6 Cara Menghilangkan Kantuk Saat Bekerja!

6 Cara Menghilangkan Kantuk Saat Bekerja!

Ilustrasi merasakan kantuk saat bekerja | Sumber: freepik.com

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

 Bekerja dalam keadaan yang prima membuat apa yang sedang dikerjakan menjadi maksimal. Namun tak jarang, ketika kita sedang bekerja rasa kantuk datang menghantui. Mengantuk saat bekerja akan menurunkan produktivitas kita lho, SohIB.

Tidak hanya itu, mengantuk saat bekerja membuat pekerjaan menjadi kacau dan berantakan, bisa-bisa kita dimarahi oleh atasan akibat kesalahan yang kita perbuat karena mengantuk.

Rasa kantuk merupakan hal yang alami bagi manusia. Bahkan hewan pun juga mengalaminya. Namun, tak serta-merta saat kita merasakan kantuk maka kita langsung tidur, kita harus bijak dalam melihat situasi dan kondisi pada saat tersebut, jangan sampai kita melewatkan kewajiban kita. Berikut 6 tips menghilangkan kantuk saat bekerja.

1. Minum Cukup Air

Minum air yang cukup dapat mencegah dehidrasi | Sumber: freepik.com 

Memenuhi asupan cairan dalam tubuh merupakan hal yang penting. Ketika asupan cairan dalam tubuh kurang, maka kita akan mengalami dehidrasi.  Dikutip dari alodokter.com, dengan tercukupinya kebutuhan cairan dalam tubuh membuat semua sistem dalam tubuh bekerja dengan baik dan dapat memaksimalkan energi ketika beraktivitas. Kekurangan asupan cairan dalam tubuh akan membuat tubuh cepat lelah dan mudah mengantuk.

2. Tidur yang Teratur

Pastikan kamu memiliki tidur yang cukup ketika berangkat bekerja. Kurang tidur adalah salah satu penyebab mudah mengantuk. Namun, tidak berarti berlebihan saat tidur itu baik. Dalam kutipan yang sama, orang-orang yang tidur dari 8 jam setiap malam justru lebih mudah merasa mengantuk ketika menjalani hari di keesokan harinya. Maka penting untuk memiliki waktu tidur yang cukup, tidak kurang dan tidak berlebihan.

3. Minum Kopi

Kopi ampuh untuk mengusir rasa kantuk | Sumber: pixabay.com

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa minum kopi adalah cara yang ampuh untuk menghilangkan kantuk. Hal itu karena kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan aktivitas di otak dan sistem saraf.

Namun, mengkonsumsi kopi secara berlebihan membuatmu sulit tidur pada malam hari. Maka minum secukupnya saja ya, agar kamu tetap merasakan manfaat kopi namun tetap dapat tidur dengan cukup.

Jika kamu tidak menyukai kopi, masih terdapat minuman yang dapat menghilangkan kantukmu yaitu teh hijau. Sama dengan kopi, teh juga mengandung kafein di dalamnya. Dalam secangkir teh hijau mengandung 30 - 50 miligram kafein.

Sebenarnya terdapat banyak pilihan minuman yang dapat menghilangkan kantuk selain teh dan kopi. Dikutip dari klikdokter.com, beberapa minuman yang dapat menghilangkan rasa kantuk di antaranya minuman coklat, kombucha, minuman asam, dan minuman berenergi.

4. Gerakkan Tubuh

Ketika kamu merasa mengantuk, lakukan peregangan ringan atau kamu dapat berdiri dan berjalan-jalan di sekitar kantor. Dengan melakukah hal tersebut dapat membatu meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang tubuh tetap terjaga.

5. Mencuci Muka dengan Air Dingin

Cara sederhana untuk menghilangkan kantuk ketika bekerja adalah mencuci muka. Cobalah untuk ke kamar mandi dan membasuh muka dengan air dingin, cara yang sederhana ini mampu untuk mengusir rasa kantuk.

6. Hindari Makan Berlebihan

Hindari kekenyangan agar tidik mudah mengantuk | Sumber: freepik.com

Waktu rawan mengantuk saat bekerja adalah ketika setelah makan siang. Cobalah untuk tidak makan berlebihan sehingga membuatmu kekenyangan. Makanan yang kita konsumsi akan dicerna oleh lambung dan usus, saat proses pencernaan berlangsung, tubuh melepaskan hormon tertentu seperti serotonin dan melatonin. Dengan meningkatnya kedua hormon tersebut membuat kita merasa mengantuk setelah makan.

Setidaknya itulah tujuh cara untuk menghilangkan rasa kantuk ketika bekerja. Namun kamu jangan memaksakan diri ya, SohIB. Ketika kamu memang membutuhkan tidur dikarenakan keadaan tubuhmu yang kurang sehat, jangan takut untuk meminta izin kepada atasan agar diberi waktu beristirahat.