5 Cara Memaksimalkan Kemudahan Akses Digital Untuk Pencari Kerja

5 Cara Memaksimalkan Kemudahan Akses Digital Untuk Pencari Kerja

Job intereview | Canva (canva.com)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

"Saat ini adalah masa yang luar biasa untuk hidup. Belum pernah ada begitu banyak peluang maupun kesempatan bagi Anda untuk mencapai tujuan Anda dibandingkan yang tersedia sekarang ini. Sebagaimana yang mungkin belum pernah terjadi dalam sejarah umat manusia, Anda sungguh-sungguh mempunyai banyak sekali pilihan." - Brian Tracy ( Penulis dan Motivator Pengembangan Diri).

Tidak dapat dimungkiri, kemajuan teknologi digital saat ini sudah banyak dirasakan oleh sebagian besar orang, baik itu di perkotaan maupun di pedesaan, tidak terkecuali di negara Indonesia.

Hampir di setiap segi kehidupan yang kita jalani, tentunya tidak terlepas dari yang namanya teknologi digital, mulai dari pendidikan, ekonomi, seni, politik, pertanian, dan sebagainya.

Di mana pun SohIB berada pasti ada teknologi digital yang bisa dirasakan manfaatnya. Begitu pun pada saat kita mencari kerja.

Dengan semakin banyaknya aplikasi, website, dan media sosial yang memudahkan para pencari kerja mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja, maka hal ini akan sangat membantu untuk mengurangi tingkat pengangguran yang ada di negara kita tercinta.

Sayangnya, meskipun kemudahan akses digital itu sudah tersedia, tingkat pengangguran di Indonesia masih sangat tinggi. Bahkan, CNBC Indonesia melaporkan menurut Badan Pusat Statistik (BPS), angka pengangguran Indonesia naik sampai dua puluh ribu orang dari yang awalnya 8,40 juta pada Februari 2022 menjadi 8,42 juta pada periode Agustus 2022.

Salah satu penyebab dari masih banyaknya para pencari kerja mengalami kesulitan dalam mendapatkan pekerjaannya bukan karena tidak adanya akses digital untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, melainkan karena minimnya pengetahuan untuk memaksimalkan kemudahan akses diigital yang ada.

Jika SohIB mengalami hal yang serupa, sedang mencari kerja tapi masih bingung cara menggunakan akses digital yang tersedia, berikut lima cara memaksimalkan kemudahan akses digital untuk pencari kerja.

1. Optimasi Akun Media Sosial 

Mulailah gunakan media sosial sebagai sarana branding diri, bukan hanya untuk bersenang-senang atau kepoin mantan. Kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti LinkedIn, Instagram, Tiktok, atau Twitter untuk menunjukkan minat, keahlian, dan pengalaman kerja.

Dengan mengoptimalkan akun media sosial, kamu dapat menarik perhatian perusahaan dan membangun jejaring yang lebih luas. Oleh karena itu, pastikan akun media sosial kamu menggunakan akun real dengan nama asli dan bersifat publik, bukan akun samaran atau bersifat privat.

2. Aktif Membuat Konten Positif

Setelah kamu mengoptimasi akun media sosial, jangan lupa untuk selalu aktif membuat konten yang positif karena jika akun kamu jarang aktif atau malah sering membuat konten yang negatif maka hal ini akan memperburuk citra kamu di hadapan para rekruter atau penerima kerja. Tidak jarang lo, para HRD perusahaan sekarang cek akun media sosial yang kita miliki.

Karena itu, jadikanlah konten kamu sebagai portofolio digital untuk menunjukkan keterampilan dan pengalaman kerja. Kamu bisa membuat konten seperti artikel, podcast, video, atau konten visual lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang dicari. Dengan memiliki portofolio digital kamu bisa meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan dibanding dengan yang tidak memilikinya.

3. Gabung Komunitas Online

Bergabung dengan komunitas online yang relevan dengan pekerjaan yang sedang kamu incar seperti di grup Facebook, LinkedIn, atau forum diskusi pekerjaan di Discord dapat membantu kamu meningkatkan jejaring. Kamu dapat meminta saran dan pendapat dari anggota lain dalam grup dan menambah pengetahuan tentang industri atau perusahaan tertentu. Selain itu, kamu juga dapat memperluas peluang kerja dengan mengetahui lowongan kerja yang diposting oleh anggota grup.

4. Membuat Website Pribadi

Mempunyai website pribadi dapat memberikan keuntungan bagi pencari kerja. Di sana kamu dapat memasukkan portofolio digital, profil pribadi, atau blog untuk menunjukkan pengetahuan dan minat yang dimiliki. Hal ini akan sangat membantu kamu dalam meningkatkan visibilitas secara online dan memperkuat branding diri. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan fitur seperti formulir kontak atau CV download untuk memudahkan pihak yang tertarik menghubungi.

5. Install Aplikasi Lowongan Kerja

Saat ini sudah banyak aplikasi lowongan kerja yang dapat membantu kamu lebih update mengenai lowongan pekerjaan yang kamu idam-idamkan. Terdapat berbagai aplikasi lowongan kerja yang dapat diunduh, seperti Glints, LinkedIn, Ready Indonesia, JobStreet, dan lain sebagainya.

Di aplikasi ini, kamu dapat menyesuaikan preferensi pencarian pekerjaan, mengatur notifikasi, dan melamar langsung melalui aplikasi tersebut. Hal ini dapat mempercepat proses pencarian pekerjaan dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Dengan menerapkan cara-cara di atas, kamu bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Pencarian kerja itu memang membutuhkan ketekunan dan kerja keras, jadi jangan menyerah jika kamu menghadapi rintangan atau penolakan.

Demikianlah lima cara memaksimalkan kemudahan akses digital untuk pencari kerja. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan meningkatkan keahlian kamu bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan dan bersaing dengan lebih baik di pasar kerja yang semakin kompetitif. Teruslah belajar dan beradaptasi dengan perkembangan zaman, dengan begitu kesusksesan akan mudah kita raih.