Power Nap, Solusi Saat Kurang Produktif di Waktu Kerja

Power Nap, Solusi Saat Kurang Produktif di Waktu Kerja

Ilustrasi seorang wanita yang tidur di kantor | Freepik.com (Freepik asset)

Menjadi produktif saat bekerja adalah sebuah keharusan. Produktif menjadi tuntutan pekerjaan di segala bidang karena setiap orang mempunyai tanggungjawab untuk menghasilkan dan menyelesaikan segala pekerjaannya sesuai dengan tenggat waktu yang sudah ada.

Di era yang semakin modern ini, banyak orang berlomba-lomba untuk melakukan banyak pekerjaan dan menjadi produktif agar dapat menghasilkan lebih banyak karya atau jasa dari pekerjaan yang mereka lakukan. Namun, semakin tinggi tingkat produktivitas seseorang, semakin tinggi juga resiko kelelahan yang kemudian akan membawa ke arah kurang atau bahkan tidak produktif.

SohIB, rasa kantuk, lelah, dan stres dapat mengganggu kinerja seseorang yang akan membuat kamu semakin tidak fokus. Namun, jangan khawatir, saat mulai merasakan ‘gejala’ kurang produktif seperti mulai malas dan mengantuk di tengah kerja, SohIB bisa mulai melakukan power nap.

Ilustrasi saat seorang pekerja lelah dan stress karena pekerjaan | Freepik (Freepik asset)

Power nap adalah tidur singkat yang bisa dilakukan dalam rentang yang singkat atau sekitar 20-30 menit saja. Tidur jenis ini bisa membantu SohIB untuk menemukan semangat yang hilang karena lelah dan kantuk saat bekerja. Seperti yang diwartakan dalam laman hellosehat, power nap dapat meningkatkan kemampuan kreativitas dan mengembalikan energi.

Namun, ada yang harus SohIB ketahui, power nap ini berbeda dengan tidur siang pada umumnya. Ada tidur yang hanya memerlukan waktu sekitar 2 sampai 5 menit saja atau disebut nano nap. Ada pula mini nap yang memakan waktu 5 sampai 20 menit, dan lazy man’s nap, yang memakan waktu lebih dari 1 jam!

Nah, sayangnya, tidur siang yang terlalu lama seperti lazy man’s nap ini bisa membuat kamu bingung atau linglung saat bangun karena kamu akan memaksa diri untuk bangun dari tidur.

Sebuah penelitian dari Eropa juga menyarankan para pekerja untuk mengambil tidur di sela-sela waktu istirahat bekerja sekitar 20-30 menit. Durasi tidur yang pendek ini dianggap lebih bermanfaat dibanding tidur siang dengan rentang waktu yang lama karena lebih bermanfaat dalam kinerja kognitif otak manusia.

Power nap ini ternyata juga sangat bermanfaat untuk memperbaiki mood, loh, SohIB! Para peneliti menemukan, saat seseorang mengambil waktu tidur sejenak di siang hari setidaknya tiga kali dalam seminggu, hal ini dapat mengurangi penyakit kardiovaskular. Wow! Menarik!

6 Cara Menghilangkan Kantuk Saat Bekerja!

Power nap tidak hanya berlaku bagi para pekerja saja. Ketika seseorang akan melakukan perjalanan di siang hari, alangkah lebih baiknya untuk tidur sejenak agar tidak mengantuk di jalanan dan menghindari resiko terjadinya kecelakaan.

Dikutip dari alodokter, beberapa manfaat yang bisa SohIB peroleh dari power nap ini seperti:

1. Rasa lelah berkurang

Ilustrasi sekelompok orang yang sedang bekerja | Freepik (tirachardz)

SohIB bisa mengurangi rasa lelah dan mengembalikan energi yang menurun di siang hari. Rata-rata, rasa lelah seseorang akan meningkat pada kisaran waktu pukul 13.00 hingga 14.00. Jadi mengambil power nap adalah salah satu solusi untuk mengatasi rasa lelah.

2. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Saat tubuh mulai lelah, pastinya fokus dan konsentrasi akan terpecah. Nah, kamu bisa mencoba tidur sejenak untuk membantu menjernihkan pikiran dan mengistirahatkan otak, ya, SohIB!

3. Memperbaiki mood

Suasana hati dipengaruhi oleh kondisi fisik. Saat tubuh segar dan jauh dari rasa kantuk, SohIB pasti akan menjalani hari-hari dalam bekerja menjadi lebih baik.

4. Mengatasi stress dan menjaga sistem kekebalan tubuh

Power nap selama 20-30 menit dapat mengurangi kadar stres karena lelah bekerja, dan membantu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kamu, loh!

Seni Manajemen Waktu: Menghargai Waktu agar Lebih Produktif

Jika SohIB ingin melakukan power nap, jangan lupa untuk memasang alarm supaya kamu tidak tidur terlalu lama, ya! Jangan lupa untuk mencari tempat tidur yang nyaman dan sedikit redup agar kualitas tidur kamu terjaga. Terakhir, jika berada di tempat umum, ada baiknya kalau SohIB menggunakan headset agar tidak terdistraksi dengan ramai dan lalu lalang yang ada.

Be productive dan jangan lupa istirahat yang cukup, ya, SohIB!