Membangun Sikap Generasi Muda Akan Masa Depan

Membangun Sikap Generasi Muda Akan Masa Depan

Generasi Pemuda Desa

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohIBBerkompetisiArtikel 

Sebagai manusia yang hidup didunia ini memang perlu adanya rasa kepedulian antar sesama. Hal ini memang sudah sepatutnya dilakukan oleh kita sebagai makhluk sosial. Terlebih lagi bagi negara yang mempunyai berbagai keberagaman suku, budaya, agama inilah menjadi tantangan tersendiri untuk bagaimana dapat membanguan rasa kepedulian antar sesama. Akan terasa indah ketika hal ini bisa menjadi salah satu sikap yang bisa selalu ada disetiap langkah setiap orang. Namun, kenyataan dilapangan terkadang tidak sesuai apa yang menjadi keinginan kita. Justru masih banyak orang yang sekedar mementingkan diri sendiri dan tidak mau berurusan dengan kondisi sekitar. Sehingga dari sinilah menjadi salah satu pertanyaan akan identitas seseorang akan sikap peduli terhadap sekitar.

Begitupun dengan berkembangnya industri dibidang teknologi yang sekarang sudah berkembang sangat pesat, dimana setiap orang dengan mudahnya mengakses sesuatu menjadi lebih mudah. Bahkan dengan adanya perkembangan teknologi ini tidak hanya dirasakan bagi kaum dewasa, namun juga sangat dirasakan sekali bagi anak-anak muda di zaman sekarang. Bahkan, anak muda sekarang sudah mulai mempunyai pendapatan sendiri dari hasil yang didapatkan dari memanfaatkan teknologi yang ada. Walaupun sejatinya tidak semua anak muda dapat memanfaatkan hal ini dan hanya beberapa orang saja yang benar-benar mempunyai usaha untuk bisa mendapatkannya. Namun, sebenarnya bukan sekedar bagaimana seseorang bisa mempunyai keahlian tertentu dan sesuatu yang didapatkan hanya untuk pribadi. Hal ini menjadi sebuah pertanyaan seseorang akan bagaimana sesuatu itu bisa bermanfaat bagi orang sekitar dan mungkin juga bisa bermanfaat bagi bangsa ini. Hal ini juga menjadi salah satu evaluasi bagi kita semua, agar bagaimana setiap manusia punya kesadaran dan kepedulian bagi orang sekelilingnya. Diharapkan dengan adanya sikap baik itu, bangsa ini tidak perlu banyak berpikir lagi bagaimana kondisi perkembangan bangsa dimasa depan.

Kegiatan Kepedulian Pemuda Desa (Dokumentasi Pribadi)

Bangsa ini akan semakin tumbuh dan berkembang dengan baik, apabila generasi mudanya juga punya jiwa pemikiran untuk masa depan bangsa. Menumbuhkan jiwa pemikiran akan masa depan, rasanya tidak hanya sekedar diucapkan saja. Melainkan bagaimana pemuda itu sudah mulai melakukan sesuatu yang bermanfaat, walaupun hal itu dalam bentuk kecil. Terlebih lagi, sesuatu yang dilakukan sudah mulai diterapkan dalam bentuk kepedulian antar sesama yang berada dilingkungan sekitarnya. Contoh bentuk kepedulian yang bisa dilakukan adalah mendukung produk lokal indonesia, menjadi pengguna internet dan media sosial yang baik, melakukan kegiatan sosial, menjadi relawan, menjaga dan merawat kebersihan lingkungan bersama, serta bentuk kepedulian lainnya yang sekiranya diawali dengan hal kecil terlebih dahulu. Adanya bentuk kepedulian yang mulai ditumbuhkan, diharapkan nantinya bisa menjadi suatu kebiasaan kedepannya.

Kegiatan kepedulian Pemuda Desa (Dokumentasi Pribadi)

Untuk memulai membangun sikap generasi muda dalam hal kepedulian itu sebenarnya sudah ada beberapa orang atau komunitas yang menerapkan hal ini. Namun, secara dilapangan memang masih belum begitu menyeluruh atau belum begitu maksimal dalam mengelolanya. Sepertinya halnya, kegiatan organisasi sosial kepemudaan desa yang dapat dikatakan sudah baik sekali secara gambaran program kerjanya. Dimana mereka berkembang dan tumbuh atas dasar kesadaran, kepedulian dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat. Hal itu sebenarnya sudah menggambarkan bahwa pemuda generasi ini sebenarnya sudah mulai menumbuhkan jiwa kepedulian dan memberikan sumbangsih kepada negara ini. Namun sekali lagi, kenyataan dilapangannya masih belum begitu merata secara aksinya. Terkadang beberapa anggota didalamnya masih belum begitu paham akan esensi apa yang terkandung dalam organisasi ini. Ketika sesuatu ini dapat dilakukan mulai dalam lingkup kecil dan dilaksanakan dengan baik. Semestinya kedepannya akan menjadi suatu hal yang baik dimasa depan. Dan ini akan menjadi perhatian bagi kita semua untuk bisa bekembang dan tumbuh bersama.

Pemuda Desa (Dokumentasi Pribadi)