CV vs Resume Ternyata Berbeda, lo! Sudah Tahu?

CV vs Resume Ternyata Berbeda, lo! Sudah Tahu?

CV dan resume serupa tapi tak sama | Sumber: Unsplash (Tim Gouw)

Hai SohIB! Dalam proses perekrutan employee, tentunya bukan lagi sebuah hal baru apabila perusahaan meminta para pelamarnya melampirkan data diri yang diperlukan. Sebagian menghendaki kita untuk menyantumkan salah satu, maupun keduanya.

Tahukah sohIB apabila CV dan resume ternyata merupakan dua hal yang berbeda? Meskipun memiliki fungsi yang nyaris sama, tetapi terdapat beberapa hal yang membedakan dua dokumen tersebut. Apa saja, ya?

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Terlaris Tentang Self Development, Suka yang Mana?

Apa Itu CV?

https://unsplash.com/photos/4YzrcDNcRVg Photo by João Ferrão on Unsplash
CV berisi daftar riwayat hidup dan pekerjaan | Sumber: Unsplash (João Ferrão)

CV adalah singkatan dari curriculum vitae. Dokumen ini berisi daftar riwayat hidup, pekerjaan, pendidikan, seminar atau sertifikat yang diikuti, hingga prestasi yang telah kita capai. Biasanya, data tersebut akan diminta untuk kepentingan akademis seperti pengajuan beasiswa, maupun melamar pekerjaan.

Apabila SohIB diminta oleh institusi ataupun perusahaan untuk melampirkan CV, maka sah-sah saja jika data yang kita cantumkan bisa lebih panjang daripada umumnya. Mengisi lampiran ini haruslah jujur. Contohnya, jika kita belum pernah mengikuti sertifikasi atau tidak ikut organisasi, jangan sungkan untuk mengosongkan kolom tersebut, ya!

Meski tidak ada anjuran khusus untuk kapan kita memperbarui dokumen tersebut, akan tetapi tidak ada salahnya untuk tetap menjaga perbaruan data diri. Jangan lupa, saat ini sudah ada CV ATS - friendly yang desainnya khusus agar lolos seleksi applicant tracking system.

Berikut ini adalah data yang harus dicantumkan dalam Curriculum vitae

  1. Nama lengkap;
  2. Deskripsi diri;
  3. Informasi kontak;
  4. Gelar profesional;
  5. Pengalaman kerja;
  6. Organisasi yang pernah diikuti;
  7. Skill profesional;
  8. Penghargaan;
  9. Sertifikat;
  10. Kursus/ sertifikasi/ pelatihan;
  11. Referensi.

Sudah Tahu Isi Resume?

https://unsplash.com/photos/7iSEHWsxPLw Photo by Markus Winkler on Unsplash
Resume bisa lebih singkat dan padat dibandingkan cv | Sumber: Unsplash (Markus Winkler)

Resume - sesuai arti yang sebenarnya, adalah ringkasan yang meliputi beberapa hal di bawah ini

  1. Nama lengkap;
  2. Deskripsi singkat tentang diri;
  3. Posisi yang dilamar;
  4. Kontak meliputi nomor handphone, email, dan media sosial;
  5. Pengalaman kerja;
  6. Riwayat pendidikan;
  7. Keterampilan;
  8. Kemahiran bahasa.

Format penulisannya lebih fleksibel daripada CV karena memuat data diri lebih singkat dan padat, selama hal tersebut masih relevan dengan kepentingan pembuatan resume. SohIB bisa mengubah dokumen ini sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk melamar sebagai Copywriter, cantumkan data yang memang benar-benar mendukung ‘iklan diri kita’ agar layak untuk mendapatkan posisi tersebut.

Baca juga: 3 Puisi Sastrawan Indonesia Tentang Cinta, Romantis Banget!

 Bagaimana Perbedaannya, ya?

Antara CV dan resume, berikut ini adalah perbedaannya:

  1. Panjang: CV bisa memiliki panjang halaman hingga lebih dari 4 lembar, bergantung dengan banyaknya pengalaman yang kita miliki. Beda dengan resume yang memiliki panjang maksimal 1 halaman saja karena berisi data diri secara ringkas. 
  2. Format isi: Yup, karena CV memang menjabarkan secara mendetail tentang diri kita, maka tidaklah heran apabila isinya pun bisa sangat terperinci. Sedangkan untuk resume didesain agar lebih relevan dengan field yang kita tuju. 
  3. Tujuan: CV memuat informasi diri kita sangat runtut, maka penggunaan dokumen ini tidak terbatas hanya untuk satu dua tujuan saja, SohIB! CV dapat kita gunakan untuk kepentingan yang lebih luas seperti profesional dan akademis.

Untuk resume sendiri, karena tidak menjelaskan isi secara general, maka perlu kita perhatikan tujuan awal kita membuat data tersebut. Dalam arti, satu resume ‘hanya’ untuk satu posisi pekerjaan. Sehingga wajar apabila seseorang memiliki satu CV, tetapi bisa membuat hingga 3 resume yang berbeda, sesuai dengan profesi yang dituju.

Nah, setelah mengetahui perbedaannya, jangan lupa, ya, untuk mengecek kembali file lamaran kerjamu. Selamat berjuang dan mendapatkan pekerjaan impianmu, SohIB!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)