Membangun Generasi Muda Berpendidikan Sebagai Investasi dimasa Yang Akan Datang

Membangun Generasi Muda Berpendidikan Sebagai Investasi dimasa Yang Akan Datang

Pentingnya pendidikan terhadap investasi generasi masa depan . Sumber foto by @nadiemmakarim n

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohIBBerkompetisiArtikel

Generasi muda merupakan generasi penerus bangsa, bangsa akan maju jika para pemuda Indonesia memiliki karakter Nasionalisme. Sebaliknya apabila para pemuda Indonesia mengalami merosotnya sikap Nasionalisme maka akan rusak generasi muda tersebut.

Sumber foto instagram: @nadiemmakarim

Generasi muda sebenarnya bisa disebut investasi bangsa Indonesia , karena generasi tersebut yang akan meneruskan perjuangan para pahlawan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia setelah kita menua dimasa yang akan datang. Untuk itu Indonesia membutuhkan para pemuda yang unggul , untuk menciptakan generasi yang unggul maka diperlukannya perhatian khusus dari pemerintah, masyarakat dan keluarga tentang kebijakan pembangunan yang memproritaskan pendidikan sebagai investasi di masa depan.

Sumber foto instagram :@nadiemmakarim

Adapun pendidikan yang dimaksudkan adalah pendidikan karakter, pendidikan akademik dan pendidikan kewarganegaraan. Pendidikan karakter dapat diajarkan melalui dari lingkungan terkecil seperi keluarga, lingkungan masyakat, lingkungan sekolah dan lingkungan bangsa bernegara. Pendidikan ini bertujuan dapat mengembangkan kepribadian yang memiliki karakter tangguh, mandiri bertanggungjawab dan kuat untuk masa depan sebagai Investasi menuju generasi emas. Para anak muda Indonesia harus ikut berkontribusi dalam upaya prembangunan Indonesia sebagai Negara berkembang. Selain pendidikan karakter adapun penunjang Investasi masa depan adalah pendidikan kewarganegaraan dan pendidikan akademik. Pendidikan Kewarganegaraan secara umum memiliki misi membentuk pendidikan moral bangsa , menjadi warga Negara yang memiliki kecerdasan tingkat tinggi, sebagai Negara demokratis, berahklak mulia sesuai dengan pancasila dan melestarikan serta mengembangkan impian Negara demokrasi untuk membangun karakter anak bangsa. Untuk memaksimalkan anak muda sebagai investasi dimasa depan , maka pendidikan akademik bisa dimulai sejak anak usia dini, sebagai program investasi berkelanjutan yang berhubungan dengan kelangsungan hidup Negara , bisa dilakukan dari program pendidikan usia dini , pendidikan dasar, pendidikan menengah pertama dan atas, bahkan jika memungkinkan pendidikan perguruan tinggi. Dengan adanya pendidikan yang diperoleh diharapkan generasi muda bisa membangun Indonesia yang lebih baik dan arah yang lebih jelas .

Untuk itu Pemerintahan Indonesia diharapkan dapat memfasilitasi sarana dan prasarana seluruh pendidikan Indonesia dari Sabang hingga ujung timur Merauke. Karena untuk saat ini Indonesia masih sangat banyak daerah-daerah terpencil yang belum bisa mengakses pendidikan secara maksimal.

Sumber foto instagram : @nadiemmakarim 

Faktor tersebut yang menyebabkan kurang meratanya pendidikan Indonesia, antara lain adalah kemiskinan , rendahnya kualitas pengajar atau guru, SDM (Sumer daya manusia) dan kurang lengkapnya sarana dan prasarana yang memadai . Hal ini sangat disayangkan, karena bagaimanapun juga generasi tersebutlah yang akan menjadi penerus bangsa dan menjadi ujung tombak bangsa Indonesia Bukan hanya pemerintah yang bisa mengatasi bagaimana upaya cara meningkat pendidikan generasi muda sebagai investasi dimasa depan, masyarakat kecil kita juga bisa mngatasi hal tersebut dengan membantu mengambil peran kecil seperti terapkanlah dalam diri sendiri menyadari bahwasanya pendidikan merupakan hal yang penting untuk diraih, dan mempunyai pikiran terbuka. Selain itu jika kita sebagai orang tua sudah pastinya harus mendukung dan mempersiapkan pendidikan sang buah hati untuk kehidupan masa depan. Generasi muda mulai saat ini harus sudah menyiapkan diri untuk masa yang akan datang, baik itu dalam segala hal, seperti mental, pendidikan dan masih banyak lainnya. Bahkan Menteri Pendidikan , Kebudayaan , Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengumumkan agenda proritas bidang pendidikan dan kebudayaan yang akan didorong pemerintah Indonesia, melalui kepemimpinan Kementrian Pendidikan , Kebudayaan , Riset, dan Teknologi pada perhelatan G20 yang mengusung tema Recover Together,Recover Stonger . Yang artinya bisa dibilang pendidikan mempunyai peran sangat penting dalam generasi muda sebagai investasi masa depan, karena dengan pendidikan investasi tersebut menghasilkan generasi emas bangsa.