Inovasi Youth Movement Berbasis Pengabdian Masyarakat Dalam Rangka Society Recovery

Inovasi Youth Movement Berbasis Pengabdian Masyarakat Dalam Rangka Society Recovery

Pemuda Memegang Peran Utama Dalam Youth Movement I Unsplash (Hannah Busing @hannah busing)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohIBBerkompetisiArtikel

Ayo, Kita Berkenalan Dengan Youth Movement!

Youth movement atau Gerakan Pemuda adalah upaya yang dilakukan oleh generasi muda secara terorganisasi, sadar, dan bertujuan memberikan perubahan terhadap kondisi pada bidang tertentu, seperti sosial, ekonomi, lingkungan, dan bidang lainnya ke arah yang lebih baik (sciencedirect.com). Bentuk dari youth movement sendiri tidak terbatas pada satu jenis atau bentuk. Sebagai contoh, dilansir dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, dalam Presidensi G20 Indonesia terdapat gerakan anak muda bernama Declaration of Youth Movement for G20 Energy Transition yang berfokus pada pengembangan transisi energi bersih. Contoh lainnya ada AIESEC, yakni organisasi pelajar yang berfokus pada pengembangan kemampuan kepemimpinan pemuda dan kegiatan volunter untuk masyarakat dengan mengikuti arah Sustainable Development Goals (SDGs). Masih banyak lagi bentuk youth movement lainnya yang bergerak di berbagai bidang. Umumnya, wadah dari youth movement berawal dari organisasi pelajar atau organisasi mahasiswa resmi, walaupun tidak terbatas pada wadah tersebut. Wadah lainnya bisa saja berupa komunitas umum atau bahkan kelompok-kelompok dalam jumlah kecil.

"Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia" – Ir. Soekarno

Siapa Yang Terlibat Dalam Youth Movement?

Semua kalangan bisa terlibat dalam youth movement I Unsplash (Jacek Dylag @jacek dylag)

Berdasarkan definisinya, youth movement sudah pasti dilakukan generasi muda, khususnya pelajar atau mahasiswa. Namun, variasi dari bentuk dan jenis youth movement juga memberikan ruang bagi masyarakat umum dari kalangan usia, pekerjaan, dan kelas sosial untuk ikut terlibat. Hal ini terkadang tidak disadari oleh masyarakat secara umum. Sebagai contoh, program pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tingkat universitas yang dijalankan mahasiswa. Dalam kegiatan ini, bukan hanya anak muda yang terlibat dalam proses youth movement, tetapi masyarakat, baik penjual maupun pembeli juga ikut bahu-membahu dan saling mendukung pembangunan ekonomi secara berkelanjutan. Hal ini juga membuktikan adanya kolaborasi antara generasi muda dan kalangan usia lainnya untuk tumbuh lebih kuat.

Apa Hubungan Youth Movement Dengan Pengabdian Masyarakat?

Ada hubungan spesifik antara youth movement dan pengabdian masyarakat I Unsplash (Starte Team @starta eteam)

Pengabdian masyarakat merupakan kegiatan yang memiliki tujuan untuk membantu masyarakat dalam aktivitas tertentu tanpa mengharapkan bentuk imbalan tertentu. Jika dilihat secara spesifik dan menyeluruh, inti dari youth movement dapat diartikan sebagai basis dasar pengabdian terhadap masyarakat, baik secara langsung maupun tidak. Terdapat korelasi antara youth movement dengan pengabdian masyarakat. Berikut adalah beberapa hubungan dan kesamaannya.

Pertama, setiap bidang pada youth movement pasti memiliki dampak terhadap kegiatan masyarakat. Misalnya, dalam Declaration of Youth Movement for G20 Energy Transition, dampak yang diberikan bukan hanya dari segi lingkungan, tetapi juga berpotensi berpengaruh pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat secara luas. Hal ini dikarenakan terdapat peluang untuk memudahkan kehidupan sosial masyarakat dan membuka. Artinya, youth movement memberikan manfaat dan bantuan kepada masyarakat, yang merupakan poin penting dari pengabdian masyarakat. Kedua, menurut sciencedirect.com, sejarah awal terbentuknya youth movement mayoritas didasari dengan isu kewarganegaraan, ketidaksinambungan kondisi sosial, dan ekspresi budaya. Hal-hal tersebut pada dasarnya berbicara mengenai dinamika kehidupan masyarakat, sama halnya dengan objek implementasi pengabdian masyarakat. Ketiga, youth movement umumnya terjadi karena terdapat tantangan yang ada dalam masyarakat, sama halnya dengan pengabdian masyarakat yang berusaha untuk membantu mengatasi tantangan dalam masyarakat. Misalnya, kondisi pandemi Covid-19 menjadi sebuah tantangan yang membuat masyarakat menyadari pentingnya untuk saling peduli dan membantu satu sama lain.

