Cara Memilih Laptop yang Bijaksana, Sesuaikan dengan Kebutuhan!

Cara Memilih Laptop yang Bijaksana, Sesuaikan dengan Kebutuhan!

Ilustrasi sekelompok pekerja sedang sibuk di depan laptopnya masing-masing | Sumber: Unsplash (Annie Spratt)

Laptop saat ini menjadi alat elektronik yang nyaris ‘pokok’, digunakan oleh setiap orang, baik pelajar, mahasiswa, maupun pekerja. Apalagi, di dunia yang serba digital saat ini, banyak instansi dan perusahaan yang memang sangat membutuhkan laptop sebagai alat penunjang sehari-hari. Selain kelebihannya yang mudah dibawa dan praktis, perangkat ini tersedia dalam berbagai merek dan jenisnya, disesuaikan dengan budget dan kebutuhannya.

Nah, dengan beragamnya laptop sekarang, mungkin tidak sedikit yang merasa kebingungan dalam menentukan perangkat seperti apa yang dicari. Semakin mahal harganya, semakin bagus spesifikasinya memang benar. Namun, sebenarnya kita juga tidak harus memilih laptop ber-budget tinggi, bila pemakaiannya juga tidak berat. Berikut adalah 5 tips yang bisa SohIB terapkan agar mendapatkan laptop impian yang sesuai dan tidak salah pilih!

Baca juga: Awas Nomophobia, Ketagihan Handphone yang Berbahaya!

1. Cari Tahu Apa Kebutuhanmu

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, laptop yang beredar di pasaran sangatlah banyak. Bila kamu hanya memilih berdasarkan trend dan gengsi saja, maka sampai kapanpun tidak akan ada habisnya dan malah semakin bingung.

Petakan apa yang menjadi kebutuhan utamamu. Sebagai contoh, bila SohIB adalah seorang mahasiswa arsitektur, laptop yang memiliki RAM besar, baterai awet, dan prosesor tinggi lebih direkomendasikan untuk mendukung kinerjamu yang lumayan berat. Sebaliknya, jika kamu akan lebih sering menggunakannya untuk kebutuhan ringan seperti mengetik, browsing, atau nonton film, gadget yang speknya rendah pun sudah cukup.

Jangan terpacu pada koleksi laptop keluaran terbaru atau ikut-ikutan teman tanpa punya dasar yang jelas. Apalagi, perangkat yang satu ini bukan tipe gadget yang akan sering diganti setiap tahunnya.

2. Tetapkan Budget

Menentukan kemampuan beli tentu penting untuk dilakukan, mengingat laptop bukan alat elektronik yang bisa dikatakan “murah”. Dengan melakukan budgeting, kita bisa memperkirakan seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menabung, tidak ‘lapar mata’, dan spek seperti apa yang bisa kita dapatkan.

SohIB bisa jauh-jauh hari mempersiapkan dana baru mencari laptop yang diinginkan atau menentukan terlebih dahulu perangkatnya baru menyiapkan uang. Semuanya dapat kamu lakukan, selama tidak memaksakan diri.

3. Pilih Brand yang Terkenal Bagus

Pilihlah merek laptop yang sudah terpercaya kualitasnya | Sumber: Unsplash (Dell)

Beberapa merek laptop terkenal seperti Macbook, ASUS, Lenovo, Acer, HP, dan lainnya telah terverifikasi dalam hal kualitas dan performanya. Tak heran, banyak pelanggan yang secara loyal menjatuhkan pilihannya pada brand-brand tersebut. Begitu juga dengan kamu, apabila kurang paham masalah per-laptop-an, paling tidak ambilah opsi teraman dengan membeli perangkat yang sudah teruji bagusnya. Selain terjamin kualitasnya, biasanya merek besar sudah memiliki banyak cabang untuk service dan banyak tersedia di toko-toko elektronik.

Baca juga: 4 Cara Melacak Handphone yang Hilang, Praktis Banget!

4. Pelajari Spesifikasinya

Berbicara masalah spesifikasi memang terdengar agak rumit, orang awam mungkin saja malas membaca rentetan kata yang aneh dan unik. Karena itu, beberapa hal di bawah ini bisa menjadi panduan kamu untuk mencari spek laptop terbaik untuk kebutuhanmu:

  • Daya tahan baterai: ketahanan baterai menjadi salah satu hal yang wajib ada dalam list kamu. Paling tidak, pilihlah yang berkapasitas 8000 mAh, model Li Ion, dan pastikan sudah ada adapternya.
  • SSD atau HDD: saat ini, punya laptop yang memiliki memori penyimpanan besar cukup krusial, terutama untuk alasan hiburan. Laptop dengan budget rendah biasanya masih menawarkan HDD karena lebih murah, tetapi carilah yang sudah di atas 500 GB. Bila kamu perlu yang lebih cepat dalam transfer data dan punya dana lebih, SSD lebih disarankan untuk mobilitas yang lebih maksimal.
  • Sistem operasi: bisa dikatakan, sistem operasi bagaikan sistem tubuh dari sebuah perangkat, karena dengan inilah laptopmu akan bisa dijalankan. Setidaknya terdapat dua sistem operasi yang paling banyak digunakan orang, yakni Windows dan Mac OS. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, salah satunya adalah Mac OS hanya bisa digunakan pada laptop khusus keluaran Apple, di mana Windows lebih umum dipakai untuk hampir segala macam brand. 
  • RAM: laptop yang terasa lemot bisa disebabkan banyak hal, terutama di bagian RAM. Komponen yang satu ini berguna sebagai penyimpanan sementara saat prosesor sedang melakukan berbagai hal. Sehingga, bila kamu memang memiliki kegiatan yang cukup padat di laptop, lebih baik pilihlah yang RAM-nya besar (8 GB ke atas) agar space lebih lega dan tidak lelet.
  • Prosesor: ada dua prosesor raksasa saat ini, yakni Intel dan AMD. Keduanya bersaing ketat untuk menghasilkan “otak” perangkat yang mumpuni. Namun, sebagai bahan pertimbangan, Intel memiliki keunggulan di hampir semua lini, seperti multitasking, multimedia, dan pekerjaan yang berat. Sedangkan AMD digandrungi banyak orang karena chipset lebih murah dan cocok untuk gaming dan editing.
  • Body: Ada sebab mengapa laptop keluaran Apple dihargai lebih tinggi daripada pesaingnya, salah satunya karena bahan yang digunakan untuk body laptop terbuat dari serat halus alumunium. Tak heran, selain lebih awet, secara fisik juga tampak lebih elegan. Minus-nya adalah komponen seperti ini lebih mudah nyetrum jika sedang dialiri listrik. Bila bahan body bukanlah hal yang penting untuk kamu, abaikan saja dulu untuk memikirkan yang lebih inti.
  • Jenis laptop: laptop masa kini sudah memiliki berbagai jenis yang menarik, seperti bentuk yang tipis, untuk gaming, 2 in 1 convertible, touch screen, hingga notebook.

5. Minta Pendapat Orang Lain

Diskusikan kebutuhanmu dengan orang lain yang sekiranya memahami perkembangan teknologi, laptop, dan bisa membantumu mendapatkan produk yang terbaik. Update informasi dari toko-toko elektronik di sekitarmu. Siapa tahu, ketika tiba saatnya kamu siap membeli, ada potongan harga yang lumayan memangkas pengeluaranmu!

Baca juga: Awas Bahaya Hacker, Amankan Handphone dengan 5 Cara Ini!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)