Mengenal Kopi Flores: Cerita dari Tanah Nusa Tenggara Timur yang Menggoda

Mengenal Kopi Flores: Cerita dari Tanah Nusa Tenggara Timur yang Menggoda

Kopi FLores | Unsplash (Nathan Dumlao)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Hai, SohIB! Siapa di sini yang gemar minum kopi? Jika kamu adalah salah satu fans berat dari kopi, kamu harus beruntung tinggal di Indonesia! Negara kita ini terkenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, lo! Kalau kamu mampir ke Nusa Tenggara Timur, kamu bisa menemukan salah satu kopi yang sangat nikmat yaitu kopi Flores.

Kopi Flores sendiri salah satu kopi yang sudah negara Indonesia ekspor ke luar negeri selain kopi Luwak, kopi Toraja, dan kopi Kintamani. Rasanya yang khas dan aroma yang memikat membuatnya menjadi salah satu yang paling dicari dan dinikmati oleh pecinta kopi di seluruh penjuru dunia.

Kopi Flores memiliki cerita yang menarik di balik setiap tegukan nikmatnya. Ditanam di tanah yang subur dan diberkahi dengan iklim yang unik, kopi Flores menawarkan citarasa yang tak terlupakan.

Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang kopi Flores ini, SohIB. Yuk, bersiaplah untuk merasakan keajaiban rasa kopi Flores dan menemukan keindahan yang tersembunyi di dalamnya. Siapkan cangkirmu, SohIB, dan mari kita mulai mencari tahu tentang kopi Flores yang menggoda ini!

Berkenalan dengan kopi Flores dari Indonesia

Kopi Flores khas Nusa Tenggara Timur
Kopi Flores khas Nusa Tenggara Timur | Unsplash (Tyler Nix)

Sejarah dari kopi Flores sendiri bermula dari tanah yang subur di Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kopi ini telah tumbuh dan menjadi kebanggaan masyarakat Flores sejak zaman kolonial, lo. Berkat iklim tropis Indonesia dan tanah vulkanik pada dataran Ngada, Flores, kopi ini bisa tumbuh dengan baik di daerah-daerah seperti Manggarai dan Bajawa.

Tidak lupa, petani kopi Flores sendiri telah mewariskan pengetahuan dan keterampilan mereka secara turun-temurun, agar bisa mengolah biji kopi dengan teliti untuk menghasilkan cita rasa yang unik dan kualitas yang terjaga. Selama bertahun-tahun, kopi Flores telah menarik perhatian dunia internasional dan menjadi komoditas yang diekspor ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jerman, Jepang, bahkan Italia!

Jadi SohIB jangan heran, jika kopi Flores tidak hanya menjadi bagian penting dari budaya dan ekonomi lokal, tetapi juga menjadi daya tarik yang menggoda bagi pecinta kopi di seluruh dunia.

Kuliner Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Cicipi Saat Berlibur ke Sana!

Cita rasa dari kopi Flores

Terdapat 2 jenis kopi Flores yang biasa dinikmati oleh para pecinta kopi, antara lain adalah kopi Flores Bajawa, dan kopi Flores Manggarai. Kedua kopi ini memiliki cita rasa dan aroma yang sangat unik. Sebagai gambaran, kopi Flores Bajawa memiliki rasa manis yang seimbang dengan sentuhan karamel, cokelat, hazelnut, dan bahkan aroma herbal. Tidak hanya itu, aroma kacang-kacangan dan tembakau juga menjadi ciri khas dari kopi Flores Bajawa.

Cita rasa khas dari Kopi Flores
Cita rasa khas dari Kopi Flores | Unsplash (Andrew Neel)

Di sisi lain, kopi Flores Manggarai memiliki biji kopi yang lebih besar daripada Bajawa dan mendapatkan perhatian khusus dalam proses perawatan dan pembersihan. Terdapat rasa alami lemon yang dimilikinya sehingga membuatnya unik dan menarik. Tidak heran dengan perpaduan rasa dan aroma yang unik ini menjadikan kopi Flores bisa dengan mudah diterima oleh pecinta kopi di berbagai belahan dunia, lo! Kamu bisa menjadikan kopi Flores ini sebagai pilihan minuman untuk bersantai bersama keluarga atau teman, SohIB!

7 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Jangan Dibawa Ketika Travelling, Serba Repot!

Nah, itu dia penjelasan singkat dari apa itu kopi Flores dan 2 jenisnya yaitu Bajawa dan Manggarai. Selain itu kita mendapatkan sedikit gambaran bagaimana sih, cita rasa dan aroma dari kopi Flores yang sudah mendunia ini, SohIB.

Kita sebagai warga negara Indonesia harus berbangga diri, ya, karena tanah di negara kita sangat subur dan bisa menjadi lahan untuk menanam kopi. Bagi kamu yang belum pernah mencoba kopi Flores, jangan lewatkan kesempatan ini ya! Selamat mencoba, SohIB!