10 Kebiasaan Penyebab Jerawat Muncul Lagi, Apa Saja?

10 Kebiasaan Penyebab Jerawat Muncul Lagi, Apa Saja?

Kebiasaan penyebab jerawat muncul lagi | Freepik (user18526052)

Halo SohIB! Mempunyai wajah yang bersih, sehat dan terbebas dari jerawat dambaan bagi setiap orang, terutama wanita. Meskipun wajah telah dirawat secara rutin, tidak jarang tetap bisa muncul jerawat secara tiba-tiba. Munculnya hal ini bisa mengganggu penampilan kamu. Lalu, apa saja kebiasaan penyebab munculnya jerawat? Yuk, simak ulasannya!

1. Begadang 

Apakah SohIB sering begadang? Jika iya, kamu perlu berhati-hati karena kurang tidur bisa menyebabkan munculnya jerawat di wajah. Saat badan terlalu lelah, produksi hormon kortisol akan meningkat untuk menyeimbangkan kadar stres di dalam tubuh. Hormon ini biasanya akan memicu peradangan pada tubuh yang bisa menyebabkan struktur dan fungsi kulit menjadi rusak.

2. Malas Membersihkan Ponsel

Bisa jadi, penyebab timbulnya jerawat karena ponsel kamu yang kotor. Wajah memang selalu akan mengeluarkan minyak dan keringat. Nah, setiap kali menyentuhkan ponsel kamu ke wajah, minyak dan keringat akan berpindah ke layar ponsel. Selain itu, banyak debu halus dan polusi yang menempel ketika kamu bepergian keluar rumah membawa ponsel.

Jika kamu tidak membersihkan setelah menggunakan ponsel, tentunya minyak dan keringat, debu halus, dan polusi yang tertempel di ponsel akan menempel ke wajah kamu, bersama dengan bakteri yang telah tumbuh. Hal ini bisa memicu munculnya jerawat. Untuk itu, pastikan SohIB rutin membersihkan layar ponselmu menggunakan tisu basah.

3. Penggunaan Produk yang Kurang Sesuai

Jerawat bisa muncul akibat penggunaan produk kosmetik dan skincare yang kurang tepat. Hal ini terjadi karena bahan pada produk tersebut memicu alergi atau menyumbat pori-pori sehingga muncul jerawat. Jika kulit SohIB sensitif dan rentan berjerawat, kamu bisa mencari produk bebas kandungan yang bisa menyumbat pori-pori (non-comedogenic).

4. Jarang Mencuci Muka 

Kulit wajah yang tidak segera dibersihkan setelah aktivitas membuat kamu rentan berjerawat. Hal ini dikarenakan kotoran dan debu yang bercampur dengan keringat menempel di wajah, sehingga pori-pori di wajah jadi tersumbat dan memicu bakteri berkembang. Alhasil jerawat pun muncul.

5. Mencuci Wajah Terlalu Sering

Siap yang suka berpikir bahwa mencuci wajah terlalu sering itu baik? Faktanya, melakukan hal ini terlalu sering bisa menghilangkan minyak esensial pada kulit wajah yang menyebabkan tubuh kamu memproduksi lebih banyak minyak. Produksi minyak yang berlebihan bisa menyebabkan lebih banyak jerawat. Mencuci wajah sebanyak dua kali, yakni pada pagi dan malam hari sebenarnya sudah cukup.

6. Menggosok Wajah Terlalu Keras

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa menggosok wajah dengan keras bisa menghilangkan kotoran di wajah dan kulit menjadi bersih. Padahal, aktivitas ini bisa merusak lapisan atas kulit yang bisa menyebabkan penumpukan minyak lebih besar karena terjadi iritasi di wajah. Itu semua hanya akan memperburuk jerawat. Pastikan kamu menggosok wajah dengan lembut saat akan membersihkan wajah dari kotoran. 

7. Mengeringkan Wajah Menggunakan Handuk yang Kotor atau Lembap

Jangan menggunakan handuk yang kotor atau lembap setelah mencuci wajah. Sebab, bakteri mudah menumpuk pada handuk yang kotor atau lembap. Mengeringkan wajah menggunakan waslap yang bekas yang sudah kamu gunakan sebelumnya bisa membuat bakteri dan kotoran di handuk menempel di wajah. Pastikan SohIB harus mengganti handuk secara berkala. Usahakan menggunakan handuk yang baru saat mengeringkan wajah.

8. Terlalu Sering Eksfoliasi

Jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi. Jika kamu terlalu sering eksfoliasi bisa menyebabkan iritasi, pengelupasan, kemerahan, dan kekeringan di wajah yang memicu reaksi berlebihan karena tubuh memproduksi minyak untuk menyeimbangkan kulit. Sebaiknya eksfoliasi hanya dilakukan sekali atau dua kali dalam seminggu. 

9. Memencet Jerawat yang Sedang Meradang

Kamu mungkin ingin menghilangkan jerawat secepatnya dengan memencetnya sampai keluar nanahnya. Waduh, padahal jika SohIB melakukan hal itu, padahal kondisinya sedang meradang ini hanya akan membuat jerawat baru muncul. Belum lagi tidak ada yang bisa menjamin tanganmu dalam keadaan steril.

10. Mengonsumsi Makanan Tinggi Gula

Gula memiliki fungsi untuk meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga produksi hormon insulin menjadi seimbang. Tetapi, jika kamu mengonsumsi makanan tinggi gula berlebih seperti roti, biskuit, keripik kentang, itu membuat tubuhmu resisten terhadap insulin sehingga produksi hormon testosteron meningkat.

Lama-kelamaan, wajahmu menjadi berminyak dan timbul jerawat. Untuk itu, SohIB bisa membatasi konsumsi makanan tinggi gula agar kulit senantiasa bersih dan sehat serta bebas dari jerawat.

Itulah 10 kebiasaan penyebab munculnya jerawat. Supaya kulit bebas dari masalah kulit, SohIB bisa mencegah pemicunya dan mulai mengubah gaya hidupmu ke arah yang lebih sehat. Perhatikan juga produk kosmetik dan skincare yang kamu gunakan.