Durasi Waktu Berpuasa di Berbagai Belahan Dunia, Indonesia Termasuk Pendek, lo!

Durasi Waktu Berpuasa di Berbagai Belahan Dunia, Indonesia Termasuk Pendek, lo!

Durasi berpuasa di setiap negara berbeda-beda | Sumber: Unsplash (Rauf Alvi)

Pada saat ini, seluruh umat muslim di dunia sedang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Namun, meskipun serempak melakukan puasa, sebetulnya, perbedaan letak geografis di setiap negara juga mempengaruhi lamanya kita pada aktivitas menahan lapar dan dahaga ini, lo! Nah, berapa lama sih, pemeluk agama Islam di negara lain berpuasa dalam satu hari?

7 Superhero Dengan Kekuatan Super Duper Aneh, Apa Saja, ya?

Waktu Berpuasa di Berbagai Negara

Durasi waktu berpuasa di berbagai belahan dunia
Durasi waktu berpuasa di berbagai belahan dunia | Sumber: Indonesia Baik

Untuk tahun ini, Indonesia mempunyai panjang waktu sekitar 13 jam lebih 10 menit. Waktu mulainya adalah dari imsak, kira-kira pukul 04.25 WIB hingga maghrib sekitar pukul 18.00 WIB, tergantung daerah dan zonanya masing-masing. Btw, negara kita juga termasuk dalam negara yang punya durasi puasa terbilang pendek, lo. Hal tersebut disebabkan oleh titik lokasi Indonesia yang dekat dengan garis khatulistiwa.

Namun, sebetulnya ada yang lebih pendek lagi waktu puasanya dibandingkan dengan kita, yaitu Australia. Indonesia Baik menuliskan bahwa lamanya warga muslim kota Melbourne di Australia hanyalah 12 jam lebih 55 menit. Selisih 15 menit dari durasi puasa kita ya, SohIB?

Adapun untuk negara terlama yang menunaikan ibadah puasa jatuh kepada Oslo, Norwegia. Total mereka menjalankan aktivitas tersebut mencapai 16 jam 26 menit alias lebih dari tiga jam selisihnya dengan negara kita. Wow, lama banget!

Sebagai penjelasan detailnya, bulan Ramadan tahun ini terjadi di rentang bulan Mei hingga Juni, tepatnya di bulan Maret dan April. Dengan demikian, negara-negara bagian utara yang jauh dari garis khatulistiwa otomatis mempunyai waktu puasa yang biasanya lebih lama. Sebaliknya, negara-negara bagian selatan yang jauh dari garis khatulistiwa akan memiliki waktu puasa yang relatif lebih singkat. 

Berikut adalah rata-rata durasi puasa negara di dunia tahun 2023:

  1. Melbourne, Australia: 12 jam 26 menit.
  2. Jakarta, Indonesia: 13 jam 10 menit.
  3. Lagos, Nigeria: 13 jam 29 menit.
  4. Makkah, Arab Saudi: 13 jam 44 menit.
  5. New York, USA: 14 jam 11 menit.
  6. Istanbul, Turki: 14 jam 30 menit.
  7. London, Inggris: 14 jam 55 menit.
  8. Oslo, Norwegia: 16 jam 26 menit.

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Menjelang Berbuka

Ngabuburit menjadi salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia sembari menunggu berbuka. Biasanya, mereka akan melakukan berbagai kegiatan sebagai pengalih rasa lapar dan dahaga. Terlebih lagi, menjelang berbuka adalah masa di mana orang biasanya sudah selesai bekerja atau bersekolah.

Nah, inilah rekomendasi ngabuburit pilihan Kak IBe untuk kamu. Yuk SohIB, mulai sekarang jangan sampai bengong-bengong saja menunggu adzan maghrib dikumandangkan!

Belajar dari Drama "True Beauty", Ada Dampak Bully Bagi Korban

Memperbanyak Ibadah

Dikatakan bahwa pahala yang diberikan Allah kepada umatnya yang beribadah selama bulan Ramadan akan berkali-lipat lebih besar dibandingkan bulan-bulan lainnya. Nggak heran, banyak orang berbondong-bondong melakukan ibadah lebih rajin dari biasanya. Kamu bisa mengisi kegiatan menjelang berbuka dengan membaca Al Quran, mengajar TPA (Taman Pendidikan Al Quran) di masjid setempat, berdoa, mendengarkan kajian, atau membaca buku keagamaan.

Buka Bersama Sahabat

Buka bersama alias bukber sudah menjadi tradisi tersendiri yang wajib dilakukan tiap individu ketika bulan puasa. Apalagi, di masa seperti ini, rumah makan, kafe, hingga hotel berlomba-lomba menampilkan paket menu berbuka yang beragam dengan harga yang menarik.

Berburu Takjil di Sekitar Rumah

Selama bulan Ramadan, lingkungan dekat rumah mendadak jadi pasar makanan! Adakah hal tersebut juga terjadi kepadamu? Makanan yang dijual pun tampak begitu menggiurkan. Ada roti-rotian, risoles, kue maryam, hingga minuman manis seperti es kolak dan es pisang ijo. Namun, hati hati ya, SohIB, kamu jangan sampai kalap membelinya!

Membantu Ibu di Dapur

Bagi yang tinggal dengan orang tua, inilah saatnya kamu menjadi lebih berbakti kepada mereka! Bantulah ibu yang sedang sibuk menyiapkan menu berbuka nanti di dapur. Ingat, pahala orang yang memberi makan orang yang berpuasa nggak kecil, lo!

Melakukan Hobi yang Menyenangkan

Makanan sudah tersedia dan pekerjaan pun sudah selesai, mau apalagi, dong? Lakukan saja aktivitas yang membuatmu bahagia, misalnya bermain alat musik, menelepon keluarga, menulis, berkebun, atau hal lainnya. Intinya, usahakan jangan sampai kamu tertidur, sebab tidur saat sore pun sebetulnya juga kurang baik bagi kesehatan. Akan lebih baik lagi jika SohIB melakukan olahraga ringan agar tetap bugar.

6 Hal yang Kamu Rasakan Saat Menganggur, Semua Akan Membaik, kok!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)