6 Kuliner Legendaris Bandung yang Wajib Dicoba, Ada Rotbak Gempol!

6 Kuliner Legendaris Bandung yang Wajib Dicoba, Ada Rotbak Gempol!

Warung Nasi Bu Eha sejak 1947 | myeatandtravelstory.wordpress.com

Halo SohIB! Siapa di sini yang suka jajan atau berburu kuliner khas setiap traveling? Pastinya kamu salah satunya, kan? Cocok banget! Kali ini kita akan “mampir” ke Kota Bandung di Provinsi Jawa Barat, lo!

Apalagi kalau bukan untuk mencicipi kuliner legendarisnya yang sudah ada sejak dahulu dan masih eksis hingga saat ini. Kuliner legendaris memang sudah dipastikan memiliki cita rasa yang khas dan dijamin enak. Nggak heran juga, sih kalau masih eksis karena tentu hidangan rasanya masih terjaga.

Bagi SohIB yang tinggal atau ingin jalan-jalan ke Bandung, jangan hanya berkunjung ke wisata alamnya yang indah, ya. Sambil menikmati suasana Kota Bandung yang tenang dan bersih serta berkunjung ke wisata alamnya, kamu juga bisa menyantap kuliner legendaris Bandung yang sudah terjamin rasa dan khasnya. Mulai dari makanan berat seperti mi ayam atau rawon, jajanan roti, hingga sensai menyeduh kopi khas Kota Kembang ini. 

5 Menu Kuliner Khas Jawa Barat yang Bikin Ketagihan!

Oh ya, jangan dibayangkan kuliner legendaris Bandung itu hanya dijual di tempat jadul, ya SohIB. Justru kamu dapat memilih nuansa rumah makan tahun 90-an sampai yang kekinian. Dari kuliner legendaris yang dijual di warung-warung, rumah makan sederhana, dan kafe dapat kamu kunjungi. Penasaran ada kuliner legendaris apa saja di Bandung? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Toko You

Mi ayam Toko You
Mi yamien Toko You | gastronomy-aficionado.com

Siapa, sih yang nggak suka mi? Makanan yang memiliki tekstur kenyal, panjang, dan keriting berbahan dasar tepung ini punya penggemar yang luas, lo SohIB. Kamu salah satunya, kan? Pas banget! Bagi SohIB pecinta mi, jangan sampai melewatkan kuliner khas Bandung yang satu ini, yakni hidangan dari Toko You. Kabarnya, toko ini sudah berdiri sejak tahun 1947 yang menjual beragam menu chinese food. 

Mulai dari mi ayam, siomay, pangsit, yamien, rawon, ayam saus mentega, sampai nasi kepiting saus Padang juga ada. Walaupun Toko You menjual menu chinese food, sudah dipastikan makanan dan minuman di sini halal. Dari beberapa ulasan, menu di toko legendaris ini memang enak. Namun, beberapa menunya sudah tidak seenak dulu mungkin karena perpindahan tangan yang terus berganti. Lokasi Toko You di Jalan Hasanudin No.12, Lebak Gede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

2. Lotek Kalipah Apo 42

Lotek Kalipah Apo 42
Lotek Kalipah Apo 42 | GrabID

Sudah puas dengan kuliner bertema mi? Selanjutnya, kita akan ke rumah makan Lotek Kalipah Apo 42. Seperti namanya, rumah makan legendaris Bandung ini letaknya di jalan Kalipah Apo 42, Astanaanyar, Bandung. Bagi SohIB yang belum tahu kuliner ini, lotek merupakan makanan khas Sunda berisi potongan sayur-sayur dan ditumpahi sambal kacang seperti gado-gado. Namun, bedanya lotek menggunakan labu siam, nangka muda, kangkung, tempe, tahu, kacang panjang dan tauge. 

Kelezatan Lotek Kalipah Apo 42 ini sudah tidak diragukan lagi. Meskipun sudah berdiri sejak 1953, bumbu kacangnya masih lezat dan terjaga autentiknya. Benar-benar nagih! Bahkan, rumah makan sederhana dikabarkan tidak pernah sepi pengunjung di saat jam makan siang. Waduh, kira-kira seenak apa hidangan di sini, ya? Jadi, ingin mencicipi langsung rasanya!

Kuliner Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Cicipi Saat Berlibur ke Sana!

3. Warung Nasi Bu Eha

Menu Warung Nasi Bu Eha
Menu Warung Nasi Bu Eha | myeatandtravelstory.wordpress.com

Sama dengan Lotek Kalipah Apo, Warung Nasi Bu Eha juga memiliki cita rasa yang khas sejak tahun 1947. Uniknya, rumah makan yang terletak di Pasar Cihapit, jalan Cihapit No.8A, Cihapit, Kec. Bandung Wetan ini merupakan rumah makanan yang jadi langganan keluarga Soekarno di masa awal kemerdekaan. Saat berkunjung dalam keadaan lapar, kamu bisa langsung mengambil nasi beserta lauk pilihanmu. Soal harga, kamu nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

4. Roti Bakar Gempol

Roti bakar Gempol
Roti bakar Gempol | Sharon Loh

SohIB sudah merasa kenyang? Eits, tapi jangan berhenti jalan-jalan di Bandung dulu kalau belum coba jajanan roti bakar Gempol. Roti bakar legendaris ini dapat kamu kunjungi di jalan Gempol Wetan no. 14, Citarum, Bandung.

Bukan hanya dikenal sebagai roti bakar legendaris yang sudah berdiri sejak 1958, roti bakar Gempol ini memang tetap menjadi salah satu yang terenak di Kota Bandung. Kedai ini menyediakan menu roti bakar asin dan manis. Jadi, tidak bakal bosan. Tertarik mencoba? 

5. BMC (Bandoengsche Melk Centrale)

Variasi menu di BMC
Variasi menu di BMC | Galamedia News

Lanjut lagi ke menu makanan berat daging-dagingan, nih! Bagi kamu yang kalau lapar harus makan hidangan yang berat, datang ke BMC alias Bandoengsche Melk Centrale jadi pilihan yang tepat.

Dilihat dari namanya, restoran ini memang sudah ada sejak zaman Belanda, tepatnya tahun 1928 dengan menu bertemakan daging dan susu. Nggak perlu khawatir jika mengajak orang tua dan adik kecil karena semua menu di sini cocok dicicipi segala usia. Mulai dari yoghurt, roti bakar, sup krim, hingga daging stik.

6. Warung Kopi Purnama

Warung kopi Purnama
Warung kopi Purnama Bandung | Ottencoffee

Nggak mau ketinggalan, kamu juga harus berkunjung ke warung kopi Purnama yang sudah ada sejak tahun 1930. Dulunya, kedai kopi ini dinamai dengan sebutan “chang chong se” yang artinya selamat mencoba.

Bagi kamu yang ingin datang ke sini, menu kopi hitam menjadi salah satu pilihan yang tepat sebagai teman sarapan sambil mencicipi roti bakar dan menikmati suasana Kota Bandung. Jangan lupa abadikan momen dengan berfoto latar belakang kedai kopi yang lawas.

Itu dia deretan kuliner legendaris Bandung yang wajib kamu coba. Tidak hanya enak, tetapi juga menawarkan cita rasa khas dan bahkan nuansa rumah makan tempo dulu. Bagi kamu yang ingin jalan-jalan ke Bandung, jangan sampai melewatkan berburu kuliner legendaris, ya!