Green Technology Solusi Untuk Penghijauan Global

Green Technology Solusi Untuk Penghijauan Global

Green Technology | https://www.unep.org/explore-topics/technology

SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohIBBerkompetisiArtikel 

Sobat Sohib, tahukah kamu berapa usia bumi yang kita tinggali ? dilansir dari national geographic

 usia bumi sekarang ini sekitar 4,54 miliar tahun. Selama miliaran tahun tersebut kondisi bumi mengalami banyak perubahan, terlebih semakin bertambahnya populasi manusia yang menempati bumi. Semakin kesini kondisi bumi semakin kritis, selain faktor usia, kritisnya kondisi bumi juga tak luput dari faktor aktivitas manusia. Penebangan hutan, penggunaan bahan bakar fosil untuk kendaraan, limbah industri, limbah pertanian dan peternakan serta penggunaan listrik merupakan aktivitas-aktivitas manusia yang turut menyumbang emisi gas karbon yang menyebabkan pemanasan global.

Lantas apa itu pemanasan global ? Sobat Sohib, jadi pemanasan global merupakan fenomena peningkatan suhu bumi akibat panas matahri terperangkap di atmosfer bumi oleh gas rumah kaca. Pemanasan global yang terus dibiarkan akan berdampak buruk terhadap keseimbangankehidupan di bumi. Oleh karena itu Sobat Sohib, sudah seharusnya kita melek akan permasalah ini. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menekan pemanasan global yaitu dengan penghijauan. Penghijaun di tengah era perkembangan teknologi, dimana sejalan dengan berkembangnya ide rekayasa dan engineeering telah memunculkan istilah green technology. Munculnya green technology dapat menjadi angin segar di tengah permasalahan pemanasan global.

Green technology merupakan perpaduan antara teknologi modern dengan ilmu lingkungan sehingga pengaplikasiaannya dinilai ramah lingkungan. Tujuan dari green technology adalah untuk mengurangi dampak negarif dari aktivitas manusia terhadap lingkungan. Adapun manfaat dari green technology yaitu untuk mendaur ulang, memurnikan air dan udara, melanggengkan ekosistem serta menghemat energi.

Sobat Sohib, setelah mengetahui pengertian, tujuan hingga manfaat green technology, selanjutnya kita perlu mengetahui konsep-konsep dari green technology yang meliputi :

  1. Konsep keberlangsungan, yaitu pemenuhan kebutuhan manusia tanpa merusak atau menghabiskan sumber daya alam yang ada.
  2. Konsep daur ulang, perancangan produksi manufaktur supaya dapat di daur ulang atau digunakan kembali.
  3. Konsep pengurangan limbah dan polusi, pengubahan pola produksi dan konsumsi guna menghasilkana limbah dan polusi yang seminimal mungkin.
  4. Konsep inovasi, pengembangan teknologi alternatif yang dapat mengurangi kerusakan lingkungan.
  5. Konsep Viabilitas, penerapan kegiatan teknologi dan produksi yang ramah lingkungan.

Secara garis besar green technology berfokus pada inovasi berkelanjutan dengan memperhatikan dampak jangka pendek dan jangka panjang terhada lingkungan. Berikutnya ada beberapa contoh penerapan green technology yang perlu Sobat Sohib ketahui :

  1. Kendaraan listrik. Kendaraan berbasis listrik merupakan aplikasi green technology. Mobil listrik contohnya, dinilai mampu meminimalisir emisi gas rumah kaca yang menjadi penyebab pemanasan global
  2. Lampu LED. Untuk mendukung program penghijaun global, salah satunya dengan menghemat energi. Sobat Sohib dapat mulai beralih dari lampu pijar ke lampu LED karena lampu LED hanya memerlukan sedikit energi daripada lampu pijar.
  3. Pnael Surya. Pemanfaatan energi matahari untuk dikonverensi menjadi energi listrik dapat mengurangi konsumsi bahan bakar fosil. Penggunaan panel surya berkontribusi mengurangi emisi gas rumah kaca.

Demikian contoh penerapan green technology, jadi Sobat Sohib setelah mempelajari tentang grren technology kita sebagai generasi millenial harus ikut serta dalam penegmbangan green technology tersebut demi masa depan bumi. Sejatinya, masa depan bumi ditentukan dari perilaku generasi muda dimasa sekarang.

REFERENSI

https://www.nationalgeographic.org/topics/resource-library-age-earth/?q=&page=1&per_page=25

https://rifqimulyawan.com/blog/pengertian-green-technology/