8 Aktivitas di Tahun Baru yang Bisa Kamu Lakukan, Tetap Seru, kok!

8 Aktivitas di Tahun Baru yang Bisa Kamu Lakukan, Tetap Seru, kok!

Pemandangan kembang api dari jendela kamar sangatlah indah | Sumber: Unsplash (Ameer Basheer)

Tahun baru 2024 segera datang. Adakah di antara kamu yang sudah tahu mau melakukan apa di malam pergantian tahun baru? Saat ini, di beberapa media massa sudah berseliweran informasi mengenai tempat-tempat menyenangkan di setiap kota untuk SohIB bisa menghabiskan momen indah tersebut bersama keluarga atau teman. Kalau kamu, tim stay di rumah aja atau pergi keluar, nih?

Kali ini, kita akan sama-sama membahas tentang 6 aktivitas seru yang bisa kita lakukan di malam tahun baru! Siapa tahu bisa menjadi ide kamu yang masih stuck mencari kegiatan menarik di waktu yang hanya satu tahun sekali tersebut. Udah penasaran belum?

1. Membuat Resolusi Bareng Sahabat

Merancang resolusi tahun depan adalah kegiatan yang paling lazim dilakukan semua orang. Selain membuat kita lebih bersemangat menyongsong hari-hari baru, rasanya sangat menyenangkan bukan, mempunyai tujuan yang lebih terarah?

Poin pertama ini nggak hanya diisi dengan membuat wishlist impian saja, tetapi juga untuk self-reflection. Berikut adalah daftar pertanyaan refleksi diri yang SohIB bisa ikuti:

  • Apa saja resolusi yang belum tercapai tahun ini?
  • Mengapa bisa gagal?
  • Apa yang sudah baik dan perlu dipertahankan?
  • Kekurangan diri yang perlu diperbaiki?
  • Cara agar bisa memenuhi target?
  • Hal yang disukai?
  • Barang yang ingin dibeli?
  • Manajemen keuangan?
Baca juga: 5 Tips Membuat Resolusi di Tahun 2023, Siap Jadi Pribadi Baru!

2. Video Call dengan Orang yang Jauh

video call bersama keluarga
Kamu bisa menghabiskan waktu pergantian tahun dengan video call bersama keluarga | Sumber: Unsplash (Visuals)

Bagi anak perantauan yang jauh dari keluarga dan teman lama, terkadang kesendirian membuat kita benar-benar memahami betapa bermaknanya momen saat bersama mereka. Oleh sebab itu, apabila kamu tidak berencana pergi keluar atau menghabiskan malam pergantian tahun dengan teman sekitar, manfaatkan waktu tersebut untuk kumpul keluarga dan sahabat secara virtual.

Ini adalah keuntungan SohIB yang hidup di era teknologi canggih. Bersua dengan mereka yang tinggal jauh dari kita bukan lagi sebuah kesulitan. Jangan lupa, ucapkan terima kasih dan harapan baikmu kepada orang tua dan orang-orang yang telah menyayangimu. Bila perlu, siap-siap tissue dulu kalau nanti jadi terharu.

3. Masak Memasak di Rooftop atau Pantai

Masak-masakan dan makan bersama adalah aktivitas tahun baru menyenangkan yang sering menjadi pilihan. BBQ-an atau membakar daging dan steak merupakan menu yang paling favorit untuk dinikmati. Selain terbilang cukup mudah, perintilannya juga tidak terlalu banyak. Tentu saja, itu adalah hidangan yang juga terbilang wah bagi sebagian orang.

Untuk yang kurang tertarik masak, kamu dapat mempertimbangkan layanan pesan-antar dari restoran atau online platform. Tambahkan juga beberapa snack dan dessert enak sebagai makanan pencuci mulut.

Oiya, tempat rekomendasi untuk memasak bisa dilakukan di pantai yang udaranya terbuka, rooftop dengan view ciamik, halaman rumah, bahkan di dapur juga sudah cukup. Apapun itu, pemandangan terbaik yang sebenarnya adalah tawa orang-orang yang menghabiskan waktu bersamamu di malam itu. Dijamin, pergantian tahun baru bakalan berkesan seumur hidup!

