Ingin Tubuh Lebih Segar Saat Bangun Pagi, Simak Tips Berikut!

Ingin Tubuh Lebih Segar Saat Bangun Pagi, Simak Tips Berikut!

Tubuh Lebih Segar Saat Bangun Pagi | Pexels (pexels.com)

#SobatHebatIndonesiaBaik #jadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Selama ini, banyak orang yang tidak merasa segar saat bangun pagi. Banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya karena sulit tidur di malam hari sehingga rasa kantuk masih terbawa sampai pagi.

Kualitas tidur yang buruk akan menyebabkan sakit kepala dan mudah mengantuk. Selain itu, badan juga mudah merasa lelah dan kurang semangat dalam menjalani aktivitas. Bahkan, bisa membuat kamu sulit berkonsentrasi sepanjang hari.

Oleh karena itu, SohIB wajib menyimak beberapa tips berikut ini jika ingin memiliki kualitas tidur yang baik. Dengan demikian, saat bangun tubuh akan merasa lebih segar dan juga berenergi.

1. Jangan Makan Sebelum Tidur

Dikutip dari Halodoc menyebutkan bahwa tidak ada larangan untuk makan sebelum tidur. Namun, kamu dianjurkan untuk memberi jeda minimal 2 jam. Hal ini dilakukan agar proses metabolisme di dalam tubuh bisa lebih optimal.

Selain itu, perhatikan juga jenis makanannya. Kamu sebaiknya tidak mengonsumsi cokelat hitam, pizza, minuman bersoda, dan sereal manis. Makanan dan minuman tersebut akan berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Hal ini karena tubuh lebih fokus mencerna makanan daripada beristirahat.

2. Mematikan Smartphone dan Alat Elektronik Lainnya

Tips selanjutnya adalah tidak membiarkan alat-alat elektronik tetap menyala, sehingga tidur lebih nyenyak. Smartphone, TV, dan gadget akan mempengaruhi kualitas tidur, sebab pancaran cahaya dari alat-alat tersebut menyebabkan seseorang sulit tidur. Akibatnya, jam tidur biologis akan terganggu.

Oleh karena itu, kamu wajib mematikannya ketika hendak tidur. Dengan demikian, kualitas tidur dapat meningkat dan saat bangun pagi pun tubuh terasa segar.

3. Minum Air Putih Sebelum dan Sesudah Tidur

Selain berfungsi mengisi cairan tubuh, minum air putih sebelum dan setelah tidur bisa membantu membuang racun. Di samping itu, tentu saja waktu istirahat bisa lebih nyaman lagi. Yuk, mulai sekarang kamu dianjurkan untuk melakukan kebiasaan ini!

4. Rutin Melakukan Olahraga

Olahraga secara rutin bisa membuat tubuh lebih sehat dan meningkatkan kualitas tidur. Maka dari itu, lakukanlah setidaknya 3 kali dalam seminggu. Selain itu, SohIB juga bisa melengkapi dengan beberapa olahraga ringan seperti peregangan tangan, kepala, atau badan saat bangun. Tujuannya agar tubuh merasa fresh dan siap untuk beraktivitas.

5. Menciptakan Suasana Kamar yang Nyaman

Suasana kamar yang nyaman akan membuat kamu lebih mudah terlelap. Salah satu caranya yaitu dengan mematikan lampu. Dilansir dari Klikdokter, berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa jika kamu tidur dalam kondisi gelap, maka tubuh akan menghasilkan hormon melatonin sehingga bisa cepat tertidur.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa kegiatan produktif secara rutin. Misalnya seperti mandi sebelum tidur, bermeditasi, dan membaca buku. Semua itu akan membantu kamu tidak letih lagi ketika bangun.

6. Memiliki Waktu Tidur yang Konsisten

SohIB direkomendasikan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama. Kebiasaan tersebut akan mengaktifkan jam biologis pada tubuh sehingga tubuh bisa istirahat dengan cukup. Saat bangun, dijamin kamu akan lebih bahagia dan siap produktif lagi!

7. Tidak Mengonsumsi Alkohol, Kafein, dan Nikotin

Jika kamu ingin merasakan tubuh yang segar di pagi hari, maka sebaiknya tidak mengonsumsi kafein. Hal ini karena kandungan tersebut pada kopi akan membuat kamu terjaga. Di samping itu, SohIB tidak direkomendasikan untuk 'menyantap' nikotin dan alkohol.

Jika SohIB mempraktekkan beberapa tips tersebut, diharapkan dapat membantumu agar kualitas tidur lebih baik lagi. Tubuh juga menjadi makin segar dan bugar ketika bangun. Dengan demikian, SohIB semakin semangat dan berenergi untuk memulai aktivitas di pagi hari.