Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Sebagian, Yuk Cari Tahu di Sini!

Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Sebagian, Yuk Cari Tahu di Sini!

Ilustrasi keyboard laptop yang tidak berfunsi sebagian | Jazmin Tabuena/corelens

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Laptop merupakan perangkat elektronik dengan frekuensi pemakaian yang terbilang cukup tinggi. Di era globalisasi ini, tentu banyak sekali pekerjaan serta tugas yang harus diselesaikan menggunakan laptop untuk mengetik konsep, menghitung, hingga mendesain sesuatu.

Karena frekuensi pemakaiannya cenderung tinggi, maka dari itu nggak jarang laptop mulai timbul permasalahan-permasalahan kecil hingga besar. Salah satunya masalah pada keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian.

Sama seperti benda elektronik lainnya hasil buatan manusia, laptop juga tentu dapat mengalami kerusakan jika tidak dirawat dan digunakan secara tepat. Secanggih dan semahal apapun laptop tersebut, laptop tetaplah perangkat elektronik yang butuh dirawat.

Sederhana saja, contohnya kamu dapat merawat laptop dengan cara membersihkannya secara rutin, mengelola waktu pengisian baterai secara bijak, dan menyimpannya di tempat yang dapat melindungi dari benturan keras.

Keyboard laptop
Keyboard laptop | Mateusz Taciak/pexels

Nah, kalau SohIB sudah melakukan perawatan dengan bijak secara rutin, tentu laptop akan terasa lebih nyaman dipakai dan jarang terjadi kerusakan. Namun, jika SohIB merasa sudah merawat laptop, tetapi masih saja rusak, jangan dulu khawatir. Mungkin saja, laptopmu terkena benturan atau terjadi konsleting di perangkat bagian dalam, sehingga berpengaruh pada keyboard yang hanya dapat berfungsi sebagian.

SohIB ingin tahu lebih lanjut? Merangkum dari beberapa sumber, yuk simak cara mengatasi keyboard laptop yang hanya berfungsi sebagian di bawah ini!

1. Restart Laptop

Ketika kamu sedang bersemangat menuntaskan pekerjaan, tetapi tiba-tiba keyboard laptop kamu tidak berfungsi sebagian jangan dulu panik, ya! SohIB dapat melakukan cara pertama dengan me-restart laptop. Pastikan menyimpan pekerjaanmu terlebih dulu dan cek kondisi perangkat laptop tidak dalam keadaan panas, kemudian kamu bisa melakukan restart laptop. 

Cara restart laptop atau komputer dipercaya mampu menjadi solusi dari berbagai masalah pada sistem operasi. Namun, jangan terlalu sering dilakukan jika kondisi laptop sedang baik-baik saja, ya SohIB!

Cara Memilih Laptop yang Bijaksana, Sesuaikan dengan Kebutuhan!

2. Bersihkan Debu dan Kotoran pada Laptop

Ilustrasi keyboard laptop yang bersih
Ilustrasi keyboard laptop yang bersih | Tianya1223/pixabay

Kalau SohIB sudah mencoba melakukan restart laptop dan keyboard masih belum bisa berfungsi sebagian, mungkin laptop kamu sedang dalam keadaan kotor. Coba cek kembali kondisi di sela-sela keyboard atau papan tik, apakah banyak debu dan remahan kotoran yang menempel? 

Jika iya, kamu dapat membersihkannya dengan vakum portable khusus laptop atau kuas kering yang ada di rumahmu. Pastikan kamu membersihkan laptop dari debu jangan tunggu rusak, tetapi harus secara rutin, ya SohIB!

3. Periksa Driver Keyboard

Selain karena kondisi papan tik yang kotor, masalah pada driver laptop juga sering menyebabkan keyboard hanya berfungsi sebagian. Hal tersebut bisa terjadi jika terdapat serangan virus saat kamu melakukan pemasangan perangkat lunak dari pihak ketiga. Namun, tidak perlu menyalahkan siapapun. Kamu dapat melakukan cara sederhana melakukan pemeriksaan driver keyboard seperti di bawah ini:

  • Ketik “Device Manager” dalam pencarian “Start Menu”, kemudian buka.
  • Jika “Device Manager” sudah terbuka, periksa apakah ada tanda segitiga kuning. Kalau ada, berarti driver keyboard laptop kamu memang mengalami kerusakan.  
  • Untuk mengatasinya, kamu perlu mengunduh driver terbaru dari situs produsen laptopnya.
  • Kamu juga dapat mencoba mengeklik dua kali pada jenis keyboard yang muncul di bawah bagian “Keyboard” untuk mencari driver yang diperlukan.
  • Kemudian, pilih menu “Driver” dan klik “Update driver” sebagai cara lainnya dalam mengatasi keyboard yang hanya berfungsi sebagian.
5 Aplikasi untuk Mengedit Video di PC atau Laptop, Pilih Mana?

4. Menonaktifkan Filter dan Kunci

Kalau kamu sudah mencoba berbagai cara mengatasi keyboard yang berfungsi sebagai dan sudah tampak kembali normal, terkadang keyboard masih tidak keluar huruf yang diketik. Dengan permasalahan tersebut kamu dapat menonaktifkan tombol tempel, filter, dan alihkan. Caranya, pilih setting > ease of access > keyboard >  nonaktifkan sticky keys, toggle keys, filter keys. Mudah, kan SohIB?

5. Cek Fungsi NumLock 

cek fungsi NumLock
cek fungsi NumLock | iStock photo

Keyboard yang tidak bisa berfungsi sebagian juga dapat disebabkan karena hal sepele. Misalnya karena fungsi NumLock yang mati. Dengan NumLock tidak aktif, tentu menyebabkan berbedanya hasil karakter angka dari yang diketik dan yang muncul.

Tenang saja, kamu bisa mengatur fungsi NumLock aktif maupun nonaktif dengan cara langsung menekan tombol NumLock atau di beberapa laptop harus ditekan bersama tombol Fn.

Itu dia cara mengatasi keyboard laptop yang hanya berfungsi sebagian. Sederhana dan mudah dilakukan, ya SohIB! Di antaranya dengan melakukan restart, membersihkan debu dan kotoran laptop, dan memeriksa driver keyboard.

Selain mengatasi permasalah pada laptop kamu, jangan lupa untuk rutin merawat bagian luar maupun fungsi dalam laptop, ya. Dengan sering menjaga, tentu laptop akan nyaman digunakan dan memudahkan pekerjaan kita.