Pentingnya Etika dan Moral Generasi Milenial dalam Bermedia Sosial

Pentingnya Etika dan Moral Generasi Milenial dalam Bermedia Sosial

Pentingnya Etika dan Moral Generasi Milenial dalam Bermedia Sosial

Generasi milenial bersosial media | Unsplash (Mailchimp)
Generasi milenial bersosial media | Unsplash (Mailchimp)

 

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohIBBerkompetisiArtikel

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan buruk, mengenai hak dan kewajiban moral, kumpulan asas atau nilai yang berhubungan dengan ahlak, dan nilai benar atau salah yang dianut dalam masyarakat. Menurut KBBI, moral adalah ajaran tentang baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, dan sebagainya.

 

Etika dan moral merupakan bagian penting dari setiap individu. Dengan adanya etika dan moral, kita dapat menjaga keharmonisan sosial dan terlindungi dari kejahatan. Etika berlaku dalam kelompok sosial, sedangkan moral bersifat lebih individual. Moral biasanya dipengaruhi oleh lingkungan sekitar dan dapat berubah sewaktu-waktu. Di samping perbedaan itu, etika dan moral sama-sama membahas tentang perilaku manusia untuk menentukan yang baik dan yang buruk. 

Beragam jenis platform sosial media | Unsplash (Alexander Shatov)
Beragam jenis platform sosial media | Unsplash (Alexander Shatov)

 

Di era globalisasi ini, teknologi berkembang dengan pesat. Tidak sedikit platform media sosial yang telah diciptakan. Hal tersebut memberikan tantangan kepada generasi muda untuk menghadapi dunia maya. Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus mencerminkan etika dan moral yang baik.

Tindakan tidak bermoral di sosial media | Unsplash (asiandelight)
Tindakan tidak bermoral di sosial media | Unsplash (asiandelight)

 

Setiap tindakan yang kita lakukan dalam berinteraksi di sosial media akan menunjukkan moral yang kita miliki. Tak jarang kita jumpai ujaran kebencian, bullying, sikap tidak menghargai, dan komentar negatif di berbagai media sosial. Sikap-sikap itulah yang menunjukkan seseorang tidak bermoral dan tidak beretika.

 

Sebagai manusia, kita berkewajiban untuk menghargai orang lain jika ingin dihargai. Mengingat sila ketiga dalam Pancasila yaitu persatuan Indonesia, tanggapan positif sangatlah penting untuk menjaga keharmonisan bangsa. Semua tindakan kita sangat berpengaruh bagi mental orang lain yang kita kritik. Bukan hanya itu, semua yang kita lakukan di media sosial pastinya akan kembali kepada diri kita sendiri. 

 

Daripada melakukan hal buruk yang berdampak negatif pada diri sendiri maupun orang lain, sebaiknya kita melakukan beberapa hal sebagai berikut:

 

  1. Menjadikan media sosial sebagai sarana untuk menyebarkan kebaikan
  2.  Berpikir sebelum bertindak dalam berinteraksi di media sosial
  3. Mengingat hukum timbal balik antara manusia
  4. Tidak membagikan berita palsu
  5. Menghindari prasangka buruk
  6. Meneliti fakta
  7. Tidak mengadu domba orang lain
  8. Tidak mengolok-olok atau merendahkan orang lain
  9. Menjauhkan diri dari konten-konten negatif
  10. Menggunakan kata-kata sopan dalam berinteraksi
  11. Tidak menggunakan kata kasar, provokatif, porno atau SARA
  12. Tidak membagikan ulang konten yang berhak cipta tanpa izin
  13. Berkomunikasi dengan cara saling menghormati dan menghargai satu sama lain
  14. Menghindari konflik media sosial
  15. Memberikan komentar yang relevan
  16. Cantumkan sumber informasi yang diunggah
  17. Tidak memberikan informasi pribadi secara berlebihan

 

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman. Sebagai generasi milenial, kita harus menghormati setiap perbedaan dan menghargainya. Dengan beberapa tindakan di atas, kita mampu menunjukkan etika dan moral yang baik. Dengan begitu, Indonesia akan tetap harmonis dan masa depan pun terlihat cerah. 

 

Etika dan moral sangatlah penting. Semakin majunya teknologi, semakin banyak rintangan bagi kita untuk mempertahankan moral. Moral dapat berubah sewaktu-waktu, kita harus waspada dengan membentengi diri. Banyak hal negatif yang tersebar di media sosial. Hal-hal tersebut berdampak pada kemerosotan moral generasi milenial. Dapat disimpulkan bahwa media sosial mempunyai pengaruh besar dalam kehidupan seseorang. 

 

Media sosial dapat memberikan dampak positif dan negatif. Sebagai pengguna media sosial, kita harus paham dengan etika dan moral sosial agar tidak menyalahgunakan platform media sosial yang ada. Masa depan bangsa berada di tangan kita. Oleh karena itu, kita harus bijak dalam bermedia sosial.