Menjelajahi 7 Keindahan Sulawesi dengan Kereta Api, Ada Apa Saja sih, di Sana?

Menjelajahi 7 Keindahan Sulawesi dengan Kereta Api, Ada Apa Saja sih, di Sana?

Keindahan alam di Sulawesi | Unsplash (Heru Haryanto)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Good day, SohIB! Kalian pasti sudah tahu bahwa Indonesia terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki banyak sekali kekayaan alam yang indah. Salah satu pulau yang terkenal adalah pulau Sulawesi. Terlebih saat ini, Sulawesi sudah memiliki kereta api yang baru saja di resmi kan, lo. Sehingga semakin mempermudah kita untuk menjelajahi setiap tempat yang menarik.

Kalian pasti sudah tidak sabar untuk mengetahui keindahan apa saja yang bisa dinikmati di Sulawesi, bukan? Yuk, simak apa saja destinasi wisata yang bisa kita kunjungi dengan kereta api!

Dekat dengan Stasiun Kereta api

Dengan diresmikannya kereta api baru di pulau Sulawesi, tentunya ini bisa memberikan banyak manfaat untuk masyarakat sekitar. Salah satunya adalah mempermudah akses kita untuk menjelajahi berbagai macam wisata menarik yang letaknya tidak jauh dari stasiun kereta api. Penasaran apa saja? Mari kita intip!

Ngabuburit Sambil Ngintip Sejarah Kereta Api di Sulawesi, Keren Abis!

Kabupaten Maros

Air Terjun Bantimurung
Air Terjun Bantimurung | YouTube (Indra Anugrah)

Terdapat beberapa destinasi wisata yang bisa SohIB datangi, lo jika sedang dekat Stasiun Maros. Antara lain adalah Air Terjun Bantimurung dan Danau Toakala.

Air Terjun Bantimurung terkenal dengan keindahan air terjunnya yang sangat memukau. Di sini, kamu bisa menikmati suara gemericik air yang jatuh dari ketinggian sambil menikmati pemandangan hijau di sekitar air terjun. Sttt, air ini berasal dari gunung Bulusaraung, lo!

Selain itu, di sekitar air terjun juga terdapat beberapa gua yang bisa kamu jelajahi, seperti Gua Batu Hapu yang memiliki batu meruncing ke bawah yang indah. Bahkan air terjun ini menjadi rumah untuk ratusan spesies kupu-kupu yang sudah di akui oleh dunia! Keren banget, ya!

Danau Toakala atau Danau Kassi Kebo di Sulawesi
Danau Toakala atau Danau Kassi Kebo di Sulawesi | YouTube (CABUDY)

Selain Air Terjun Bantimurung, destinasi wisata lainnya adalah Danau Toakala. Danau Toakala memiliki air yang sangat jernih dan tenang, sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah di sekitarnya.

Kabupaten Pangkep

Jika SohIB menikmati keindahan alam yang dekat dengan Stasiun Labakkang, maka Danau Hijau Balocci, Taman Purbakala Sumpang Bita, dan Wisata Alam Bulu Sorongan menjadi pilihan yang sangat tepat!

Danau Hijau Balocci
Danau Hijau Balocci | YouTube (Indra Anugrah)

Cukup dengan 30 menit berkendara, kamu bisa menjelajahi keindahan Danau Hijau Balocci ini, lo! Dengan hamparan danau yang sangat luas dan mirip bentuk cinta. Sehingga tidak heran jika danau ini juga dikenal dengan nama danau cinta. Dengan air yang berwarna biru kehijauan yang jernih serta di kelilingi oleh bukit bekas tambang marmer membuat tempat ini terlihat sangat eksotis!

Mari beralih ke Taman purbakala Sumpang Bita yang menawarkan keindahan 2 gua prasejarah, yaitu Sumpang Bita dan Bulu sumi. Keduanya berada di ketinggian lebih dari 200 meter di atas permukaan laut. Namun, gua ini tetap ramah untuk pemula, lo karena ada akses tangga yang memudahkan kamu untuk melihat langsung isi dari gua ini. Selain itu, terdapat banyak peninggalan yang menarik seperti lukisan dinding, artefak batu, bahkan fragmen tulang serta gigi.

Jika kamu tidak ingin mendatangi wisata seperti danau atau gua, maka Bulu Sorongan adalah pilihan yang tepat! Bulu Sorongan adalah daerah pegunungan yang sangat indah. Tidak heran jika gunung yang memiliki ketinggian 731 meter di atas permukaan laut ini, memerlukan waktu 3 jam untuk sampai di puncaknya. Tapi hasil tidak mengkhianati proses, kok! Setelah kamu sampai di atas, dijamin kamu akan terperangah dengan pemandangan alam yang sangat indah! Sempatkan waktu untuk camping juga, ya agar SohIB tidak ketinggalan menikmati deretan bukit dan padang rumput yang memanjakan mata!

Sulawesi Punya Kereta Api Baru yang Gak Kalah Sama Jakarta, lo!

Kabupaten Barru

Setelah menyusuri kembali kereta api, maka kita akan berhenti di Stasiun Barru yang berlokasi di kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Terdapat beberapa destinasi wisata yang bisa kamu coba, lo! Antara lain Wisata Alam Lappa Laona dan Wisata Alam Pantai Ujung Batu.

Wisata Alam Lappa Laona
Wisata Alam Lappa Laona | YouTube (Omzul)

Berbeda dengan wisata lainnya yang menyuguhkan keindahan alam seperti danau dan juga gua, wisata Alam Lappa Laona menghadirkan pemandangan dari hamparan rumput atau sabana yang berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Selain menikmati pemandangan ini, SohIB juga bisa mencoba bermain flying fox, montain bike park, atau menginap di camping ground dan Gazebo unik yang sudah tersedia. Dijamin deh, pemandangan sunset dan sunrise dari tempat ini akan membuat kamu terpana!

Wisata yang terakhir akan kita bahas adalah Pantai Ujung Batu. Pantai ini sudah dilengkapi dengan infrastruktur jalan yang baik sehingga akan mudah didatangi oleh SohIB semua. Jaraknya pun cukup dekat dengan Kabupaten Barru, yaitu hanya 2 km saja, lo! Setelah sampai, kita akan dimanjakan oleh keindahan alam dan hamparan pasir yang menggoda kita untuk bermain air. Tidak perlu khawatir jika kita membawa keluarga dan anak kecil karena gelombang laut di pantai ini sangat tenang serta dangkal. Jadi aman untuk bermain!

Nah, itu dia 7 keindahan alam di Sulawesi yang bisa kita akses menggunakan kereta api yang baru saja rilis, lo. Kamu bisa mampir ke 3 stasiun kereta api yaitu Stasiun Maros, Stasiun Labakkang, dan Stasiun Barru. Sempatkan waktu untuk menjelajahi keindahan alam ini, ya SohIB! Selamat berlibur!