Hutan GBK Disulap Jadi Venue Makan Malam yang Eksotis

Hutan GBK Disulap Jadi Venue Makan Malam yang Eksotis

Suasana jamuan santap malam di Hutan Kota GBK | Sumber: (Tangkapan layar Youtube Kemkominfo TV)

Nggak berlebihan apabila mengatakan bahwa Indonesia tidak pernah gagal dalam menyelenggarakan acara besar. Salah satunya adalah mengapresiasi kerja keras tim pelaksana KTT ke-43 tahun ini. 

Dirilis dari ASEAN 2023, makan malam kenegaraan untuk delegasi KTT ke-43 yang berlokasi di Hutan Kota GBK tadi malam (6/9), seolah menunjukkan Indonesia adalah negara yang penuh dengan  keramahan serta menjunjung tinggi martabat tamu. 

Dari dekorasi pintu masuk, pilihan menu makanan, sampai dengan hiburan dan cinderamata,  semuanya menampilkan sisi terbaik dari Indonesia. Kebanggaan pada semua kekayaan alam ibu  pertiwi disajikan untuk dinikmati para tamu dalam beragam bentuk. 

Selain sajian makanan khas nusantara yang lezat oleh tim chef ternama, Arnold Poernomo, para tamu negara dan kehormatan dijamu beragam pertunjukan gerak dan lagu.

Sebagai informasi, atas adanya pelaksanaan serangkaian acara KTT ke-43 ini, sejumlah jalan di sekitar area ditutup atau dialihkan. Dinas Perhubungan DKI Jakarta menuliskan bahwa rekayasa lalu lintas ini akan berlangsung sejak 2 September lalu dan akan berakhir pada 7 September 2023.

KTT ASEAN 2023 Dibuka Hari Ini, Cek Rekayasa Lalu Lintas Jakarta hingga 7 September 2023

Hiburan dengan Empat Tema Besar tentang Indonesia

Berbagai para artis muda Indonesia dilibatkan dalam acara ini, SohIB.

Adapun penampilan dibagi atas empat tema besar, tepatnya setelah dibuka dengan permainan musik petik asal Pulau Rote Nusa Tenggara Timur  (NTT), Sasando, dan Dira Sugandi yang dengan suara emasnya menyanyikan lagu Mahadaya Cinta. 

The Sound of Indonesia menjadi tema pertama, yang menggambarkan semangat dan produktivitas melalui pertunjukkan perkusi. Empat tarian tradisional Indonesia, yaitu Tari Alu, Tari Lesung, Tari Dol, dan Tari Kipas melengkapi pertunjukan babak pertama. Semua  dikemas dalam gerak rancak yang mewakili perayaan dan kebahagiaan musim panen. 

Tari yang ditampilkan memang biasanya digunakan untuk menyambut kedatangan tamu, hingga  sesuai dengan momen malam ini. Tampilnya empat tarian tersebut menggambarkan bahwa  Indonesia sangat gembira dikunjungi oleh semua.

Selain itu, ada harapan bahwa semua bisa meniru  kekompakan para penari dan pemusik, yang bekerja sama untuk menampilkan keindahan. ASEAN  harus bersatu, bersama-sama mencapai tujuan menjadikan kawasan sebagai wilayah yang setara  kesejahteraannya. 

Tema kedua adalah The Soul of ASEAN dengan 100 penari sebagai penampilnya. Babak ini adalah perayaan untuk keanekaragaman dan  kekayaan warisan budaya dari negara-negara di ASEAN. Harmoni yang ditampilkan mewakili semangat ASEAN  mewujudkan “One Vision, One Identity, and One Community.” 

The Wave of Tomorrow menjadi tema ketiga, yang menggambarkan kesamaan visi bersama setiap negara anggota ASEAN untuk memanfaatkan penggunaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi  guna menjamin visi kolektif kawasan mengenai pembangunan berkelanjutan.

Para tamu terpukau dengan lagu-lagu inspiratif. Dan lebih menariknya karena dikemas dalam kecanggihan teknologi yang menyuguhkan pengalaman hiburan baru untuk menggambarkan gelombang masa depan.

Yang tak ketinggalan adalah tema The Epicentrum of Growth menjadi tema yang mengangkat keketuaan Indonesia tahun ini di  ASEAN. Menampilkan visi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan, sejalan dengan pembentukan ASEAN yang berupaya mengangkat potensi pertumbuhan setiap negara. Bagian ini berisi  pilihan lagu-lagu yang semarak dan lincah untuk menggambarkan kekuatan ASEAN. 

Btw nih, semua pertunjukan dilakukan di panggung terbuka dengan latar belakang gedung pencakar langit  ibu kota yang disulap dan dijadikan semacam giant screen untuk permainan cahaya dan  pertunjukan multimedia.

Sajian Menu Gala Dinner KTT Ke-43, Ada Nusantara dalam Satu Piring

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)