Band Jonas Brother, Kakak Beradik yang Kompak Menghasilkan Karya Musik

Band Jonas Brother, Kakak Beradik yang Kompak Menghasilkan Karya Musik

Jonas Brothers | Ticketmaster @2023

Bersaudara dan membuat grup band sendiri dengan minat sama pada ranah musik menjadi anugerah yang bisa mempererat tali persaudaraan. Seperti halnya The Overtunes, The Lucky Laki (Al, El, Dul), serta Koes Plus yang masih memiliki hubungan darah antarpersonil.

Begitu pula Jonas Brothers, grup band bersaudara asal New Jersey. Mereka baru saja berkolaborasi dengan TXT (Tomorrow X Together) dalam lagu Do It Like That pada tanggal 7 Juli 2023 di laman YouTube Hybe Labels.

Lagu Do It Like That mengisahkan momen seseorang yang sedang dimabuk asmara dengan lirik yang ear-catchy dan tempo musik cepat bergenre dance-pop. Ryan Tedder, vokalis One Republic, juga membantu penggarapan dalam lagu ini.

Yeonjun, salah satu personil TXT, menceritakan kolaborasi dengan Jonas Brothers adalah kali pertama bagi TXT di samping sebagai salah satu fans yang selalu mengikuti perkembangan musik dan menggunakan lagu-lagu Jonas Brothers pada saat latihan.

Generasi Z tahun 2000an awal mungkin pernah mendengar grup band Jonas Brothers. Namun, beberapa pasti merasa asing mendengar grup band bersaudara yang berhasil menorehkan nama di Hollywood Walk of Fame pada 30 Januari 2023. Kulik bareng, yuk!

Jonas Brothers dari Keluarga ‘Jonas’

Sesuai namanya, Jonas Brothers dari 3 bersaudara bertitel Jonas, yaitu Kevin Jonas, Joe Jonas, dan Nick Jonas. Jonas Brothers sempat menjadi idaman para gadis remaja setelah berhasil memerankan salah satu Disney pada tahun 2008, yaitu Camp Rock dan Camp Rock 2.

Jonas Brothers di Camp Rock bersama Demi Lovato | TeenVogue

Kevin Jonas sebagai personil tertua memainkan gitar dan membantu menginspirasi beberapa lagu, Joe Jonas sebagai vokalis, serta Nick Jonas sebagai personil termuda bermain pada bass, penggagas lagu, sekaligus vokalis latar.

Dalam penggarapan lagu, Jonas Brothers saling bertukar ide dan aransemen musik berdasarkan kisah pribadi maupun impian dari ketiga personil. Kolaborasi ketiganya menjadi perpaduan musik bergenre pop rock, pop punk, maupun power pop.

Jonas Brothers mempunyai adik laki-laki bernama Frankie Jonas yang terpaut usia jauh dengan kakak-kakaknya. Walaupun begitu, Frankie juga mengikuti jejak kakaknya dengan terjun di industri musik.

Jejak Karier Jonas Brothers

Tahun 2012, menjadi babak awal bagi Jonas Brothers untuk menjajaki kancah permusikan secara solo, dengan mengakhiri kontrak kerja sama bersama Disney sekaligus mencari jati diri. Berbagai terpaan isu membuat Jonas Brothers bungkam dan hiatus sementara waktu.

Pasang-surut persaudaraan juga dialami Joe dan Nick Jonas yang memutuskan untuk keluar dari grup band dan bersolo karier masing-masing. Joe Jonas membentuk grup bersama DNCE tahun 2015, sementara Nick Jonas memilih bersolo karier sejak tahun 2014 hingga 2018.

Jonas Brothers Kembali Bersatu untuk Berkarya

Setelah lama hiatus dan merendam ego, akhirnya Jonas Brothers memutuskan untuk reuni untuk menggarap proyek bersama. Mereka menciptakan single Sucker pada album studio Happiness Begins di tahun 2019 dan single What A Man Gotta Do di tahun 2020.

Jonas Brothers perlahan meniti kembali karier musik dengan berkolaborasi bersama berbagai penyanyi maupun DJ, seperti bersama Karol G. dengan lagu X bernuansa latin dan Marshmello di lagu Leave Before You Love Me pada dua tahun silam.

Akhirnya, 2023 menjadi tahun yang dipilih oleh Jonas Brothers untuk meluncurkan album keenam sebagai permulaan setelah menyandang status sebagai suami dan ayah dengan menceritakan kasih sayang keluarga berjudul “The Album”.

Telah rilis sejak 12 Mei 2023 di berbagai platform musik, lagu-lagu “The Album” mempunyai lirik smooth dengan ciri khas musik country-side dan sedikit alunan musik tropis yang digarap ketiganya, baik lirik maupun aransemen musik.

Kemampuan musik Jonas Brothers sudah tidak diragukan lagi dan berhasil menyentuh selera musik di kalangan generasi millenial, zilenial, dan alpha. Bahkan, Jonas Brothers tidak menyangka beberapa peminat lagu mereka sudah berkeluarga dan remaja sekali pun.

Jonas Brothers juga berharap karya musik mereka dapat diterima berbagai kalangan tanpa batasan umur dan pesan tersirat tiap lagu dapat tersampaikan bagi orang tersayang, seperti lagu Little Bird yang khusus diperuntukkan bagi buah hati.

Kisah karier Jonas Brothers bisa menunjukkan bahwa bersaudara enggak hanya berantem saja. Ternyata bisa berkolaborasi dan menghasilkan sebuah karya sambil mempererat tali persaudaraan, seru banget, kan? SohIB, apakah kalian juga akur dengan saudara dan saling memberi kabar?

Referensi:

https://www.billboard.com/music/pop/tomorrow-x-together-collaborating-jonas-brothers-do-it-like-that-interview-1235369524/

https://walkoffame.com/press_releases/jonas-brothers-to-be-honored-with-star-on-the-hollywood-walk-of-fame/