Seven Summits di Indonesia, Gunung Tertinggi Favorit Pendaki

Seven Summits di Indonesia, Gunung Tertinggi Favorit Pendaki

Gunung Semeru dilihat dari kejauhan | Sumber: Unsplash (Khusna Faiq)

Adakah SohIB di sini yang suka melakukan pendakian? Sebagaimana yang kita ketahui, Indonesia tak hanya dikenal sebagai negara yang punya jalur ring of fire, tetapi juga gunung-gunung tertinggi yang menjadi pilihan terfavorit wisatawan untuk dijelajahi. Julukannya adalah “Seven Summits Indonesia.” Wow, keren banget, nih! Lantas, gunung apa saja yang termasuk dalam titel tersebut? Sini cari tahu bersama-sama!

Indonesia Jadi Destinasi Liburan yang Ramah Turis Muslim, Cek Faktanya!

1. Carstensz Pyramid (Puncak Jaya)

Dimulai dari Papua, kita mempunyai Puncak Jaya atau Gunung Jayawijaya yang tak hanya menjadi gunung tertinggi di Indonesia, tetapi juga masuk ke dalam kategori tertinggi di dunia. Oleh sebab itu, Jayawijaya juga masuk ke dalam World Seven Summits.

Dengan ketinggian hingga 4.884 meter di atas permukaan laut, dari kejauhan Puncak Jaya sangat memukau karena bagian atasnya selalu tertutup oleh salju sepanjang tahun. Ia terletak di Taman Nasional Laurentz.

Btw, Jayawijaya mempunyai banyak nama lain lo, yakni Nemangkawi, Ngga Pulu, Gunung Carstensz, Piramida Carstensz, Puncak Carstensz, Puncak Jayadikesuma, Ndugundugu, dan Gunung Soekarno.

2. Gunung Kerinci

Gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara? Gunung yang masuk dalam World Heritage Site dengan kategori Tropical Rainforest Heritage of Sumatra? Kenalin, namanya adalah Gunung Kerinci dari Jambi.

Gunung dengan ketinggian sekitar 3.805 mdpl ini dikelilingi oleh berbagai aset alam, di antaranya Rawa Bento, Taman Nasional Kerinci Seblat, dan Gunung Tujuh. Banyak flora dan fauna juga hidup di area tersebut, seperti badak sumatra, gajah, monyet ekor panjang, bunga Rafflesia Arnoldi, pohon cemara, hingga bunga bangkai raksasa.

Seven Summits Indonesia
Seven Summits Indonesia | Sumber: Indonesia Baik

3. Gunung Semeru

Gunung Semeru berlokasi di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, di mana ia ada di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Nama puncaknya adalah Mahameru. Di sinilah SohIB, tumbuh dengan subur bunga Edelwis yang langka dan tidak boleh dicabut oleh para pendaki.

Namun, jika akan melakukan hiking di Semeru, kamu perlu mewaspadai gas beracun yang ada di kawah Jonggring Saloko. Salah seorang tokoh aktivis muda di Indonesia, Soe Hok Gie, meninggal karena ini.

Mengungkap 4 Destinasi Wisata yang Dipenuhi Aroma Kopi di Indonesia!

4. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung berapi aktif kedua tertinggi di Indonesia yang letaknya di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dengan ketinggian mencapai 3.726 mdpl. Namun, berdasarkan informasi dari laman Rinjani National Park, dulunya gunung tersebut diperkirakan pernah mencapai tinggi hingga 5000 meter di atas permukaan laut, lo! Menakjubkan sekali, ya?

Adapun jalur obyek wisata yang bisa dikunjungi wisatawan adalah jalur Senaru, Air Terjun Panas Danau Segara Anak, Gunung Baru Jati, Air Terjun Penimbungan, dan Savana Propok Sembalun. 

5. Gunung Bukit Raya

Di Kalimantan, ada sebuah gunung tertinggi di Indonesia yang bernama Gunung Bukit Raya. Ia berdiri dengan gagah di dalam kawasan Taman Nasional Bukit Baka dengan keindahan pemandangan alam dari Borneo.

Bukit Raya tidak termasuk ke dalam gunung yang berapi ya, guys. Namun, satu hal yang perlu diwaspadai, disarankan pendaki untuk menggunakan pakaian tertutup dan agak tebal karena hewan liar seperti pacet yang menghisap darah dan tawon berkeliaran di sini.

Kemudian, SohIB jangan sembarangan memetik tanaman yang ada di area tersebut. Hal ini karena ada banyak flora endemik dan dilindungi tumbuh di Bukit Raya.

6. Gunung Latimojong

Salah satu jalur pendakian Gunung Latimojong
Salah satu jalur pendakian Gunung Latimojong | Sumber: Unsplash (Yub 12)

Gunung yang satu ini berada di Enrekang, Sulawesi Selatan. Dengan ketinggian yang mencapai 3.430 mdpl, ia mempunyai tujuh puncak yang berbeda, dua di antaranya bernama Rante Mario dan Nenemori.

Ketika melakukan pendakian, tak sedikit pengunjung yang akan bertemu dengan anoa dan babi rusa, terlebih lagi Latimojong dipenuhi oleh hutan bertipe montana. Kamu tertarik memasukkan gunung non-berapi ini sebagai wishlist liburanmu?

7. Gunung Binaiya

Dan yang terakhir adalah Gunung Binaiya yang ada di Pulau Seram, Maluku. Berdasarkan informasi dari Kemenparekraf, Gunung Binaiya termasuk sangat unik karena medannya yang bervariasi. Ada yang berupa hutan dengan ekosistem pantai, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan hujan pegunungan, sampai dengan hutan subalpin. Kurang seru apalagi, tuh?

Aplikasi Mencari Tour Guide Wisata yang Terpercaya dari Kemenparekraf

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)

Sumber referensi:

  • https://profil.digitaldesa.id/banti-enrekang/wisata/gunung-latimojong
  • https://humabetang.com/berita/gunung-bukit-raya-gunung-tertinggi-di-kalimantan#:~:text=Bukit%20Raya%20terkenal%20sebagai%20tempatnya,itu%20masih%20bisa%20menghisap%20darahmu.
  • https://www.rinjaninationalpark.id/
  • https://indonesiabaik.id/infografis/seven-summits-indonesia

https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Mengenal-Seven-Summit-Indonesia