Belajar dari Drama "True Beauty", Ada Dampak Bully Bagi Korban

Belajar dari Drama "True Beauty", Ada Dampak Bully Bagi Korban

Salah satu adegan romantis di True Beauty | Sumber: YouTube.com

Sebuah drama dari Korea Selatan yang berjudul ‘True Beauty’ kembali bersinar di platform streaming video berbayar, Netflix. Meski sudah rilis sejak tahun 2020 lalu, antusias penonton rupanya tidak pudar. Bahkan, beberapa saat masuk di Netflix pertama kali, drakor tersebut sempat menjajaki posisi 10 besar teratas untuk tayangan paling trending selama beberapa minggu.

Salah satu daya pikat utama disebut-sebut adalah kemunculan pemain utamanya, yaitu Cha Eun Woo ASTRO dan cerita second leader mereka, yakni Hwang In Youp. Mereka dikatakan sebagai duo tampan dan sangat piawai bermain peran di sini. Btw, drama tersebut diambil dari sebuah seri buku komik yang diterbitkan oleh Webtoon dengan judul “The Secret of Angel”. Ada yang sudah membaca?

Self-Deprecation, Humor Buruk Meremehkan Diri Sendiri

Sinopsis Drama “True Beauty”

True Beauty berkisah tentang seorang gadis SMA bernama Im Ju Gyeong (Moon Ga Young) yang sejak kecil merasa tidak percaya diri, lantaran sering diejek berwajah tidak cantik. Ia kemudian tumbuh menjadi remaja yang sering ditindas dan tidak memiliki teman dekat.

Ju Gyeong lebih sering menghabiskan waktunya untuk menekuni hobinya sendiri, yakni membaca komik horor dan mendengarkan musik metal. Meski demikian, keluarganya tidak ada yang tahu kejadian yang menimpa putrinya, sebab ia selalu tampak ceria.

Suatu hari, keluarga Im terpaksa pindah ke rumah lama mereka karena masalah ekonomi. Ju Gyeong yang telah lelah mengalami pem-bully-an sadis, kemudian berusaha mengubah image-nya menjadi gadis yang cantik.

Diketahui, gadis tersebut belajar merawat diri dan menggunakan make up agar lebih terlihat menarik. Usahanya berhasil, sebab di hari pertama ia masuk, banyak yang terpesona oleh kecantikannya dan untuk pertama kalinya, Ju Gyeong mendapatkan teman. Tentu saja, hal tersebut juga dikarenakan dirinya mempunyai kepribadian yang baik dan menyenangkan.

Di sanalah kemudian Ju Gyeong bertemu dengan teman sekelasnya, sosok yang tampan nan dingin, bernama Lee Su Ho (Cha Eun Woo). Tak hanya itu, dia juga tak sengaja mendapatkan ‘masalah’ dengan salah satu murid paling populer sekaligus dianggap badung oleh para guru, Han Seo Jun (Hwang In Youp).

Cerita semakin rumit ketika Ju Gyeong terlibat cinta segitiga dengan kedua pria itu, padahal baik Su Ho maupun Seo Jun diketahui saling bermusuhan yang melibatkan kasus bunuh dirinya seorang penyanyi muda terkenal. Belum lagi, gadis tersebut juga harus berjuang mengatasi trauma besarnya di masa lalu akibat penindasan teman-teman sekolah lamanya dan untuk mencintai dirinya sendiri.

5 Bentuk Self Love yang Kita Tidak Sadari, Lanjutkan!

5 Nilai yang Bisa Diambil dari “True Beauty”

Drakor True Beauty bisa dibilang laris di pasaran. Bahkan, IMDb memberikan rating sebanyak 8/10, lo! Serial dengan jumlah episode sebanyak 16 ini dianggap mampu memberikan banyak nilai moral yang bisa dibagikan oleh para pecintanya, terutama di bagian self-love dan dampak negatif pem-bully-an yang sampai sekarang masih menjadi isu yang nggak bisa dianggap sepele. Inilah 5 moral value yang bisa kamu ambil dari drama bergenre komedi dan romantis!

1. Hargai Perbedaan di Dunia Ini

Diketahui bahwa Im Ju Gyeong memiliki masalah pada wajahnya yang sering kemerahan dan mudah berjerawat. Karenanya, teman-teman SMA di sekolah lama sering mengejek dan menjadikan remaja itu sebagai ‘budak’. Di sisi lain, ada juga pak guru Han Jun Woo yang merasa alisnya tipisnya kurang sempurna dan sering ditutupinya dengan poni rambut.

Tuhan telah menciptakan manusia dengan berbagai perbedaan. Ada yang berkulit terang, gelap, berambut coklat, pirang, berwajah sipit, bermata lebar, dan lainnya. Namun, semuanya adalah hal yang indah dan patut kita hargai. So, jangan kamu gunakan standar kecantikanmu sendiri untuk menilai seseorang dan menjadikan mereka merasa dikucilkan karena itu.

