Goes To Bali: Ekraf Kabupaten Bogor dan Pharaswara Etnika Buka Potensi Investasi dalam Event Nasional

Goes To Bali: Ekraf Kabupaten Bogor dan Pharaswara Etnika Buka Potensi Investasi dalam Event Nasional

Pelaku Ekraf Kabupaten Bogor di Discovery Mall Bali | Sumber: Dok. Pribadi Aban Sudrajat

Pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kabupaten Bogor turut serta memeriahkan pameran peluang investasi produk unggulan tingkat nasional. Pelaksanaan bertempat di Discovery Mall Bali yang diselenggarakan pada tanggal 23—26 November 2023.

Kegiatan ini meliputi pameran nasional, peluang investasi pariwisata dan ekonomi kreatif, perdagangan, perindustrian, pertanian dan UMKM dengan mengangkat tema 'Indonesia Tourism dan Trade Investastment Expo' prioritas Bali.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor mengikutsertakan pelaku ekraf untuk turut serta ambil peranan dalam event nasional ini. Harapannya dapat menumbuhkan jejaring dan membuka berbagai peluang investasi berkelanjutan.

Di samping mempromosikan peluang dan potensi investasi, Disbudpar, dan pelaku Ekraf Kabupaten Bogor juga menawarkan produk-produk unggulan dan pariwisata di Kabupaten Bogor. Pada ajang pameran di Discovery Mall Bali tersebut Pemkab Bogor mendapatkan penghargaan berupa juara stand favorite.

Juara Stand Favorite | Sumber: Dok. Aban Sudrajat

Aban Sudrajat pelaku ekraf kabupaten Bogor yang bergelut dalam subsektor kriya menjelaskan harapannya atas keikutsertaannya dalam pameran tingkat nasional ini yang di ikuti oleh berbagai daerah di Indonesia salah satunya Kabupaten Bogor.

"Harapan saya semoga pelaku ekraf Kabupaten Bogor dapat membuka jejaring dan memperluas pasar serta produknya dapat dikenal luas oleh berbagai lapisan masyarakat dan khususnya dapat menjaring minat para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang banyak kita jumpai di Bali ini," tuturnya.

"Seperti yang kita ketahui di Bali ini merupakan salah satu tujuan wisata dan pusat pariwisata di Indonesia, semoga dengan adanya pameran ini saya beserta teman-teman pelaku ekraf Kabupaten Bogor dapat membuka dan memperluas jejaring dan memetik pelajaran dalam kesempatan pameran produk di Bali ini," tambahnya Aban.

Gambar kegiatan pameran | Sumber: Dok. Disbudpar Kabupaten Bogor

Senada dengan Aban, pelaku ekraf asal Karadenan, Othing mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Disbudpar, sehingga dirinya dapat mengikuti event berskala nasional ini.

Othing yang juga sebagai pemain perkusi dalam kelompok musik etnik Pharaswara Etnika menjelaskan rasa antusiasnya, terlebih dirinya dapat tampil di panggung bersama Pharaswara Etnika dan mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan sebuah Band yang ada di Bali.

Kegiatan ini untuk menghibur pengunjung yang hadir di Discovery Mall Bali selama pameran berlangsung.

"Ya, kami memainkan alat musik tradisional Jawa Barat salah satunya alat musik karinding dan berkolaborasi dengan musik modern, dengan kesempatan ini pula menjadikan kami untuk lebih semangat dalam berkarya, menambah jam terbang dan pengalaman dan semoga kelompok musik etnik Pharaswara Etnika dapat lebih berkembang," pungkasnya.

Masih kata Othing, dirinya memiliki harapan agar para pelaku ekraf kabupaten Bogor yang ikut dalam event ini dapat membuka jejaring dan memperluas akses pasar. Selain itu, juga mendapatkan investasi untuk menepiskan kendala dalam usaha yang terkadang terbentur dengan permodalan.

Othing menambahkan, semoga musik tradisional serta kelompok musik Pharaswara Etnika dapat dikenal luas baik oleh masyarakat lokal serta wisatawan mancanegara yang ada di Bali.

"Karena, selain kami sebagai pelaku Ekraf dan menjual produk. Kami juga sangat mencintai musik dan mencoba untuk dapat melestarikan musik tradisional dan terus belajar sehingga dapat memperkenalkan kembali berbagai kearifan lokal serta kebudayaan khususnya yang ada di tatar kasundaan atau tanah Sunda, Jawa Barat," tutup Othing.