Ini Dia 5 Pilihan Rute Kereta Api di Sulawesi yang Harus Kamu Coba!

Ini Dia 5 Pilihan Rute Kereta Api di Sulawesi yang Harus Kamu Coba!

Kereta Api di Sulawesi | YouTube: Presiden Joko Widodo

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Good day SohIB! Siapa nih, yang berdomisili di pulau Sulawesi? Ada kabar baik buat kalian yang tinggal di Sulawesi atau mau berlibur ke sana. Di tahun 2023 ini, Presiden RI Joko Widodo, melalui Instagram @bpkasulsel, meresmikan Kereta Api Makassar—Parepare lintas Maros—Garongkong dan Depo KA Maros, lo!

Kali ini SohIB akan berkenalan terlebih dahulu dengan 5 stasiun kereta api di Sulawesi yang keren banget! Pasti banyak yang penasaran dong, stasiun apa saja yang dilewati oleh kereta api baru ini? Tenang aja, kali ini kita akan berjalan-jalan sekaligus mengetahui stasiun apa saja yang akan dilewati oleh kereta api ini! Siapa tahu bisa jadi referensi untuk liburan atau sekedar informasi menarik buat SohIB yang suka travelling. Yuk, kita explore bersama-sama!

Berkenalan dengan 5 Stasiun Kereta Api di Sulawesi

Stasiun Kereta Api di Sulawesi
Stasiun Kereta Api di Sulawesi | YouTube (bpkasulsel)

Setelah kita mengetahui sejarah singkat dari pembuatan kereta api di Sulawesi ini, kita akan berkenalan dengan 5 stasiun yang menjadi rute dari kereta api yang baru diresmikan ini, yaitu:

  1. Stasiun Maros

Stasiun ini terletak di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan yang menjadi salah satu stasiun yang dilalui kereta api baru di Sulawesi. Stasiun ini memiliki bangunan yang cukup besar dan lengkap dengan fasilitas yang memadai seperti toilet, tempat tunggu, dan loket tiket.

Stasiun Maros juga dikelilingi oleh keindahan alam seperti hamparan sawah. Suasana tenang dan damai membuat stasiun ini menjadi tempat yang pas untuk menikmati perjalanan dengan kereta api. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Sulawesi Selatan di sekitar stasiun, seperti Coto Makassar atau Sop Saudara.

  1. Stasiun Mangilu

Stasiun Mangilu terletak di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan. Meskipun terbilang baru, stasiun ini cukup strategis karena terletak di antara beberapa kota besar di Sulawesi Selatan seperti Makassar, Parepare, dan Palopo.

  1. Stasiun Labakkang

Yang ketiga adalah Stasiun Labakkang, yang terletak di kecamatan Labakkang, Sulawesi Selatan. Stasiun Labakkang ini memiliki fasilitas yang lengkap seperti kursi tunggu, toilet, dan tempat parkir yang memadai.

Stasiun kereta di Sulawesi
Stasiun kereta di Sulawesi | YouTube (bpkasulsel)
  1. Stasiun Ma'rang

Sekarang giliran Stasiun Ma'rang nih yang mau kita bahas. Stasiun ini terletak di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Provinsi Sulawesi Selatan. Stasiun Ma'rang memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti musala, kantin, serta toilet yang bersih dan terawat. Stasiun ini memiliki dua jalur kereta api dengan peron yang cukup luas. Di sini, kita bisa menikmati keindahan alam Sulawesi Selatan yang masih asri dan alami.

  1. Stasiun Mandalle

Kali ini, kita akan berbicara tentang Stasiun Mandalle yang terletak di Kecamatan Mandalle, Sulawesi Selatan. Stasiun ini memiliki desain arsitektur modern dan dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti ruang tunggu, toilet, dan tempat parkir yang memadai. Dengan luas 1,4 Ha tentunya sangat luas bukan?

Sulawesi Punya Kereta Api Baru yang Gak Kalah Sama Jakarta, lo!

Nah, itulah tadi penjelasan SohIB mengenai 5 stasiun kereta api baru di Sulawesi yang wajib kamu ketahui. Semua stasiun tersebut memiliki nilai sejarah dan arsitektur yang sangat indah. Kamu bisa menikmati perjalanan menggunakan kereta api yang nyaman sambil menikmati pemandangan indah di sepanjang perjalanan.

Selain itu, dengan adanya stasiun-stasiun baru ini, transportasi antar daerah di Sulawesi semakin mudah dan cepat. Jadi, jika SohIB ingin berlibur ke Sulawesi, jangan ragu untuk mencoba menggunakan kereta api dan melihat keindahan stasiun-stasiun baru ini, ya! Selamat mencoba!