2. Cinta yang Hebat adalah yang Mampu Membuatmu Merasa Berharga

Baik Han Seo Jun ataupun Lee Su Ho sama-sama mencintai Ju Gyeong sepenuh hati. Keduanya sendiri adalah pemuda populer yang disukai gadis-gadis cantik. Akan tetapi, mereka tidak peduli meskipun wajah Ju Gyeong tanpa riasan dianggap banyak orang tidak menawan. Sebab, bagi Seo Jun dan Su Ho, kebaikan hati wanita tersebutlah yang membuat mereka terpesona.

Malahan, rasa cinta mereka terhadap Ju Gyeong bisa dibilang melebihi cinta Ju Gyeong pada dirinya sendiri, nih! Banyak sekali adegan di mana cewek tersebut merasa nggak sempurna, tetapi berhasil dihibur dan dikuatkan kembali oleh dua pria tampan itu. Duh, jadi baper nggak, sih?

Dari sini, kita bisa belajar bahwa relationship yang sehat adalah hubungan yang keduanya saling memahami, menjaga, dan menerima kondisi masing-masing. Cinta yang hebat adalah cinta yang mampu membuatmu menjadi berharga, meskipun dirimu sendiri terkadang belum menyadarinya. Hal inilah yang membuat Ju Gyeong jadi lebih percaya diri dan berani tampil tanpa make up di sekolah barunya.

3. Mencintai Diri Sendiri Itu Penting

Lim Ju Gyeong mungkin tidak akan pernah tahu, bahwa ia memiliki banyak potensi, seperti menjadi foto model dan perias wajah. Namun, itu semua tertutupi, sebab dia hanya fokus bagaimana cara untuk tetap ‘hidup’ dengan wajah yang buruk rupa. Lim baru mulai menyayangi dirinya setelah pindah ke sekolah baru, mendapatkan cinta, dan lingkungan yang lebih sehat.

Di antara cinta yang ada di dunia, salah satu yang jauh lebih penting adalah cintailah dirimu sendiri. Ingat, tidak ada yang benar-benar bisa menolong diri kita selain diri sendiri. Orang lain, mau sebaik apapun ‘hanyalah’ perantara. Selama kita sendiri nggak mau diberikan bantuan dan sibuk menyalahkan diri, yah… akan lebih sulit bukan? Mulai dari sekarang, yuk, lebih concern dengan self-love!

4. Jangan Lakukan Penindasan Kepada Temanmu!

Di masa lalu, Ju Gyeong mendapatkan kekerasan mental dan fisik yang sangat parah akibat ulah teman-temannya. Tak hanya itu, meskipun tidak semua jahat, murid lain yang melihat kejahatan tersebut hanya diam saja atau tidak berani menolong. Hal ini menyebabkan perlakuan buruk sekelompok siswi terhadapnya semakin brutal.

Tindakan bully dalam konteks dan alasan apapun tidak akan pernah dibenarkan. Sebab, efek negatif yang dirasakan pelaku bisa jadi berkepanjangan tanpa kita semua sadar. Banyak lo, para pelaku kriminal yang melakukan kejahatannya karena trauma kekerasan di masa lampau. Hal tersebut membuat mereka melakukan hal yang sama, entah untuk alasan balas dendam, kepuasan, ataupun lainnya.

Seorang pelaku bully mungkin saja sudah lupa atau bertaubat dengan perbuatannya. Namun, dia mungkin tidak tahu, apakah korbannya juga sudah move on atau malah menjadi penyakit hati yang berkepanjangan. Efek buruknya bisa sangat melebar ke mana-mana. So, think twice if you won’t regret that!

5. Fitnah Itu Lebih Kejam Daripada Pembunuhan

Jung Se Yeon adalah penyanyi muda yang sedang naik daun sekaligus sahabat kesayangan Han Seo Jun dan Lee Su Ho. Namun, Se Yeon dituduh sebagai penindas oleh publik, yang menyebabkan dirinya terpuruk dan depresi. Fitnah tersebut mengantarkan penyanyi tersebut di titik paling rendah dalam hidupnya dan memutuskan untuk bunuh diri.

Kematiannya meninggalkan duka yang mendalam, terutama pada kedua sahabatnya. Bahkan, Su Ho pernah berkata, “Tidak ada yang bisa kau lakukan untuk orang mati. Jadi, jangan mati,” ketika melihat seorang gadis muda (Ju Gyeong) nyaris mengakhiri hidupnya.

Hikmah yang bisa kita ambil dari sini adalah jangan biarkan diri kita menjadi salah satu rantai kabar burung bisa tersebar. Sebab, kalau berita itu benar-benar fitnah semata, kamu juga bisa dibilang menjadi salah satu kontributor atas kehancuran hidup orang yang dituduh. Ih, serem, ya? Diam itu lebih baik. Namun, bila kamu bisa memfilter berita yang beredar dan turut mempengaruhi orang untuk menciptakan lingkungan yang sehat juga, itu akan lebih baik lagi.

7 Alasan Cyberbullying Itu Buruk, Stop Lakukan!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)