Kuliner Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Cicipi Saat Berlibur ke Sana!

Kuliner Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Cicipi Saat Berlibur ke Sana!

Kuliner Jawa TImur | Sumber: Instagram.com @christina_leny

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Hai, SohIB! Sudah pernah dengar tentang kuliner khas Jawa Timur? Nah, kalau belum, kamu wajib banget mencicipi makanan-makanan lezat dari daerah ini saat berlibur ke sana! Indonesia sendiri memang terkenal dengan beragam kuliner yang memanjakan lidah karena kaya akan rempah-rempah seperti lada, jahe, dan kunyit. Sebagai salah satu provinsi di Indonesia, Jawa Timur juga memiliki kekayaan kuliner yang sungguh menggugah selera, lo.

Tahu nggak, SohIB? Daerah ini pernah menjadi pusat kerajaan Majapahit, yang merupakan salah satu kerajaan terbesar dan terkuat di Indonesia pada masa lalu! Sehingga secara tidak langung budaya dan tradisi di Jawa Timur turut memengaruhi cita rasa kuliner mereka. Selain itu, daerah ini juga memiliki bahan-bahan alami yang melimpah, seperti rempah-rempah, hasil pertanian, dan hasil laut, yang membuat masakan dari sini begitu istimewa. Penasaran makanan apa saja yang ada di Jawa Timur? Yuk, baca artikel berikut sampai habis!

7 Makanan Indonesia yang Mendunia, Ada yang dari Daerahmu?

Cita Rasa Khas Jawa Timur yang Membangkitkan Selera

Berikut adalah 5 kuliner khas dari Jawa Timur lezat, nikmat, dan menggugah selera!

1. Soto Kutilang

Soto Kutilang
Soto Kutilang | Sumber: carica.id

Di dalam mangkuk Soto ini, kamu akan menemukan irisan daging sapi yang lembut, tauge, dan bawang goreng yang bikin rasanya makin komplit. Kuahnya kuning dan gurih karena terdapat rempah-rempah yang bikin cita rasanya unik.

Kamu masih merasa kurang? Boleh banget tambahkan perkedel kentang, usus, empal daging sapi, babat, bahkan sambal goreng tempe biar semakin sedap! Setiap suapan Soto Kutilang bakal mengajak kamu merasakan petualangan rasa yang bikin nggak bisa berhenti nyicip. Gimana, udah ngiler belum?

2. Soto Pacitan

Soto Pacitan
Soto Pacitan | Sumber: cookpad.web.id

Bahan utama dari Soto Pacitan adalah daging ayam yang dimasak hingga empuk. Berbeda dengan soto lainnya yang memiliki kuah pekat, soto ini justru memiliki kuah yang bening. Dengan bahan lainnya seperti bihun, kol, dan kacang menjadikan Soto Pacitan ini sangat nikmat untuk dicicipi saat kita berkunjung ke Jawa Timur. Jangan lupa, tambahkan kerupuk dan perasan jeruk nipis untuk mendapatkan sensasi yang lebih segar, ya!

3. Pecel Blitar

Pecel Blitar
Pecel Blitar | Sumber: hotelpatriablitar

Meskipun Pecel Blitar ini hampir sama dengan pecel lainnya, yang memiliki bahan utama seperti kangkung, kacang panjang, dan tauge, namun yang membedakan adalah penjual Pecel Blitar biasanya memasukan kencur ke dalam pecel. Tidak lupa juga sebagai pelengkap, Pecel Blitar harus dimakan dengan ulekan sambal kacang yang sangat nikmat, ya! Kamu bisa mencoba kuliner ini dengan harga sekitar Rp8 ribu saja, lo!

4. Nasi Lodho

SohIB, ngomongin soal kuliner khas Tulungagung, kamu wajib banget nyoba Nasi Lodho! Kalau dilihat dari penampilannya, nasi ini mirip kari ayam, tapi bedanya ada di cara pembuatannya yang unik. Sebelum dimasak, ayam akan dipanggang terlebih dahulu agar semakin lezat. Nah, setelah itu, ayamnya akan dimasak bersamaan dengan bahan lainnya.

Proses pemanggangan inilah yang membuat Nasi Lodho berbeda dari kuliner lainnya. Selain itu, Nasi Lodho juga punya kelebihan sebagai kuliner khas Tulungagung, lo, yaitu kuahnya sangat pedas serta terdapat dua jenis, yang kental dan cair. Meskipun berbeda, tapi kedua kuah ini memiliki cita rasa yang bisa membuat kamu ketagihan! Jadi kamu harus coba Nasi Lodho saat ke Jawa Timur ya, SohIB!

5 Resep Masakan Lebaran Variatif, Nikmat dan Mudah Dibuat!

5. Orem-Orem

Kuliner terakhir yang akan kita bahas adalah Orem-orem yang merupakan salah satu masakan khas dari Malang yang menggugah selera. Makanan ini terbuat dari irisan tempe yang digoreng dan ayam yang diolah dengan kuah santan yang kental.

Dalam penyajiannya, orem-orem disajikan dengan irisan ketupat, tempe, dan tauge, yang kemudian disiram dengan kuah santan yang lezat. Yang membuat orem-orem ini unik adalah cara memasaknya yang menggunakan bahan bakar arang dan menggunakan tempe khas Malang sebagai bahan dasarnya. Proses memasak dengan arang memberikan aroma dan cita rasa yang khas pada hidangan ini, sehingga membuatnya semakin istimewa. Mmmm, nikmat banget!

Nah, itulah 5 kuliner khas Jawa Timur yang wajib banget kamu cicipi saat berlibur ke sana, SohIB! Dari aroma sedap hingga cita rasa yang menggugah selera, makanan-makanan ini akan memanjakan lidahmu dan memperkaya pengalaman kulinermu di Jawa Timur. Semua kuliner ini pasti akan membuat kamu kenyang dan puas! Selamat mencoba, SohIB!