Rangkaian Acara HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia, Ini Cara Jadi Tamu Undangannya!

Rangkaian Acara HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia, Ini Cara Jadi Tamu Undangannya!

Upacara Kemerdekaan Indonesia di Istana Presiden | Sumber: Unsplash (Menpan.go.id)

Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, pemerintah akan melaksanakan serangkaian acara yang kenegaraan, lo! Yang lebih menyenangkan lagi, kita sebagai masyarakat Indonesia bisa berpartisipasi sebagai tamu undangan di upacara HUT RI ke-78. Simak ulasannya dengan saksama, ya.

7 Tips Meningkatkan Daya Ingat, Penting Buat Kamu yang Pelupa

Rangkaian Kegiatan Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia

Mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju,” berbagai aktivitas akan diselenggarakan di Istana Presiden. Total, terdapat 7 rangkaian acara yang bakal dilaksanakan, sejak tanggal 1ー17 Agustus 2023. Apa saja?

Rangkaian kegiatan HUT ke-78 Republik Indonesia
Rangkaian kegiatan HUT ke-78 Republik Indonesia | Sumber: Indonesia Baik
  • 1 Agustus 2023: Dzikir dan doa kebangsaan,
  • 5 Agustus 2023: Rekor dunia atau Guinness World of Records (GWR) Angklung tahun 2023,
  • 6 Agustus 2023: Peragaan busana daerah,
  • 14 Agustus 2023: Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan,
  • 15 Agustus 2023: Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka),
  • 16 Agustus 2023: Pidato Kenegaraan dan Pidato Penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2024 yang bertempat di Gedung MPR/DPR/DPD RI,
  • 17 Agustus 2023: Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Upacara Penurunan Bendera Merah Putih (akan dilaksanakan pada sore hari), dan Gemilang Silang Monas.

Btw SohIB, pada acara pemecahan rekor dunia angklung, akan ada lebih dari 15 ribu pemain angklung untuk memainkan lagu nasional Berkibarlah Benderaku dan lagu internasional yaitu Wind of Change. Kedua musik ini bakal dipandu oleh Saung Angklung Udjo dari Bandung.

Dikutip dari laman Indonesia Baik, untuk peragaan busana kebaya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakartalah yang menginisiasi agenda tersebut. Tujuannya adalah untuk mengangkat nasionalisme kita melalui budaya berkebaya. Duh, entah mengapa jadi terharu ya, rasa hati ini?

Sistem Pendidikan di Berbagai Negara, Apa Saja?

Masyarakat Bisa Menjadi Tamu Undangan Upacara Kemerdekaan di Istana

Kabar baik untuk kita semua! Sekretariat Presiden akan membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin menyaksikan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih pada 17 Agustus 2023 secara langsung.

Bahkan, 8000 kuota sudah dipersiapkan untuk masing-masing upacara. Bagi SohIB yang mau mendapatkan ‘jatah kursinya’ simak panduan dan syaratnya di bawah ini!

Cara dan Syarat yang Berlaku

Cara menjadi tamu undangan Upacara Kemerdekaan RI ke-78
Cara menjadi tamu undangan Upacara Kemerdekaan RI ke-78 | Sumber: Indonesia Baik

Pertama-tama, pendaftaran sebagai tamu undangan dilakukan secara online, dimulai pada tanggal 5 Agustus 2023. So, pastikan kamu mempunyai gadget dan sinyal internet yang mendukung. Kemudian, jangan lupa untuk senantiasa memantau website secara berkala. Kalau SohIB sudah siap, yuk, simak caranya mendaftarkan diri!

  • Bukalah laman pandang.istanapresiden.go.id,
  • Pada dashboard utama, klik ‘Daftar Sekarang’,
  • Isi formulir online dan unggah persyaratan yang diminta, misalnya KTP dan foto diri,
  • Pilih sesi yang diinginkan, yakni Upacara Pengibaran Bendera (Detik-Detik Proklamasi) atau Upacara Penurunan Bendera.

Undangan berlaku untuk satu orang dan tidak dapat diwakilkan. Tak hanya itu, kamu juga sudah harus melakukan vaksin COVID-19 Booster 1 (atau vaksin ketiga). Nah, jika data yang dikumpulkan sudah diverifikasi oleh sistem, kamu akan mendapatkan undangan resminya melalui surat elektronik atau e-mail.

Nah, apabila kamu terpilih menjadi undangan resmi Upacara Kemerdekaan Indonesia ke-78, jangan lupa untuk senantiasa menjaga kesopanan ya, SohIB. Kenakan pakaian yang tidak terlalu terbuka (mengumbar bagian tubuh yang kurang etis) dan tidak menggunakan perias wajah yang berlebihan. Jaga aroma tubuh agar tidak mengganggu penciuman orang lain dan jangan menggunakan sandal jepit.

Well, selamat menjadi bagian dari Upacara Kemerdekaan Ulang Tahun negara kita!

Fakta Unik tentang Bahasa Indonesia, Jadi Bahasa Kedua di Negara Lain!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, Indonesia Baik juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)