Mengungkap 4 Destinasi Wisata yang Dipenuhi Aroma Kopi di Indonesia!

Mengungkap 4 Destinasi Wisata yang Dipenuhi Aroma Kopi di Indonesia!

Destinasi Wisata tema Kopi | Pixabay (StockSnap)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Saat berbicara tentang kopi, tentunya yang pertama kali teringat oleh kita pasti rasanya yang nikmat dan aromanya yang menenangkan. Terlebih saat ini di Indonesia sudah banyak sekali kopi kopi kekinian yang tersebar hampir di setiap tempat. Selain itu, tren mengkonsumsi kopi sudah beralih dari yang sebelumnya adalah terkenal untuk orang dewasa, namun saat ini banyak remaja yang juga mulai senang mengkonsumsi kopi.

Tidak heran jika sudah mulai banyak destinasi wisata atau cafe-café yang bertemakan tentang kopi mulai bermunculan. Hal ini tidaklah mengherankan karena Indonesia sendiri terkenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, lo!

Dengan luas lahan 1,29 juta hektar, hal tersebut secara tidak langsung bisa dimanfaatkan oleh petani dan masyarakat setempat menjadi tempat tujuan wisata bagi para pencinta kopi. Bagi kamu yang tertarik, yuk, simak 5 destinasi wisata bertemakan kopi yang bisa kamu kunjungi!

1. Kopi Gayo di Aceh

Kopi Gayo di Aceh
Kopi Gayo di Aceh | Sumber: relasinasional.com

Dataran Tinggi Gayo di Aceh terkenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia, lo. Saat kamu mengunjungi daerah ini, SohIB bisa menikmati pengalaman unik dalam menjelajahi kebun kopi yang subur. Meskipun berada di ketinggian 1100 mdpl, tapi daerah ini tetap bisa menghasilkan kopi yang nikmat.

Selain bisa menikmati pemandangan alam yang memukau dari Danau Lut Tawar, pengunjung juga bisa melihat secara langsung proses panen dan pengolahan biji kopi Gayo yang terkenal, lo. Para petani setempat akan dengan hangat menyambut dan memperkenalkan budidaya kopi kepada kamu, mulai dari pemilihan biji hingga proses penggilingan. Menarik ya!

2. Perkebunan Liwa di Lampung 

Perkebunan Liwa di Lampung 
Perkebunan Liwa di Lampung | Sumber: kebunrayadaerah.krbogor.lipi.go.id

Menurut informasi dari indonesiabaik.id, provinsi Lampung adalah penghasil kopi ke-2 terbesar di Indonesia setelah Sumatra Selatan dengan total produksi sebanyak 124,5 ribu ton. Daerah yang menjadi pusatnya bernama Liwa.

Ketika kamu berada di sini, kamu akan langsung terpesona oleh aroma kopi yang menyegarkan yang tercium di udara. Tidak lupa, di sekitar perkebunan, terdapat banyak kedai kopi kecil yang menjadi tempat favorit para pengunjung. Menariknya, beberapa kedai kopi ini bahkan menjadi lokasi syuting untuk film "Filosofi Kopi", lo. Keren banget!

Mengenal Kopi Flores: Cerita dari Tanah Nusa Tenggara Timur yang Menggoda

3. Kopi Kledung di Temanggung

Kopi Kledung di Temanggung
Kopi Kledung di Temanggung | Sumber: wisatainfo.com

Bagi kamu yang berdomisili di Jawa Tengah, kamu perlu banget nih, mengunjungi wisata kopi Kledung di Temanggung. Selain bisa menikmati kopi Arabika yang lezat, kamu juga akan disuguhi pemandangan alam yang sangat luar biasa!

Pemandangan dari Gunung Sindoro atau Gunung Sumbing akan menjadi latar belakang yang sempurna sambil menikmati kopi Arabika khas Temanggung ini. Selain itu, jangan lupa juga untuk mampir ke wisata alam Posong yang berdekatan, ya! Di sana, kamu dapat menikmati kopi Arabika yang sama sambil menikmati pesona alam yang indah.

4. Kampoeng Kopi Banaran di Semarang

Kampoeng Kopi Banaran di Semarang
Kampoeng Kopi Banaran di Semarang | Sumber: direktoripariwisata.id

Tempat wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi jika berada di Jawa Tengah adalah Kampoeng Kopi Banaran di Semarang. Di tempat ini kamu bisa menemukan berbagai macam aktifitas menarik seperti menjelajahi kebun kopi menggunakan mobil ATV atau bahkan mencoba membuat kopi sendiri yang bisa kamu petik secara langsung dari kebun.

Selain itu, di tempat ini ada juga Museum, lo, yang berisikan koleksi dari kopi-kopi bersejarah dari seluruh penjuru nusantara. Selain bisa menjadi tempat refresing, tempat ini juga bisa memberikan kita edukasi tentang sejarah kopi. Tidak heran ya, jika tempat ini sangat cocok untuk didatangi bersama keluarga atau teman dekat!

Kuliner Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Cicipi Saat Berlibur ke Sana!

Bagi SohIB yang senang dengan hal yang bertemakan kopi, tentunya 4 tempat wisata tadi tidak boleh kamu lewatkan, ya! Dijamin kamu tidak akan menyesal mendatangi tempat tersebut, lo! Siapkan dirimu untuk perjalanan tak terlupakan dan rasakan sensasi kopi yang menggugah lidah! Selamat berlibur dan selamat menikmati secangkir kopi di destinasi wisata yang penuh keajaiban ini!