Bangun Pagi: Langkah Awal Perbaiki Kesehatanmu!

Bangun Pagi: Langkah Awal Perbaiki Kesehatanmu!

Bangun Pagi | Pexels.com (2021) Miriam Alonso

Semangat Pagi, SohIB!

Apakah di antara kamu ada yang tipe early bird person alias merasa lebih produktif di pagi hari, sehingga sering bangun di pagi hari? Sebagian orang mungkin juga ada yang cenderung night owl person. Artinya, dia memang lebih produktif di malam hari dan suka begadang.

Namun, kita perlu mengetahui bahwa dampak berkepanjangan dari begadang adalah merusak organ di dalam tubuh, terutama otak, yang mengalami penurunan se-persekian persen. Mengapa?

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tubuh perlu istirahat di malam hari dalam memperbaharui dan menggenerasikan jaringan maupun sel baru. Para dokter juga menyarankan untuk beraktivitas secukupnya pada malam hari sebelum tidur. Kemudian, manfaatkan waktu di pagi hari untuk beraktivitas fisik, seperti berolahraga, bekerja, belajar, memasak, dan sebagainya.

Lantas, mengapa perlu bangun pagi? Artikel ini akan membahas kebaikan bangun pagi bagi SohIB.

Tidak Ada Salahnya Bangun Pagi

bangun pagi
Bangun tidur di pagi hari | Pexels.com (2021) Ekaterina Bolovtsova

Bangun harusnya pagi kalau rezeki tidak mau dipatok ayam.

Apakah kamu pernah dengar kalimat tersebut? Dari zaman ke zaman, pesan dari leluhur tersebut sering disampaikan oleh orang tua ke anak cucunya, hingga sering terngiang dalam benak.

Bangun pagi itu penting, sebab kinerja tubuh paling optimal terjadi pada pagi hari, di mana biasanya digunakan untuk beraktivitas. Bagi karyawan yang mempunyai kepentingan di pagi hari, disarankan bangun lebih awal.

Di dunia medis, bangun pagi terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan migrain, sehingga baik bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Bangun lebih awal juga bisa membantu kita untuk menyelesaikan tugas yang tertunda sebelumnya dan menumbuhkan inisiasi utnuk mencicil tugas di hari ke depan.

Dengan begitu, kita terlatih untuk tidak suka menunda waktu. Semakin menghargai waktu, semakin terselesaikan tugas demi tugas.

Selangkah untuk Bangun Pagi

Niat hati ingin bangun pagi, tapi mulai dari mana? SohIB bisa memulai untuk memperbaiki jam tidur dengan cara melakukan peregangan ringan, membaca buku, dan menghindari penggunaan smartphone 2 jam sebelumnya.

Melemaskan otot kepala, tangan, dan kaki dengan gerakan yang ringan bisa memberikan relaksasi pada otot tegang setelah beraktivitas seharian. Membaca buku juga bisa kamu pilih sebagai aktivitas yang baik sebelum tidur. Namun, usahakan untuk menikmati cetak, bukan buku elektronik. Pilih buku apapun yang kamu sukai.

Kamu juga dapat mengatur alarm di smartphone untuk memastikan pukul berapa ingin bangun. Saran baik lainnya adalah pilih nada dering alarm yang tidak terlalu mengagetkan, seperti suara alam dan ayam berkokok. Tidak terlalu bising, tetapi cukup mudah untuk membangunkan dirimu.

Untuk menyiasati diri kita agar bangun sepenuhnya, SohIB dapat meletakkan smartphone pada posisi yang agak jauh dari tempat tidur. Tujuannya untuk memancingmu bangun pada esok hari. Tidur yang berkualitas mempunyai durasi 7 hingga 8 jam bagi orang dewasa produktif. Beristirahat lebih awal juga dapat mengurangi gejala banyak pikiran atau overthinking dari pertanyaan duniawi.

Sudah Bangun Pagi, tetapi Masih Merasa Capai

Rencana bangun pagi sudah terlaksana, tapi kadang masih merasa capek dan kurang segar. Apakah kamu pernah mengalami seperti itu juga? Jika iya, SohIB dapat mengatasinya dengan meminum segelas air hangat untuk menyegarkan tenggorokan saat bangun tidur. Kemudian, susunlah rencana kegiatan yang perlu dilaksanakan dan diselesaikan di hari itu.

Perbaikilah menu sarapan dengan makanan yang bergizi, sehat, dan seimbang. Jika masih memiliki waktu sebelum kerja, manfaatkan waktu tersebut dengan olahraga, seperti jalan kaki, jogging, atau yoga.

Mungkin di awal-awal melaksanakan bangun pagi masih merasa terlalu berat. Namun, SohIB perlu membangun pola pikir bahwa banyak kebaikan dari terbiasa bangun pagi. Dampak positif tersebut bisa dirasakan secara langsung, terutama jika kita konsisten dengan itu.

Kebaikan bangun pagi sangat bermanfaat bagi para pemuda, terlebih bagi kira yang sedang berjuang untuk belajar, mencari rezeki, dan menafkahi keluarga. Bangun pagi merupakan waktu yang baik untuk mempersiapkan diri lebih matang dalam menghadapi tantangan di hari itu.

Mari biasakan memperbaiki dan membangun pola hidup sehat dengan menjadikan bangun pagi sebagai kebiasaan di tengah-tengah lingkungan kurang juga sehat.

“If you get up in the morning and think the future is going to be better, it is a bright day. Otherwise, it’s not.”

– Elon Musk