Siapa Saja 5 Tokoh Pendiri ASEAN? Berikut Biografinya yang Perlu Diketahui!

Siapa Saja 5 Tokoh Pendiri ASEAN? Berikut Biografinya yang Perlu Diketahui!

5 Tokoh Pendiri ASEAN (Kompas.com)

Di balik kerja sama yang terjalin sejahtera dalam organisasi besar antarnegara Asia Tenggara seperti ASEAN, tentunya banyak upaya dan pengorbanan yang diperjuangkan untuk menciptakan kedamaian regional. Itulah mengapa organisasi yang memiliki kepanjangan Association of Southeast Asian Nation ini didirikan karena merupakan jawaban atas kondisi kawasan yang pada saat itu sedang dihadapkan dengan situasi rawan konflik.

Dapat dibilang juga bahwa ASEAN merupakan proses rekonsiliasi antara Indonesia, Malaysia, dan Filipina mengenai perebutan pengaruh ideologi yang mana saat itu Thailand menjadi negara penengah. Tak lama dari situasi konflik kawasan, keempat negara tersebut kemudian menyadari akan pentingnya memperbaiki hubungan kerja sama. Dengan mengajak Singapura, kelima negara pun akhirnya menggagas organisasi antarnegara Asia Tenggara yang diberi nama ASEAN.

Kontribusi Indonesia untuk ASEAN, Kamu Wajib Tahu!

ASEAN berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Berdirinya ASEAN ditandai dengan peresmian Deklarasi ASEAN atau juga Deklarasi Bangkok yang ditandatangani oleh perwakilan kelima negara pendiri ASEAN, yakni Adam Malik dari Indonesia, Narciso R. Ramos dari Filipina, Thanat Khoman dari Thailand, Tun Abdul Razak dari Malaysia, dan Rajaratnam dari Singapura.

Wah, betapa gigihnya tokoh pendiri ASEAN, ya? Dengan usaha mereka, saat ini kita dapat merasakan kedamaian antarnegara Asia Tenggara dengan banyaknya kerja sama yang saling menyejahterakan. Penasaran biografi lima tokoh pendiri ASEAN? Yuk, simak di bawah ini!

1. Adam Malik (Indonesia)

Adam Malik
Adam Malik (wikipedia)

Nama tokoh negeri pendiri ASEAN ini mungkin sering disebut di dalam buku pelajaran bertema sejarah ASEAN, ya SohIB. Namun, siapakah sosok Adam Malik itu? Tokoh hebat ini memiliki nama lengkap Adam Malik Batubara. Beliau lahir di Pematang Siantar, Sumatera Utara pada 22 Juli 1917 yang merupakan anak ketiga dari sepuluh bersaudara. Ayahnya bernama Haji Abdul Malik Batubara dan ibunya bernama Hajjah Siti Salamah. 

Selain mengemban tugas sebagai Menteri Luar Negeri saat menggagas ASEAN, Adam Malik pernah menjadi Ketua DPR RI pada tahun 1977—1978. Kemudian, puncaknya menjabat sebagai Wakil Presiden ke-3 RI pada tahun 1978 menggantikan Sultan Hamengkubuwono IX. Hebatnya, sebelum terjun ke dunia politik, Adam Malik adalah seorang wartawan profesional yang bersama rekannya mendirikan kantor berita ANTARA. Saat menjadi wartawan, Adam Malik juga dikenal sebagai tokoh pergerakan nasional.

Sejarah dan Tujuan Terbentuknya ASEAN, Yuk Pahami Prinsipnya!

2. Thanat Khoman (Thailand)

Thanat Khoman
Thanat Khoman (Sindonews)

Tokoh pendiri ASEAN selanjutnya ada Thanat Khoman yang merupakan seorang diplomatik dan politikus kelahiran Bangkok, 9 Mei 1914. Sebelum menjadi tokoh negara, bakat diplomatik Thanat Khoman sudah terlihat sejak ia menempuh pendidikan di Assumption College hingga di kemudian hari Thanat Khoman mewakili Thailand sebagai negara penengah dan menjadi negara tuan rumah dalam penandatanganan Deklarasi Bangkok pada 8 Agustus 1967.

Saat mewakili pembentukan ASEAN, Thanat Khoman adalah seorang Menteri Luar Negeri Thailand di bawah pemerintahan perdana Menteri Sarit Dhanarajata. Atas keahliannya berdiplomasi, karier Thanat Khoman menanjak. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Kedutaan Thailand di Tokyo, New Delhi, hingga Washington DC. Kemudian pada tahun 1950, Thanat Khoman ditunjuk menjadi Ketua Komisi Ekonomi untuk Asia dan Timur Jauh (ECAFE).

3. Tun Abdul Razak (Malaysia)

Tun Abdul Razak
Tun Abdul Razak (mstar.com.my)

Tokoh pendiri ASEAN dari Malaysia ini memiliki nama lengkap Kapten Tun Abdul Razak. Beliau lahir di Petang, Malaysia pada 11 Maret 1922. Tun Abdul Razak adalah seorang politisi asal Malaysia yang menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia dari tahun 1970 hingga akhir hayatnya di tahun 1976. Tun Abdul Razak menjadi tokoh utama dalam kemerdekaan Malaysia dari penjajahan Inggris di tahun 1957.

4. Narciso R. Ramos (Filipina)

Narciso R. Ramos
Narciso R. Ramos (Presidential Museum and Library PH)

Nama lengkapnya Narciso Rueca Ramos, lahir di Kota Asingan, Pengasinan pada 11 November 1900. Ia merupakan seorang politikus dan diplomat asal Filipina yang juga mewakili penandatanganan Deklarasi Bangkok. Hampir sama dengan Adam Malik, Narciso R. Ramos juga merupakan seorang mantan pengacara dan wartawan yang kemudian membawanya pada kesempatan birokrasi menjadi anggota legislatif hingga dikenal sebagai Menteri Luar Negeri Filipina.

5. S. Rajaratnam (Singapura)

S. Rajaratnam
S. Rajaratnam (singaporeunbound.org)

Tokoh pendiri ASEAN dari Singapura bernama Sinnathamby Rajaratnam yang lahir pada tanggal 25 Februari 1915 di Jaffna, Sri Lanka. Ketertarikannya terhadap dunia politik mulai terlihat saat ia melanjutkan pendidikannya ke Inggris. Namun, dirinya mengawali karier menjadi seorang jurnalis dan pernah menjabat sebagai staf editor tetap di koran legendaris Singapura, The Strait Time

Pesona Lokasi Jalan-Jalan Delegasi KTT ASEAN di Labuan Bajo, Yuk Ikut Berkunjung!

Kemudian prestasinya saat menjadi Menteri Luar Negeri, Rajaratnam mengukuhkan Singapura sebagai negara independen di mata internasional dan berhasil bernegosiasi terkait keanggotaan Singapura di PBB serta Commonwealth. 

Itu dia lima biografi singkat pendiri ASEAN. Dari mereka kita belajar memiliki kegigihan dalam memperjuangkan perdamaian dan kesejahteraan antarnegara, ya SohIB. Tentunya upaya ini bukanlah hal kecil. Namun, diasah dengan kesabaran serta kesungguhan dalam menuntut ilmu dan merealisasikannya. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!