Bagaimana Perannya Dalam Society Recovery?

Secara umum, bentuk dari kegiatan youth movement berbasis pengabdian masyarakat adalah memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Bentuk konkretnya tidak terbatas dan dapat dilakukan untuk semua kalangan masyarakat sesuai dengan kebutuhan. Namun, mengingat kembali definisi dari youth movement dan pengabdian masyarakat, bentuk terbaik dari kegiatan ini adalah society recovery. Society recovery atau pemulihan masyarakat dapat diartikan sebagai upaya untuk mengembalikan kondisi masyarakat pada bidang atau aktivitas tertentu agar kembali seperti semula, atau bahkan dengan peningkatan (society recovery and development).

Kegiatan Pengabdian Masyarakat I Pramuka Universitas Gadjah Mada (Dokumentasi Internal Kegiatan)

Penulis sendiri pernah menjadi bagian dari youth movement berbasis pengabdian masyarakat dalam rangka society recovery. Kegiatan tersebut diwadahi oleh Gerakan Pramuka Universitas Gadjah Mada dengan nama “Pengabdian Masyarakat”. Tujuan utama kegiatan ini adalah membantu masyarakat sekitar yang terdampak PPKM, dengan membagikan sembilan bahan pokok (sembako). Tidak hanya itu, bagian lain dari kegiatan ini adalah mengajar anak-anak di Gardu Action serta berdonasi buku untuk anak-anak yang membutuhkannya sebagai bentuk pengabdian yang diharapkan memiliki dampak berkelanjutan.

Mari Berinovasi Bersama!

Lalu, bagaimana cara mempertahankan youth movement agar relevan di masa mendatang? Solusi yang tepat adalah dengan Inovasi. Menurut KBBI, inovasi artinya penemuan atau pembaruan dari sesuatu yang sudah ada dengan memperkenalkan hal-hal baru. Dalam konteks youth movement, inovasinya dapat berupa ide, gagasan, metode, atau alat yang berbeda dari sebelumnya. Jika melihat saat ini, sebenarnya sudah ada beberapa inovasi yang sering digunakan sebagai sarana youth movement. Contohnya, ada aplikasi digital Kitabisa.com yang sudah banyak digunakan sebagai wadah donasi untuk bantuan kepada masyarakat. Selain itu, saat ini juga banyak Start-up yang berorientasi pada kegiatan pengabdian masyarakat. Mayoritas pendirinya sendiri dipenuhi oleh generasi muda yang ingin mulai berkarya, sekaligus memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat. Salah satunya adalah Start-Up mahasiswa yang sedang dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) dibawah ini yang membantu UMKM selada hidroponik (sumber : Patinews).

Mahasiswa KKN Kenalkan Startup Untuk Kembangkan UMKM Selada Hidroponik di Tengah Pandemi I Patinews

Penulis melihat di masa mendatang akan ada perkembangan inovasi, khususnya pada bidang teknologi yang dapat diimplementasikan. Salah satunya adalah penggunaan Artificial Intelegence atau kecerdasan buatan yang berpotensi dapat menyelesaikan permasalahan lebih cepat dan tepat daripada manusia, serta beberapa inovasi lainnya secara progresif. Akan tetapi, secepat apapun perkembangannya, kita tetap harus memperhatikan tujuan penting dari society recovery, yakni memulihkan masyarakat untuk menjadi lebih baik (recover stronger). Harapannya dengan inovasi di masa mendatang, youth movement berbasis pengabdian masyarakat ini dapat dilakukan lebih merata dan serentak (recover together).