4. Menyaksikan Film

Sebagai anak introvert atau tertutup, merayakan momen new year sendirian bukanlah sesuatu yang menyedihkan, malahan lebih nikmat! Kegiatan yang bisa kamu pilih juga masih beragam, lo! Menonton film seru di laptop, memesan makanan online, dan begadang hingga pagi sudah lebih dari cukup dan membahagiakan, bukan?

Agar suasana lebih syahdu, berikan penerangan yang remang-remang di area kamar dan biarkan penerangan dari luar jendela yang menjadi sumber cahaya. Jangan lupa, rapikan terlebih dahulu ruanganmu agar lebih nyaman. SohIB lagi suka film apa, nih? Komen di bawah, dong!

5. Staycation Ala-ala

Jika kamu menginginkan suasana yang baru dan berbeda (seperti tema perayaannya, tahun yang baru), melakukan staycation ala-ala dapat menjadi pilihan yang worth it. Mau berlibur dengan keluarga, teman, ataupun sendiri, tentunya nggak akan mengurangi keasyikannya, kok! Bahkan, nggak jarang pula, hotel atau tempat wisata kita menginap mempunyai atraksi khusus di tahun baru.

Usahakan sudah mencari tempat tinggal jauh-jauh hari sebelum new year tiba. Sebab, selain harganya bisa jadi melambung tinggi, hotel dan penginapan biasanya sudah full-booked di high season seperti itu. 

Baca juga: 6 Tren Paling Viral Tahun 2022, Ada NFT sampai Citayam Fashion Week

6. Karaoke

karaoke membebaskan ekspresi
Karaoke adalah kegiatan yang menyenangkan, lo! | Sumber: Unsplash (Brandi Alexandra)

Karaoke adalah kegiatan yang seru untuk melepaskan stress, berekspresi secara bebas, meningkatkan keterampilan olah vokal, dan juga membahagiakan. Kamu nggak perlu khawatir ada yang akan mengejek suaramu, karena saat bernyanyi seperti ini, setiap orang hanya ingin bersenang-senang.

7. Tukar Kado

Hampir semua pasti senang bukan, mendapatkan gift? Salah satu cara kita mengapresiasi diri dan orang lain adalah dengan memberikan kado, meskipun bukan yang utama. Mau itu yang disukai ataupun kurang perlu, penghargaan seperti ini tetap meninggalkan kesan bagi yang menerima.

Bertukar kado bukan berarti harus yang mahal atau limited edition. Untuk mengukur budget, kamu bisa mengusulkan maksimal harga barang yang akan dihadiahkan. Selain menghindari adanya rasa iri jika mendapatkan “yang lebih bagus”, hal itu juga tidak membebani peserta tukar kado yang lain.

8. Menyaksikan Kembang Api

menyaksikan kembang api
Siapa yang senang melihat perayaan kembang api saat new year? | Sumber: Unsplash (Arthur Chauvineau)

Di spot-spot tertentu di setiap kota, biasanya pemerintah setempat atau kolaborasi komunitas dengan pihak lain suka menyelenggarakan pertunjukkan kembang api ketika jam sudah nyaris menunjukkan pukul 12 malam tanggal 31 Desember.

Di saat itulah selain suara teriakan orang sedang menghitung mundur terdengar, letusan beragam fireworks yang indah dinyalakan. Beberapa orang akan merasa terharu, sebab akhirnya mampu menyaksikan pemandangan menakjubkan seperti ini.

Poin terakhir ini sangat bisa kamu nikmati, bahkan nggak sulit menemukan tempat yang bisa menyediakan hal tersebut. SohIB dapat mendatangi pusat-pusat kota yang mengadakan pesta kembang api atau memilih lokasi di sekitar rumah yang berpemandangan langit bersih untuk melihat fireworks dari kejauhan.

Baca juga: 12 Makanan Paling Viral Tahun 2022, Kamu Pernah Coba?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)