Gen Z: The Key to Creating a Better Future Through Youth Empowerment

Gen Z: The Key to Creating a Better Future Through Youth Empowerment

Community Youth Empowerment

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah generasi Z mencapai 75,49 juta jiwa atau setara dengan 27,94 persen dari total seluruh populasi penduduk di Indonesia. dapat dikatakan bahwa pemuda memainkan peran penting dalam membentuk dan mengembangkan dalam kehidupan bermasyarakat karena pemuda memiliki kontrol yang lebih besar (LeRoy. L, et al, 2004). Mereka memiliki kemampuan untuk membentuk masa depan yang lebih baik, tidak hanya sebuah komunitas atau bangsa, tetapi juga seluruh dunia.

Kurangnya keterlibatan pemuda dalam program masyarakat adalah tidak adanya keinginan mereka karena tidak adanya tujuan dan role model. Ketidakpercayaan masyarakat kepada pemuda dalam pengambilan keputusan juga merupakan salah satu masalah yang menghambat. Masyarakat memiliki stereotip bahwa kaum muda masih terlalu muda untuk berpartisipasi aktif dan berkolaborasi. 

Oleh karena itu, pemuda harus diberdayakan agar dapat berperan dalam pembangunan masyarakat. Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat adalah youth empowerment (pemberdayaan pemuda) untuk mengajak dan melibatkan pemuda, khususnya dalam pengambilan keputusan untuk masa depan. 

Apa sih Youth Empowerment?

Youth Empowerment adalah proses melibatkan pemuda dalam pengambilan keputusan dalam di kehidupan bermasyarakat. Sebagai kesadaran bahwa kaum muda memiliki suara yang harus didengarkan oleh masyarakat, hal itu juga memberikan jalan bagi mereka untuk membuat suara mereka didengar dan mengakui kekuatan mereka.

Youth Empowerment didefinisikan sebagai upaya yang memungkinkan pemuda untuk berpartisipasi, baik dalam pendidikan atau program komunitas. Kita juga dapat menunjukkan pemberdayaan pemuda dengan mengembangkan dan memperkuat keterampilan dan peran mereka di sektor pemuda. Ada kekuatan bawaan di dalam diri pemuda yang mampu membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. 

Mengapa Youth Empowerment itu penting?

Memberdayakan pemuda  itu penting,  karena kita perlu memberi mereka dorongan yang mereka butuhkan untuk mengendalikan masa depan mereka. Kita perlu memberikan mereka alat yang tepat, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang lebih baik untuk masa depan mereka. Alasan lainnya yaitu dapat membantu mengembangkan keterampilan dan menemukan potensi mereka, yang akan bermanfaat bagi mereka sendiri. 

Youth Empowerment dapat membantu mereka lebih memahami peran dan tanggung jawab dalam masyarakat. apakah itu dalam bentuk penilaian dan kebijakan yang lebih baik ketika harus membuat keputusan pribadi. Dalam memberdayakan pemuda juga memiliki efek jangka panjang, menghasilkan persepsi pendidikan yang lebih baik di sektor pemuda, mengurangi kemiskinan, kejahatan, dan penurunan kenakalan remaja.

Apa saja contoh Youth Empowerment?

Ada banyak cara untuk memberdayakan generasi muda saat ini. Melalui pembentukan inisiatif pelatihan dan pengembangan yang melibatkan pemuda secara langsung melalui program di komunitas yang mereka ikuti. Berikut beberapa contoh pemberdayaan pemuda:

1. Pendidikan

Pemberdayaan pemuda dapat dilakukan dengan menghadirkan bagaimana pendidikan dan pengetahuan membantu untuk memiliki masa depan yang lebih baik. Sangat penting bagi kaum muda untuk dididik. Melek huruf dan memiliki pengetahuan yang tepat juga penting. Dengan memastikan anak-anak memiliki akses ke pendidikan berkualitas atau melalui  program yang memenuhi kebutuhan pengetahuan

2. Pelatihan dan Program Pengembangan 

Pemberdayaan pemuda melalui pendidikan formal dan pengembangan pengetahuan. Pelatihan dan program lain seperti pelatihan kejuruan, lokakarya, dan seminar kepemimpinan juga akan membantu kaum muda mewujudkan potensi penuh mereka. Melalui inisiatif-inisiatif ini, kita juga dapat menyasar bidang-bidang tersebut, misalnya kreativitas mereka, yang mungkin tidak hanya dibenahi oleh pendidikan saja.

3. Pelatihan

Pendekatan lain dalam pemberdayaan pemuda adalah melalui pembinaan dan pendampingan. Melalui membimbing dan membantu para pemuda pada tingkat yang lebih pribadi, membuat mereka lebih memahami peran dan tugas mereka kepada masyarakat serta kemampuan mereka.

4. Keterlibatan sosial-kemasyarakatan

Pemberdayaan pemuda juga dapat dilakukan dengan memperkenalkan sektor kepemudaan kepada organisasi sosial kemasyarakatan dan mendorong mereka untuk mengambil bagian dalam program-program yang membantu masyarakat. Melalui ini, membuat mereka menyadari bahwa mereka dapat berkontribusi besar bagi komunitas mereka dan bahwa mereka mampu membuat perubahan.

Selain contoh nyata pemberdayaan pemuda tersebut, perlu juga dilakukan langkah-langkah lain agar pemuda merasa berdaya. Kapan pun mereka memiliki kesempatan untuk membuat keputusan, dorong dan dukung mereka. Biarkan mereka berkontribusi dan memutuskan untuk kebaikan bersama. Tunjukkan kepada mereka bahwa kita mempercayai keputusan mereka dan bahwa kita juga yakin terhadap keputusan mereka, dengan tetap memberikan bimbingan jika diperlukan.

Cara lain untuk mempraktikkan pemberdayaan pemuda adalah dengan mengajak mereka untuk terinspirasi pada role model yang mereka sukai. Dorong mereka untuk maju, dan dorong mereka untuk menghadapi tantangan baru dan memimpin orang lain.