Dorong Net Zero Emission 2060, Ratusan Kendaraan Listrik Dukung Helatan KTT ke-43 ASEAN

Dorong Net Zero Emission 2060, Ratusan Kendaraan Listrik Dukung Helatan KTT ke-43 ASEAN

Kendaraan Listrik yang Digunakan dalam Helatan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta | doc. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc.

Helatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 semakin dekat. Berbagai persiapan sudah dilakukan oleh pemerintah Indonesia demi menyambut konferensi tingkat Asia Tenggara ini, salah satunya dengan menghadirkan ratusan produk kendaraan ramah lingkungan.

SohIB, kendaraan listrik menjadi moda transportasi utama yang akan digunakan selama perhelatan KTT ke-43 ASEAN, 5-7 September 2023 besok di Jakarta. Kendaraan ramah lingkungan ini juga merupakan produk industri otomotif dalam negeri, loh! Keren, ya!

Pemilihan kendaraan listrik ini juga merupakan sebuah bentuk dukungan terhadap pemerintah Indonesia untuk mengupayakan transisi energi bakar menuju energi baru terbarukan. Hal ini juga sesuai dengan target pemerintah soal Net Zero Emission pada 2060 kelak.

Dikutip dari laman resmi pemerintah di indonesia.go.id, keterlibatan produsen otomotif lokal dalam helatan internasional ini bukanlah kali pertama, nih, SohIB! Sebelumnya saat KTT G-20 di Bali tahun 2022 lalu, pemerintah juga menggandeng para produsen kendaraan listrik kenamaan Indonesia untuk membantu jalannya event internasional.

Bahkan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo bulan Mei 2023 kemarin juga mengandalkan kendaraan listrik sebagai moda transportasinya. Mantap!

PT BMW Indonesia, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), PT Toyota Astra Motor (TAM), dan Wuling Motors menjadi empat produsen mobil nasional yang meminjamkan mobil listriknya untuk transportasi operasional selama KTT ke-43 ASEAN berlangsung.

Bahkan, pihak BMW juga sudah menyerahkan 36 unit produk terbaru mereka, BMW i7 xDrive60 Grand Lusso kepada Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. Penyerahan ini sudah dilakukan pada 6 Juni 2023 lalu, di Jakarta.

Semua mobil yang digunakan ini hanya membutuhkan waktu 34 menit untuk mengisi daya sampai 80 persen. Seluruh armada mobil listrik ini juga sudah berada di Komplek Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, tempat di mana KTT ke-43 ASEAN 2023 akan digelar.

Mobil Listrik untuk KTT ASEAN ke-43 di Jakarta
Petugas yang Memeriksa Mobil Listrik untuk KTT ASEAN ke-43 di Jakarta | doc. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc.

Pihak BMW bahkan juga sudah memberikan pelatihan kepada Paspampres, loh, SohIB! Mereka diajarkan bagaimana cara mengendarai sekaligus mengoperasikan fitur-fitur yang ada. Para Paspampres ini yang nantinya akan mengemudikan mobil-mobil listrik ini. 

Sementara itu, Hyundai Motors Indonesia juga sudah menyerahkan 74 unit IONIQ 6 dan 272 unit Hyundai IONIQ 5 untuk keperluan konferensi ini. Penyerahan ini sudah dilakukan 11 Agustus 2023 lalu di Tangerang.

Rencananya, Unit IONIQ 6 nantinya akan digunakan bagi kendaraan resmi para delegasi VVIP. Sementara itu IONIQ 5 akan dijadikan kendaraan protokol, pengamanan, penyelamatan dan operasional panitia nasional.

Hyundai Motors Indonesia sendiri terhitung sudah beberapa kali terlibat dalam event internasional Indonesia setelah sebelumnya turut memeriahkan helatan KTT ke-42 di Labuan Bajo dan KTT G-20 di Bali. Luar biasa, ya!

Nah, SohIB, produsen lain seperti Toyota Astra Motor dan Wuling Motors masing-masing menyiapkan 76 unit Toyota Bz4X yang dijadikan kendaraan resmi pejabat tinggi setingkat Menteri dan 150 unit Wuling AirEv yang akan dijadikan kendaraan operasional.

Uniknya lagi, SohIB, mobil jebolan Wuling ternyata diberi tampilan khusus! Di bagian pintu kanan kiri terdapat logo resmi KTT ke-43 ASEAN 2023 yang dipadukan dengan motif khas Betawi yang terdiri dari gambar elang bondol dan melati. Warnanya didominasi oleh warna jingga dan ungu tua yang menghiasi bagian samping mobil.

Di bagian depan kap mobil, terdapat bendera merah putih. Usut punya usut, dari keterangan Public Relations Manager Wuling Motors, desain corak khusus ini terinspirasi dari batik yang merupakan salah satu produk asli budaya masyarakat Betawi.

Semakin tidak sabar, ya, SohIB, menyambut gelaran KTT ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta ini!

 

Referensi:

https://indonesia.go.id/kategori/ragam-asean-2023/7425/kendaraan-listrik-di-ktt-ke-43-asean-komitmen-indonesia-dorong-transisi-energi?lang=1