Mengenal Jenis-Jenis Sisir: Rambut Anti Rontok!

Mengenal Jenis-Jenis Sisir: Rambut Anti Rontok!

Menyisir rambut dengan salah satu jenis sisir yang sesuai | Freepik assets

Rambut merupakan mahkota bagi setiap manusia. Memiliki rambut yang sehat dan kuat menjadi dambaan semua orang.

Nah, untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat, SohIB wajib merawatnya. Perawatan rambut yang salah akan membuat rambut kamu menjadi rusak.

Rambut kering, kusam, bercabang, sampai kerontokan parah yang mengakibatkan botak merupakan beberapa contoh kerusakan rambut akibat tidak dirawat dengan baik.

SohIB, salah satu hal yang selalu kita dilakukan untuk merawat rambut adalah dengan menyisirnya. Menyisir rambut akan membuat rambut terlihat jauh lebih rapi.

Healthline mewartakan, aktivitas ini memiliki beberapa manfaat, loh! Menyisir dengan baik dan benar bisa membuat rambutmu menjadi lebih sehat dan berkilau. Selain itu, menyisir dengan lembut juga dianggap dapat menstimulasi kulit kepala yang dapat membantu peredaran darah dan menumbuhkan rambut.

BTW, saat merapikan rambut, kamu pasti sering mendapati rambut rontok, kan? Ternyata, salah satu hal yang menyebabkan kerontokan ini adalah penggunaan sisir yang salah.

Untuk menghindari rambut rontok, kamu bisa mulai memperhatikan jenis sisir apa yang kamu pakai. SohIB perlu mengetahui beberapa macam sisir yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Blue Zones: 5 Tempat Paling Sehat di Dunia

Berikut jenis-jenis sisir yang wajib kamu ketahui beserta fungsinya agar rambut tidak mudah rusak dan rontok, mengutip dari situs resmi SehatQ:

1. Sisir Sasak atau Tail Comb

sisir sasak
Sisir sasak | Freepik assets

Sisir yang memiliki gigi kecil dan rapat ini hanya cocok untuk kamu yang ingin membuat model sasak pada rambut. FYI, kalau kamu memakai sisir ini setiap hari, rambut akan menjadi lebih mudah rapuh karena gigi sisir sasak bisa menarik rambut hingga akarnya.

2. Cushion atau Paddle Brush

paddle brush
Paddle Brush | Freepik (gpinstudio)

Sisir jenis ini punya bantalan yang lebar. Ujung giginya dilapisi oleh bola karet kecil yang membuat rambut atau kulit kepala tidak akan terasa sakit saat menggunakannya.

Paddle brush ini sangat direkomendasikan untuk SohIB yang mempunyai rambut tebal dan panjang.

3. Half Round atau Denman Brush

denman brush
Denman brush | The Curious Jalebi (thecuriousjalebi.com)

Jenis sisir ini lebih direkomendasikan bagi pemilik jenis rambut apa saja. Namun, ada baiknya jika kamu memiliki rambut yang keriting atau ikal untuk menggunakan denman brush.

Selain itu, bentuknya yang unik juga membantu untuk mempermudah styling rambut. Bahkan sisir ini juga dapat membuat rambut menjadi lebih halus, loh!

4. Round Brush

round brush
Round brush | Freepik assets

Round brush atau sisir bulat lebih direkomendasikan untuk membuat rambut terlihat lebih bervolume. Sisir ini cocok bagi pemilik rambut medium dan panjang.

Namun, sisir jenis ini juga bisa digunakan untuk rambut yang tipis dan mudah lepek. Uniknya nih, SohIB, terdapat round brush yang terbuat dari jenis keramik atau bahan-bahan lain yang dapat menghantarkan panas ke batang rambut kamu. Sisir yang menggunakan bahan ini justru akan membantu rambut agar lebih mudah kering dan menjadi rapi.

5 Rumus Dasar Microsoft Excel, Pemula Wajib Tahu!

5. Vent Brush dan Wide Tooth Comb

wide tooth comb
Wide tooth comb | Freepik (valuavitaly)

Adakah SohIB yang sangat suka menyisir rambut saat kondisi basah? Menyisir saat rambut basah terkadang dapat membuat rambut sangat mudah rontok.

Nah, kalau kamu suka menyisir rambut saat masih basah, kedua jenis sisir ini bisa menjadi solusinya. Desain gigi yang renggang dapat membantu menguraikan dan mengeringkan rambut dengan cepat.

Dua jenis sisir bergigi jarang ini juga bisa digunakan untuk rambut yang mudah rontok, panjang, dan tebal.

6. Detangling Brush

detangling brush
Detangling brush | Instyle (instyle.com)

Bagi SohIB yang memiliki tipe rambut tebal, keriting, kering, dan mudah kusut, memakai sisir jenis ini sangat direkomendasikan.

Sisir ini mempunyai gigi yang tipis dan lentur, sehingga sangat bagus untuk merapikan rambut yang kusut tanpa merusaknya.

Jadi, apakah sisir yang SohIB pakai sudah sesuai dengan jenis rambut kamu?

 

Referensi:

Linberg, S. (2020, 7 24). Healthline. Retrieved from healthline.com: https://www.healthline.com/health/brushing-hair#benefits-of-brushing

Pratiwi, R. D. (2022, 5 9). SehatQ. Retrieved from sehatq.com: https://www.sehatq.com/review/rekomendasi-sisir-rambut-terbaik