5 Makanan Alami yang Bagus untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

5 Makanan Alami yang Bagus untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Ilustrasi, 5 makanan alami untuk menurunkan kolesterol | Pixabay (Mohamed_hassan)

Siapa nih, SohIB di sini yang sudah mulai khawatir jika mengonsumsi sate kambing terlalu banyak?

Mengonsumsi sate kambing terlalu banyak memang bisa memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh manusia.

Salah satu hal yang patut dikhawatirkan jika mengonsumsi makanan ini terlalu banyak adalah meningkatnya kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Meskipun sate kambing memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, kadar lemak jenuh yang tinggi dalam makanan ini bisa menjadi salah satu penyebab utama meningkatnya kadar kolesterol jahat.

Jika dibiarkan begitu saja, kolesterol jahat ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan manusia, seperti penumpukan plak di pembuluh darah yang bisa menyebabkan kemungkinan untuk terkena penyakit jantung maupun stroke.

Penyakit dengan Klaim BPJS Kesehatan Terbanyak, Jaga Kesehatan, yuk!

Kolesterol tinggi memang menjadi salah satu penyakit dengan jumlah penderita yang cukup banyak di Indonesia.

Berdasarkan data yang disajikan oleh Yankes.kemkes.go.id, 28 persen dari penduduk Indonesia diindikasi menjadi penderita kolesterol tinggi.

Tidak hanya itu, angka kematian yang disebabkan oleh penyakit ini juga terbilang cukup tinggi.

Masih dari laman yang sama, diketahui 7,9 persen orang dari seluruh dunia meninggal akibat menderita penyakit kolesterol tinggi.

Hal ini semakin diperparah karena tidak ada indikasi khusus bahwa seseorang sedang mengalami kadar kolesterol yang tinggi.

Sehingga tidak menutup kemungkinan siapa saja untuk terkena penyakit berbahaya yang satu ini.

Meskipun demikian, kamu tidak perlu khawatir sebab kadar kolesterol ini tetap bisa dikendalikan jika menerapkan pola hidup sehat.

Selain itu, memilih makanan yang tepat juga berpengaruh besar agar kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh bisa terkendali dengan aman.

Berikut ini lima makanan alami yang bisa kamu konsumsi secara rutin agar kolesterol jahat di dalam tubuh bisa terkendali, seperti yang dikutip dari laman Healthline.

Kenali Penyakit Tipes Dan Cara Pencegahannya

1. Buah-buahan

Alpukat, buah yang bagus untuk menurunkan kolesterol | Pixabay (Foodie Factor)

Makanan pertama yang bisa kamu konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat adalah buah-buahan.

Serat yang terdapat dalam buah-buahan bagus untuk menurunkan kolesterol jahat, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.

Salah satu buah yang bagus untuk kamu konsumsi adalah alpukat.

Alpukat yang kaya akan berbagai macam nutrisi, serta memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah menjadi alasan kenapa buah yang satu ini sangat bagus untuk SohIB konsumsi secara rutin.

2. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran | Pexels (Engin Akyurt)

Sayur-sayuran juga bisa menjadi pilihan untuk kamu konsumsi agar kadar kolesterol jahat di dalam tubuh tidak tinggi.

Beberapa jenis sayuran yang bisa kamu konsumsi secara rutin adalah terong, wortel hingga kentang.

Sayur-sayuran tersebut memiliki kadar serat dan antioksidan yang tinggi, serta rendah kalori sehingga bagus untuk mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh.

3. Ikan

Ikan | Pexels (jd garrett)

Beberapa jenis ikan, seperti salmon, tuna, dan ikan makarel merupakan jenis makanan yang bagus untuk mengontrol kadar kolesterol.

Kandungan omega 3 yang tinggi dalam tiga jenis ikan tersebut bagus untuk menjaga kesehatan jantung, serta meningkatkan kadar kolesterol baik yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, kadar omega 3 yang ada di dalam ikan tersebut diketahui juga bagus untuk menurunkan resiko terkena penyakit stroke akibat kolesterol jahat yang tinggi.

Kenali 5 Gejala Awal bagi Para Penderita Diabetes, Awas Sebelum Terlambat!

4. Kacang-kacangan

Kacang almond | Pexels (Kafeel Ahmed)

Kacang-kacangan, khususnya kacang almond dan kacang kenari, juga bisa menjadi pilihan bagus untuk mengontrol kadar kolesterol.

Dua jenis kacang ini diketahui memiliki kadar lemak tidak jenuh yang tinggi.

Selain itu, kacang almond dan kenari diketahui juga memiliki banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti asam amino, kalsium, magnesium dan potasium.

Dituliskan Healthline, sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi dua hingga tiga porsi kacang per-hari diketahui bisa menurunkan rata-rata 10,2 mg/dl kadar kolesterol jahat.

5. Dark Chocolate

Dark chocolate | Pexels (Pixabay)

Makanan terakhir yang bisa kamu pilih untuk menjaga kadar kolesterol jahat adalah dark chocolate.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang rutin meminum dark chocolate dua kali sehari dalam sebulan penuh diketahui mengalami penurunan kadar kolesterol jahat sebesar 6,5 mg/dl.

Selain itu, tekanan darah orang tersebut diketahui juga menurun serta kadar kolesterol baik yang ada di dalam tubuh mengalami peningkatan.

Meskipun demikian perlu diingat bahwa yang bagus untuk dikonsumsi adalah dark chocolate yang murni dari buah kakao langsung, bukan cokelat yang sudah diolah dengan tambahan gula dan campuran lainnya.

Itulah lima makanan alami yang bagus untuk mengontrol kadar kolesterol jahat. Semoga kita terus diberi kesehatan dalam menjalani rutinitas sehari-hari ya, SohIB.