Tarian Nusantara Pukau Delegasi 30th ASCC di Gala Dinner, Intip Keseruannya! 

Tarian Nusantara Pukau Delegasi 30th ASCC di Gala Dinner, Intip Keseruannya! 

Suasana gala dinner 30th ASEAN Socio Cultural Community (ASCC) | Sumber: Tri Antoro/InfoPublik

Sudah jadi rahasia umum bila Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan keunikan dan keindahan tarian serta budayanya.

Dan hal ini ditunjukkan dalam kemeriahan jamuan makan malam atau gala dinner para delegasi pertemuan 30th ASEAN Socio Cultural Community (ASCC). Acara tersebut telah berlangsung pada Selasa (29/8). Tempatnya berada di Ballroom Hotel Langham, Jakarta.

Dalam pertemuan itu, tamu undangan dihibur oleh pertunjukan seni tari dengan tema “Pesona Indonesia” yang dibawakan oleh Amara satya Project.

Beragam tarian nusantara dipertunjukan dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia, mulai dari Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, hingga ke Papua.

Keindahan pertunjukan ini didukung dengan adanya visual background yang senantiasa berubah mengikuti daerah asal tarian dan dikemas dalam musik-musik daerah bergenre pop. Apakah kamu bisa membayangkan betapa luar biasanya acara tersebut, SohIB?

Dilansir dari press release, Tantri Moerdopo, pembawa acara gala dinner 30th ASEAN Socio Cultural Community (ASCC) mengatakan bahwa delegasi-delegasi tampak takjub dengan keindahan tarian yang dibawakan sampai terdiam.

Btw SohIB, penampilan Pesona Nusantara ini didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

KTT ASEAN 2023: TNI-Polri Pastikan Acara Berlangsung dengan Aman

Keketuaan Indonesia di KTT ASEAN 2023

KTT ASEAN yang ke-43 ini akan digelar di Jakarta Convention Center, Jakarta pada 5–7 September 2023. Adapun Indonesia ditunjuk sebagai ketuanya, SohIB.

Diinformasikan dari laman resmi ASEAN 2023, keketuaan Indonesia di ASEAN menargetkan untuk menjadikan ASEAN sebagai kawasan yang stabil, damai, dan menjadi jangkar stabilitas dunia.

Tentunya, demi tercapainya cita-cita ini, ASEAN harus terus konsisten menjunjung tinggi hukum internasional dan tidak menjadi proxy bagi siapa pun.

ASEAN harus menjaga perdamaian internalnya di lingkungan Asia Tenggara serta di kawasan Indo-Pasifik.

Tak hanya itu, ASEAN juga harus menjadi kawasan yang bermartabat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan demokrasi.

Nah, di tahun 2023 ini, ASEAN mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”. Kemendag.go.id menuliskan, Presiden Jokowi menyampaikan optimisme bahwa ASEAN masih penting dan relevan bagi rakyat, kawasan, dan dunia sebagai pusat pertumbuhan ekonomi.

Indonesia bertekad mengarahkan kerja sama ASEAN tahun 2023 untuk melanjutkan dan memperkuat relevansi ASEAN dalam merespon tantangan kawasan dan global, dan memperkuat posisinya sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan, demi kemakmuran rakyat di Asia Tenggara.

Komitmen Indonesia Menjadi Tuan Rumah yang Baik bagi Peliput KTT ASEAN 2023

wartawan KTT ASEAN 2023
Indonesia menyediakan tempat yang nyaman bagi pekerja selama KTT ASEAN ke-43 berlangsung | Sumber: ASEAN 2023

Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, menyatakan bahwa Indonesia berkomitmen menjadi tuan rumah yang ‘ramah’, termasuk kepada para seluruh pekerja yang meliput KTT ke-43 ASEAN, baik dari dalam maupun luar negeri.

Hal tersebut ia katakan di Media Center KTT ke-43 ASEAN, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (3/9/2023).

Fyi nih, Dirjen Kominfo, Usman Kansong, juga menyebutkan bahwa perhelatan tersebut dihadiri oleh 2.500 wartawan. Bahkan, sebagian besarnya merupakan wartawan asing, loh!

SohIB penasaran nggak, apa saja yang sudah dipersiapkan negara kita sebagai bentuk pelayanan prima pada para wartawan yang stand by di sana?

  • Penyediaan jaringan internet berkekuatan super, yakni 10 gigabyte demi mendukung kelancaran peliput berita untuk menyampaikan informasi kepada masing-masing kantornya.
  • Fasilitas makan dan minum selama 24 jam non-stop.
  • Ruangan-ruangan yang bisa digunakan oleh awak media.
  • Tempat pijat untuk fasilitas relaksasi. 

Mengutip dari pernyataan Budi Arie Setiadi di laman ASEAN 2023, negara kita berharap, keseluruhan upaya ini dapat mendukung terwujudnya tema utama KTT ASEAN 2023, "ASEAN Matters Epicentrum of Growth".

Karena, tujuan ASEAN MATTERS adalah menjadikan ASEAN tak hanya relevan dan penting bagi masyarakat kita, tetapi juga untuk ASEAN sendiri beserta kawasan di sekitarnya.

Dorong Net Zero Emission 2060, Ratusan Kendaraan Listrik Dukung Helatan KTT ke-43 ASEAN

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)

Siapa Saja 5 Tokoh Pendiri ASEAN? Berikut Biografinya yang Perlu Diketahui!

Sumber referensi:

  • https://asean2023.id/id/news/indonesia-committed-to-being-good-host-at-43rd-asean-summit
  • https://www.kemendag.go.id/berita/pojok-media/indonesia-resmi-jadi-ketua-asean-2023-apa-saja-tugasnya
  • https://sohib.indonesiabaik.id/article/kontribusi-indonesia-untuk-asean-v37zb