seperti berangkat bekerja, sehingga melewatkan waktu yang baik untuk sarapan.

Sarapan yang dikerjakan bersamaan dengan kegiatan lain adalah hal yang kurang direkomendasikan. Justru, makan sehat dan dalam kondisi tenang sangat bagus efeknya untuk kesehatan tubuh dan mental.

Selain itu, ambil waktu beberapa menit setelahnya untuk duduk dan menenangkan diri sambil mencari inspirasi. Kebanyakan orang sulit untuk melakukan kebiasaan positif seperti menenangkan diri setelah bangun tidur.

Mereka seolah-olah menumpuk seluruh aktivitas dalam satu waktu. Hal ini terjadi karena malas untuk bangun lebih awal dan dengan ingin segera mengerjakan sesuatu. Padahal, kebiasaan tersebut hanya akan membuat kamu lebih lambat, tidak fokus, dan juga lebih mudah mengantuk. Oleh karena itu, perlu bagi SohIB untuk merencanakan pagi dengan tenang.

4. Mandi Pagi dengan Air Hangat

Pria Sedang Melihat Pantai di villa mewah
Seorang Pria Sedang Melihat Pantai di villa mewah | Sumber: (Unsplash) Ishan @seefromthesky

Setelah menjalani aktivitas pagi yang membuat keringat, pasti kamu harus membersihkan tubuh sebelum keluar, betul tidak? Apabila masih merasa mengantuk, mandi di pagi hari juga dapat membangunkan dan menyegarkan tubuh, sehingga hari dijalani dengan penuh semangat.

Mandi pagi dengan air hangat merupakan cara yang efektif untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Air hangat dapat berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah, melepaskan otot yang kaku, mengurangi risiko stres, memperbaiki kualitas tidur, dan mood.

5. Berolahraga di Pagi hari

Pria Sedang olahraga jogging di pinggir Pantai
Pria Sedang jogging di pinggir Pantai | Sumber: (Unsplash) Chander R

Olahraga terbukti memiliki efek positif pada kondisi psikologis, seperti mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Oleh karena itu, kegiatan ini perlu untuk diprioritaskan dalam rutinitas harianmu. Melakukan olahraga akan melepaskan hormon endorfin peningkatan suasana hati, sehingga membuat harimu menjadi lebih produktif.

Olahraga tidak perlu dilakukan dengan berat, karena peregangan ringan yang dilakukan dengan menggerakkan tubuh juga dapat membantu dalam melancarkan aliran darah. Cobalah untuk melakukannya di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung.

Rutinitas pagi yang baik dan teratur dapat membuat kita lebih semangat dalam menjalani hari dan meningkatkan produktivitas kerja. Mulailah dengan bangun lebih pagi, minum air putih, sarapan yang sehat, melakukan olahraga, mandi dengan air hangat, serta menenangkan diri sebelum mulai aktivitas harian.

Jangan lupa untuk menyisihkan waktu untuk mengejar inspirasi dan mempersiapkan diri sebelum berangkat kerja. Dengan melakukan kegiatan rutinitas pagi yang baik, kita akan merasakan perbedaan dalam kualitas hidup dan produktivitas kerja kita.