Pendaftaran Wirausaha Merdeka 2023 Hampir Berakhir, Segera Daftarkan Dirimu!

Pendaftaran Wirausaha Merdeka 2023 Hampir Berakhir, Segera Daftarkan Dirimu!

Nadiem Makarim memberikan sambutan untuk WMK 2023 | Sumber: Wirausaha Merdeka

Hei SohIB, tahukah kamu jika pemerintah Indonesia mempunyai target terciptanya satu juta wirausaha baru di tahun 2024? Hal ini sesuai dengan yang tercantum di Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 2 Tahun 2022. Oleh sebab itu, Kemendikbudristek menyelenggarakan dan mendukung adanya program “Wirausaha Merdeka” yang ditujukan untuk para mahasiswa di negara kita. Pendaftarannya untuk tahun 2023 ini masih terus berjalan lo, yaitu dari tanggal 6 Maret 2023ー20 April 2023.

Dilansir dari Indonesia.go.id, Wirausaha Merdeka adalah salah satu program unggulan dalam kerangka kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Nantinya, kamu yang mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk mengenyam pendidikan dan menerima pelatihan di bidang kewirausahaan di salah satu perguruan tinggi terpilih. Durasi belajarnya adalah satu semester. Yuk, simak berita selengkapnya di bawah ini!

Berbisnis dengan Keluarga? Siapa Takut!

Apa Itu Wirausaha Merdeka?

Tampilan utama situs Wirausaha Merdeka, kamu sudah daftar?
Tampilan utama situs Wirausaha Merdeka, kamu sudah daftar? | Sumber: Wirausaha Merdeka

Berdasarkan informasi dari laman resminya, Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri menjadi calon wirausahawan. Medinya adalah dengan adanya aktivitas di luar kelas perkuliahan.

Btw, WMK berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi (PT) Pelaksana Program dalam mengembangkan pembelajaran wirausaha yang mampu mengasah jiwa kewirausahaan, mendorong peningkatan pengalaman wirausaha, dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa.

Siapa yang Bisa Mendaftar?

Jika SohIB tertarik untuk menjadi peserta program ini, cek dulu apakah kamu masuk syarat sebagai peserta!

  1. Mahasiswa aktif jenjang pendidikan.
  2. D2, D3, D4, dan S1 – minimal semester 3,
  3. atau S2 dan S3–tanpa batasan semester (tanpa konversi SKS).
  4. Tidak sedang menyusun skripsi atau tugas akhir saat program berlangsung,
  5. Tidak mengambil mata kuliah di Perguruan Tinggi asal saat program berlangsung,
  6. Memperoleh surat rekomendasi dari Ketua Program Studi dan pimpinan perguruan tinggi bidang akademik,
  7. Bersedia mengikuti program penuh waktu (satu semester) dibuktikan dengan surat pernyataan mahasiswa.

Perguruan Tinggi di Indonesia yang Tergabung di Wirausaha Merdeka

Infografis pendaftar WMK 2022 dan perguruan tinggi asal peserta
Infografis pendaftar WMK 2022 dan perguruan tinggi asal peserta | Sumber: Wirausaha Merdeka

Berikut adalah daftar Perguruan Tinggi yang berkolaborasi menjadi tempat belajar bagi para peserta WM 2023 nanti:

  1. Universitas Indonesia.
  2. Institut Teknologi Bandung.
  3. Universitas Prasetiya Mulya.
  4. Universitas Bina Nusantara.
  5. Institut Pertanian Bogor.
  6. Universitas Udayana.
  7. Universitas Ciputra Surabaya.
  8. Universitas Brawijaya.
  9. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  10.  Universitas Riau.
  11.  Universitas Lambung Mangkurat.
  12.  Universitas Muhammadiyah Makassar.
  13.  Universitas Cenderawasih.
  14.  Politeknik Negeri Jember.
  15.  Politeknik Negeri Batam.
  16.  Politeknik Negeri Kupang.
  17.  Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
Habis di PHK, Apa yang Harus Aku Lakukan?

Tahap Pembelajaran di Wirausaha Merdeka

Program dari Kemendikbudristek ini sudah berjalan sejak tahun 2022 lalu. Total pelamarnya mencapai 47,723 dari 453 Perguruan Tinggi asal. Di sini, sebanyak 11,524 mahasiswa dinyatakan lolos untuk menjadi peserta WMK dari 17 Perguruan Tinggi, Wow, banyak banget, ya?

Nah, dalam prosesnya, ada tiga jenjang yang akan diberikan kepada peserta Wirausaha Merdeka. Jadi, proses belajar-mengajarnya akan seimbang antara teori dan penerapan langsungnya.

  • Pre Immersion

Tahapan ini diisi dengan pembelajaran pengetahuan dan kemampuan dasar wirausaha. Mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan pola pikir dan dapat memvalidasi ide bisnisnya bersama para dosen kewirausahaan, praktisi, dan coach.

  • Immersion

Tahapan ini dilakukan dengan melibatkan mahasiswa terjun langsung untuk melihat proses bisnis secara nyata dengan melakukan onboarding di UMKM. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dalam menyusun model bisnis dan membuat prototype yang tervalidasi.

  • Post Immersion

Tahapan ini berfokus pada proses market validation dan feasibility study, sehingga mahasiswa memiliki kemampuan untuk memulai bisnis. Diharapkan setelah tahapan ini, mahasiswa memiliki bekal dalam menjalankan bisnis sesuai dengan yang direncanakan.

Usaha yang Sudah Terbentuk dari WMK 2022

Diwartakan oleh situs Wirausaha Merdeka, sudah banyak sekali bisnis-bisnis yang telah didirikan anak muda di Indonesia berkat adanya program tersebut. Semuanya beraneka rupa, kreatif, dan bahkan ada yang menawarkan produk penjualan yang unik. Apa saja, nih?

  1. Keripik Singkong Raja Pedas.
  2. Diploma Teh.
  3. Kebab Queen.
  4. Milk Kefir La-Q.
  5. Arecenesia Group.
  6. Keripik D’BokZ.
  7. GCLAVA.
  8. Teh Jadoel.
  9. Moringa Cookies.
  10. Sel Ventures.

Bagi SohIB yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut dan mendaftar WMK, kamu bisa mengunjungi portal Wirausaha Merdeka. Di sana, juga sudah disediakan booklet panduan lengkap seputar program ini, template proposal PT pelaksana WMK 2023, template SPTJM PT Pelaksana WMK 2023, hingga bimbingan teknis penulisan proposal Wirausaha Merdeka 2023. Semuanya lengkap dan sangat memudahkan pendaftar, kok. Selamat berjuang, SohIB!

Sekolah Kedinasan Dibuka, Cek Kuota dan Cara Daftarnya!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)