7 Tips Meningkatkan Daya Ingat, Penting Buat Kamu yang Pelupa

7 Tips Meningkatkan Daya Ingat, Penting Buat Kamu yang Pelupa

Sulit mengingat suatu hal | Pexels (Andrea Piacquadio)

Kamu merasa dirimu adalah orang yang pelupa? Sering merasa sulit untuk mengingat suatu hal, padahal cukup penting? Pasti hal-hal itu membuat kamu khawatir, kan? Tenang, gak cuma kamu aja, kok.

Lupa merupakan hal yang manusiawi. Namun, alangkah baiknya kita juga melakukan berbagai upaya untuk mengurangi sifat lupa dalam diri kita. Dilansir dari laman website Mayoclinic, berikut 7 tips sederhana untuk meningkatkan kemampuan daya ingat SohIB. Simak dengan baik, ya!

1. Selalu Aktif Bergerak Setiap Hari

Jogging

Berolahraga | Pexels (Pixabay)

Untuk bisa membantu SohIB memiliki ingatan yang baik, kamu harus sering aktif secara fisik, misalnya dengan berolahraga. Menggerakkan badan tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi juga berdampak positif untuk kesehatan otak.

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, termasuk ke bagian otak. Dengan adanya sirkulasi udara tersebut, oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak dapat dialirkan dengan baik.

Kamu bisa melakukan berbagai olahraga ringan seperti jalan santai, jogging, ataupun senam. Apabila SohIB tak punya banyak waktu luang, berolahraga 10 menit per hari saja sudah cukup, kok.

2. Selalu aktif berpikir

Memikirkan sesuatu

Aktif berpikir | Pexels (Andrea Piacquadio)

Tidak hanya fisik, otak kita juga perlu selalu digunakan secara aktif. Hal ini penting untuk membuat otak tetap bekerja optimal dan memiliki daya ingat yang baik.

Kita dapat merangsang fungsi otak secara optimal dengan melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas yang memerlukan proses berpikir. Tidak harus yang sulit, kok. Kamu dapat melakukan berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan seperti membaca, bermain catur, bermain puzzles, bermain rubik, bermain teka-teki, bermain alat musik, ataupun kegiatan-kegiatan lain yang bisa merangsang otakmu.

3. Atur Pola Tidur yang Cukup

Tidur

Memiliki waktu tidur yang cukup | Pexels (Polina Kovaleva)

Bagi kamu yang sering bergadang atau memiliki pola tidur yang berantakan, jangan sering-sering lagi, deh! Tidak cukup tidur ternyata bisa berdampak terhadap kinerja otak kamu, membuatmu sulit untuk fokus dan berkonsentrasi. Cepat atau lambat, kurang tidur juga bisa mempengaruhi kesehatan fisik kamu.

Dilansir dari Alodokter, waktu tidur yang dibutuhkan oleh rata-rata orang dewasa adalah 7—9 jam per hari, sedangkan remaja membutuhkan 8—10 jam per hari. Memiliki waktu tidur yang jauh kurang daripada itu tentu akan berpengaruh kepada buruknya kualitas daya ingat yang dipunyai. Jadi, pastikan waktu tidur kamu cukup ya, SohIB!

4. Menjaga Pola Makan yang Sehat

Makanan sehat

Makanan yang menyehatkan | Pexels (Ella Olsson)

Makanan yang sehat dan bergizi akan berpengaruh positif terhadap perkembangan tubuh dan otak kita. Pastikan kamu sering mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Asupan makanan seperti sayuran, buah-buahan, ikan berlemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat membantu mendukung kesehatan otak. Tak hanya itu, kopi juga dianggap berguna untuk meningkatkan daya ingat asalkan tetap dikonsumsi dalam batas wajar.

Kurang-kurangi mengonsumsi terlalu banyak makanan instan, alkohol. makanan tinggi gula, maupun makanan lain yang memiliki nilai gizi yang rendah. Sebab, makanan-makanan tersebut bisa berdampak buruk terhadap kesehatan otak kedepannya.

5. Pastikan Harimu Selalu Terorganisir

To-do list

Menyusun rencana kegiatan harian | Pexels (Breakingpic)

Menyusun aktivitas harian dengan baik dan teroganisir dapat membantu membuat otakmu lebih fokus dan konsentrasi. Gunakan kalender, to-do list, atau aplikasi pengingat untuk mencatat jadwal dan tugas-tugas yang harus kamu selesaikan setiap harinya.

Dengan cara ini, kamu akan lebih jarang lupa dan melewatkan sesuatu hal yang penting. Otakmu juga akan terbiasa melakukan sesuatu dengan teratur. Rutinitas harian yang tertata seperti ini akan berdampak positif kepada daya ingat kita dalam jangka panjang. 

6. Perbanyak Interaksi Dengan Orang Lain

Berbicara dengan orang lain

Lakukan interaksi dengan orang lain | Pexels (Jopwell)

Berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain bisa merangsang pikiran dan meningkatkan kemampuan daya ingat kita. Jalinlah interaksi dengan sahabat, saudara, teman kerja, teman sekolah, atau orang-orang lain yang sering kamu jumpai setiap harinya. Diskusikan topik-topik yang menarik dan menyenangkan.

Bila perlu, ajak mereka memainkan permainan yang mengasah otak, atau belajar hal baru bersama-sama. Interaksi sosial yang positif dapat membantu kita mengingat sesuatu hal dengan lebih baik.

Sebaliknya, terlalu banyak menyendiri dan menghindari interaksi sosial sama sekali malah memungkinkan kita untuk mengalami stres, yang secara tidak langsung dapat menurunkan kemampuan daya ingat.

7. Mengelola Kondisi Tubuh dan Masalah Kesehatan yang Dimiliki

Berkonsultasi dengan dokter

Mendengarkan anjuran medis dari dokter | Pexels (cottonbro studio)

Beberapa penyakit berkontribusi dalam menurunkan kemampuan daya ingat kita. Maka dari itu, jagalah kondisi tubuhmu agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Lakukanlah pemeriksaan kesehatan rutin untuk memastikan kebugaran tubuhmu. Apabila SohIB memiliki riwayat penyakit ataupun kondisi medis tertentu, ikutilah aturan medis yang telah diberikan oleh dokter kepadamu.

Itu dia 7 tips untuk memiliki daya ingat yang tinggi. Bagi kamu yang pelupa dan sering sulit untuk mengingat hal-hal penting, tips-tips di atas dapat kamu terapkan. Lakukan dengan teratur ya, SohIB!