Kangen Jalan-Jalan? Yuk, Rencanakan Petualangan Seru di TMII!

Kangen Jalan-Jalan? Yuk, Rencanakan Petualangan Seru di TMII!

Taman Mini Indonesia Indah | Sumber: www.indonesia.travel

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Halo SohIB! Gak kerasa nih, sebentar lagi akan weekend, ya! Kamu sudah ada rencana main ke mana? Bagi kamu yang berdomisili di Jakarta, ada salah satu tempat menarik yang bisa membuat SohIB merasakan petualangan seru dan mengenal lebih dekat keindahan Indonesia, yaitu Taman Mini Indonesia Indah (TMII)! Tempat ini tak boleh kamu lewatkan dalam daftar rencana main, ya!

TMII adalah taman yang dibangun seperti miniatur Indonesia, lengkap dengan rumah adat, museum, taman, dan gedung teater yang memperlihatkan keunikan dari berbagai daerah di negeri kita tercinta. Yuk, kita intip ada apa sih, di Taman Mini Indonesia Indah ini!

Berkenalan dengan Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah | Sumber: (Foto: Dok. Kementerian PUPR) 

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) punya sejarah yang seru, lo SohIB! Pada tanggal 13 Maret 1970, Ibu Tien Soeharto mengusulkan pembangunan TMII dengan tujuan untuk membangkitkan rasa bangga dan cinta tanah air kita di masyarakat. Konsep TMII sendiri adalah sebagai miniatur Indonesia yang lengkap dengan gambaran rumah adat, kesenian, flora-fauna, dan benda budaya dari setiap daerah, yang dimaksudkan untuk memperkenalkan keunikan Indonesia ke dunia.

Setelah melalui proses perencanaan dan studi kelayakan yang panjang, pembangunan TMII dimulai pada tanggal 30 Juni 1972. Berkat kerjasama semua pihak, baik itu dari masyarakat sekitar, pemerintah pusat dan daerah, serta swasta, pembangunan TMII tahap pertama selesai dan pada tanggal 20 April 1975, TMII resmi dibuka.

Dengan luas area sekitar 150 hektar, tidak heran ya, jika TMII menjadi tempat yang menampilkan beragam kekayaan alam, budaya, dan teknologi modern milik Indonesia. Kita bisa bangga dan jalan-jalan ke TMII untuk lebih mengenal dan mencintai Indonesia dalam bentuk mini.

Menyusuri Keajaiban Bawah Laut Teluk Saleh: Menemukan Dunia Baru yang Ajaib!

Wahana yang Ada di Taman Mini Indonesia Indah

Saat kamu memasuki TMII, terdapat lebih dari 37 wahana yang bisa kita kunjungi, lo. Dari sekian banyak wahana tersebut, yuk berkenalan dengan 3 wahana unik ini, yaitu:

  1. Anjungan Daerah

Di Anjungan Daerah ini, kamu bisa lihat berbagai-macam bangunan-bangunan keren yang berarsitektur tradisional khas daerah Indonesia. Terdapat sekitar 33 anjungan daerah yang berderet mengelilingi danau miniatur arsipelago Indonesia, yang secara tidak langsung melambangkan bahwa Indonesia adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Selain itu, setiap provinsi memiliki setidaknya tiga rumah adat khas daerahnya yang ditampilkan di situ, lo! Semuanya berada di dalam satu kawasan yang khusus disediakan untuk provinsi-provinsi tersebut. Seru banget, kan?

  1. Rumah Ibadah

Di TMII ini, SohIB akan menemukan berbagai rumah ibadah yang menakjubkan! Ada Masjid Diponegoro yang indah dengan kubah megah dan desain arsitektur yang khas, Gereja Khatolik Chaterina dan Gereja Protestan Haleluya dengan loncengnya yang ikonik, Pure Bali, Vihara Budha dan juga kuil dengan patung-patung dewa yang menawan.

Setiap rumah ibadah ini dirancang dengan begitu detail dan memperlihatkan keindahan budaya serta kepercayaan masing-masing agama. Ketika SohIB berjalan di sekitar area ini, kamu akan merasakan keharmonisan dan toleransi yang tinggi antara umat beragama. Bukan hanya sekadar bangunan, rumah ibadah di TMII juga mencerminkan keberagaman di Indonesia dan mengajarkan kita tentang pentingnya saling menghormati serta hidup dalam damai, lo! Keren banget!

  1. Museum

Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptil
Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptil | Sumber: tribunnewswiki.com

Di TMII, SohIB akan menemukan berbagai museum yang seru dan menarik, lo! Di sini, kita bisa menjelajahi museum-museum yang memperkenalkan kekayaan budaya dan sejarah Indonesia. Berdasarkan informasi dari website tamanmini.com, saat ini TMII memiliki setidaknya 19 museum yang memiliki beragam variasi, antara lain Museum Indonesia, Museum Penerangan, Museum Pusaka, Museum Timor Timur, dan Museum Fauna Indonesia Komodo & Taman Reptil.

Dari berbagai museum ini, kita bisa belajar lebih banyak lagi tentang keberagaman budaya di tanah air. Kalau SohIB suka sejarah, jangan lewatkan untuk mengunjungi museum ini, ya! Kita bisa belajar sambil bersenang-senang, karena pengalaman yang diberikan begitu interaktif dan menghibur.

Nah, itu dia penjelasan singkat dari Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta! Tempat yang sangat menarik bukan? Selain bisa untuk berwisata, kamu juga bisa belajar dan menikmati berbagai macam keindahan alam Indonesia. Diharapkan dengan mengunjungi tempat ini, kamu akan lebih menghargai sejarah Indonesia dan ikut serta melestarikannya, ya! Selamat liburan, SohIB!