11 Rekomendasi Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan, Berikut Penjelasannya!

11 Rekomendasi Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan, Berikut Penjelasannya!

Seorang Pria Melakukan Jogging | Pexels (pexels.com)

#SobatHebatIndonesiaBaik #jadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi  

Memiliki berat badan yang ideal merupakan dambaan banyak orang. Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat menurunkan berat badan, salah satunya dengan melakukan olahraga secara rutin. Ada banyak jenis latihan fisik yang dapat mendukung program penurunan berat badan.

Seperti yang sering dibicarakan, olahraga bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan memperkuat tulang.  Di sisi lain, aktivitas tersebut juga bisa membuat mood seseorang menjadi lebih baik sehingga lebih bersemangat dalam berkegiatan sehari-hari.

Tahukah kamu, beberapa jenis olahraga di bawah ini sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan? Yuk, intip beberapa rekomendasi jenis olahraga yang bisa SohIB lakukan!

1. Lari

Lari merupakan salah satu jenis olahraga yang tak hanya murah meriah, tetapi juga sangat mudah untuk dijalankan. Lakukan secara rutin dengan durasi minimal 30 menit per hari.  Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan aktivitas yang bagus dan gampang. Kamu bisa melakukannya kapan saja karena tidak membutuhkan perlengkapan khusus. Dilansir dari Astronauts, hasil riset membuktikan bahwa jalan kaki selama 30 menit mampu membakar 167 kalori di dalam tubuh.

Begitu juga saat kamu melakukan jogging. Pada durasi yang sama, jenis olahraga ini  bahkan bisa membakar lebih banyak kalori, yaitu antara 300 hingga 379 kalori. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk rajin melakukan kedua jenis olahraga tersebut.

Jika kamu rutin melakukannya, perlahan demi perlahan, SohIB bisa mulai menambah durasi. Dengan demikian, semakin banyak jumlah kalori yang terbakar dan semakin cepat untuk mendapatkan tubuh ideal.

3. Lompat Tali

Jenis olahraga ini memang terlihat sederhana, tetapi sangat bermanfaat, terutama bagi kamu yang sedang diet. Lompat tali ini sangat efektif untuk membakar kalori dalam jumlah banyak seperti halnya jogging.

Namun, dalam melakukan latihan ini tidak boleh dipaksakan. Pada latihan pertama, kamu bisa memulainya dengan durasi pendek, misalnya 5 menit. Jangan lupa untuk memberi jeda sebelum meningkatkan durasi latihan hingga mencapai target yang diinginkan.

4. Berenang

Berenang juga bagus untuk membantu mendapatkan badan yang langsing dan sehat. Apalagi, jika kamu rutin melakukan latihan setiap hari. Latihan tersebut juga bisa membantu membakar kalori pada tubuh

5. Bersepeda

Bersepeda merupakan aktivitas yang seru dan menyenangkan. Terlebih lagi jika dilakukan secara bersama-sama. Tahukah kamu, bersepeda juga dapat mengurangi berat badan? Bahkan, bila dijalankan secara rutin bisa meminimalisir risiko terkena berbagai penyakit berbahaya.

6. Senam Aerobik

Bagi yang sedang mengikuti program diet, senam aerobic menjadi alternatif terbaik untuk mendapatkan berat badan ideal. Di samping itu, program ini  juga memiliki efek positif bagi kesehatan jantung dan juga pernapasan.

7. Pilates

Pilates merupakan versi modern dari yoga, yang mana gerakan kedua jenis olahraga tersebut mirip. Latihan fisik ini lebih berfokus pada penguatan tubuh. Caranya yaitu mengombinasikan berbagai macam pernapasan dalam dengan gerakan lambat.

8. Yoga

Olahraga yang satu ini dapat dilakukan sendirian tanpa instruktur. Kamu bisa memanfaatkan video tutorial di YouTube. Banyak manfaat melakukan yoga, selain menurunkan berat badan, juga bagus untuk kesehatan mental, mengontrol nafsu makan, dan lain sebagainya.

9. Naik Turun Tangga

Kamu juga dapat memanfaatkan tangga di rumah sebagai sarana untuk berolahraga. Naik turun tangga menajdi salah satu alternatif yang dapat membantu penurunan berat badan, lo, terutama bagi kamu yang menjalani program diet.

10. Squat

Kegiatan yang satu ini selain bersifat ringan, juga bisa membakar kalori, serta mencegah terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh. Dikutip dari Halodoc, berat badan seseorang akan turun signifikan jika melakukan 3 set atau 12 hingga 15 kali pengulangan.

11. Plank

Banyak manfaat apabila rajin melakukan gerakan plank. Selain memperkuat otot, juga bisa membakar lemak dan kalori berlebih di tubuh. Jika ingin memperoleh hasil maksimal, maka SohIB bisa lakukan plank secara rutin.

Setelah mengetahui manfaat dari berbagai jenis olahraga di atas, kini saatnya kamu untuk mempraktekkannya secara rutin. Selain bisa membuat tubuh semakin sehat, SohIB juga akan terhindar dari obesitas. Semangat!