Menikmati Serunya Petualangan di Geopark Merangin yang Mengagumkan!

Menikmati Serunya Petualangan di Geopark Merangin yang Mengagumkan!

Geopark Merangin di Jambi | Sumber: detik.com (Foto:Istimewa)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Kita semua tahu bahwa Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan alam yang melimpah, baik itu tanaman langka atau hewan yang unik yang hanya dimiliki oleh Indonesia. Selain dari kekayaan flora dan fauna, Indonesia juga diberkati dengan keberagaman tempat-tempat yang indah, lo SohIB.

Kamu mungkin sudah familier dengan destinasi wisata seperti pantai, danau, pegunungan, atau peninggalan sejarah seperti candi Borobudur, bukan? Tapi apakah kamu pernah mendengar tentang geopark atau taman bumi? Apa sih, geopark itu?

Geopark adalah sebuah area yang memiliki kekayaan geologi yang luar biasa. Perlu SohIB ketahui, bahwa hingga tahun 2023 ini, Indonesia memiliki 10 Geopark yang terdaftar sebagai warisan UNESCO, lo! Salah satunya adalah Geopark Merangin yang akan kita bahas kali ini.

Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Selain bisa menikmati keindahan alam yang indah, kamu sebagai pengunjung pun bisa bermain di air terjun yang megah, melihat batuan yang spektakuler, dan juga situs geologi yang langka. Agar kamu semakin terpukau, yuk simak penjelasan singkat tentang Geopark Merangin di bawah ini!

Pemberian Nama Geopark Merangin dan Lokasinya

Berkenalan dengan Geopark Merangin
Berkenalan dengan Geopark Merangin | Facebook (Agus Zainudin)

Geopark Merangin Jambi atau yang biasa dikenal sebagai Geopark Merangin adalah salah satu dari 10 taman bumi di Indonesia yang masuk daftar UNESCO Global Geoparks atau UGG, lo! Geopark satu ini berasal dari Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Berdasarkan informasi dari website Geopark Merangin, daerah ini memiliki luas 4.832,31 km²!

Saat kamu berkunjung ke tempat ini, kamu akan disuguhi oleh banyak sekali keindahan alam yang memukau mata. Salah satunya adalah penemuan fosil flora Jambi yang telah sudah ada sejak tahun 1926 atau hampir 1 abad yang lalu!

Jika kamu menyusuri sungai Merangin, kamu juga bisa menemukan fosil lainnya seperti fosil pohon dan fosil laut yang berusia lebih dari 300 juta tahun! Uniknya lagi, fosil ini hanya ada di Geopark Merangin dan satu-satunya di dunia, SohIB!

Rekomendasi 5 Wisata Seru di Jawa Timur

Menelusuri Kekayaan Alam di Geopark Merangin

Kekayaan alam di Geopark Merangin
Kekayaan alam di Geopark Merangin | Sumber: nativeindonesia.com

Selain memiliki berbagai fosil yang langka, taman bumi Merangin juga menawarkan berbagai fenomena alam seperti danau, air terjun, kekar kolom, dan bahkan sumber panas bumi yang masih aktif hingga sekarang. Tidak hanya itu, kawasan ini juga menjadi rumah bagi flora dan fauna langka yang perlu kita semua dilindungi. Betapa menakjubkannya, ya!

Selain fosil, kita juga bisa melihat secara langsung formasi batuan yang sudah berusia lebih dari 200 juta tahun yang lalu! Kira-kira, di zaman ini kita masih bisa melihat dinosaurus atau tidak, ya? Xixixi.

Saat kamu melanjutkan perjalanan, kamu bisa melihat hamparan karst yang luas dengan keindahan alam yang beragam, mulai dari danau, air terjun, kekar kolom, hingga panas bumi yang masih aktif. Selain itu, kompleks Gunung Masurai terkenal dengan fenomena tektonik vulkaniknya yang secara tidak langsung menambah pesona dari Geopark Merangin.

Jadi jika kita berkunjung ke Geopark Merangin ini, kita bisa melihat dan menemukan berbagai flora dan fauna langka yang dilindungi, serta jejak peninggalan sejarah dari peradaban masa lampau. All in banget deh! Tertarik nggak kesini?

Mengungkap 4 Destinasi Wisata yang Dipenuhi Aroma Kopi di Indonesia!

Itu dia SohIB, penjelasan singkat tentang salah satu geopark yang dimiliki oleh Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO. Bagi kamu yang berlokasi di Jambi, tidak ada salahnya untuk menuliskan tempat ini di bucket list liburan kamu selanjutnya, ya! Dijamin deh, kamu pasti tidak akan menyesal! Selamat liburan!