6 Freelance yang Cocok untuk Mahasiswa, Kamu Wajib Tahu!

6 Freelance yang Cocok untuk Mahasiswa, Kamu Wajib Tahu!

Pekerja lepas harus bisa memanaj waktu dengan baik | Sumber: Unsplash (Per Lööv)

Menjadi mahasiswa biasanya menjadi ajang bagi kita semua untuk mengembangkan diri dan menumbuhkan potensi. Biasanya, di tahap ini, mahasiswa suka menyibukkan diri dengan mencari berbagai kegiatan selain belajar sebagai tugas utama, seperti berorganisasi, join komunitas, magang, hingga menjadi freelancer.

Freelance atau pekerja lepas adalah profesi di mana kamu tetap bekerja sesuai bidang yang digeluti, tetapi sifatnya tidak terikat oleh perusahaan secara penuh. Kelebihannya adalah SohIB bisa mengatur sendiri waktu ketika mengerjakan dan karena sifatnya based on contract, bila kamu nggak cocok dengan client, suatu saat bisa nggak dilanjutkan.

Profesi seperti ini banyak dimanfaatkan oleh mahasiswa yang butuh pengalaman dan pemasukan tambahan. Sebab, biasanya bisa dikerjakan di mana saja, kecuali yang mengharuskanmu untuk berada di kantor.

Nah, berikut adalah beberapa pekerjaan lepas yang bisa kamu pilih selama menjadi mahasiswa. Bisa dibilang, rekomendasi di bawah ini lebih fleksibel dan tidak akan mengganggu jam belajar dan healing time-mu. So, are you ready?

Baca juga: 6 Alasan Kenapa Jadi Guru Itu Keren, Makin Bangga!

1. Guru Les atau Tutor Privat

Menjadi pembimbing belajar menjadi salah satu freelance yang paling sering dipilih mahasiswa untuk mencari penghasilan sampingan. Apakah kamu juga salah satunya? Di sini, kamu bisa mendapatkan murid dari berbagai jenjang sekolah dan pelajaran, sesuai dengan minat dan kemampuan SohIB!

Lowongan kerja tutor bisa didapatkan dari bekerja sama dengan lembaga bimbingan belajar atau membuat iklan sendiri. Tentu saja, fee yang didapatkan dapat lebih besar apabila kamu berdiri secara mandiri atau tanpa bantuan platform bimbel.

Jam bekerjanya relatif santai sehingga bisa dicocokkan dengan kesibukanmu. Bila memungkinkan, SohIB bisa sekalian jalan-jalan karena harus mengunjungi rumah-rumah muridmu.

2. Penulis Lepas

Biasa disebut juga sebagai freelance writer, kamu bertugas untuk menghasilkan karya tulis dalam bentuk yang diminta, seperti artikel, penulisan ilmiah, hingga menulis berita di website. Seringkali, penulis lepas tidak mewajibkan pekerjanya untuk datang ke kantor, sehingga lebih praktis dan bisa dikerjakan di mana saja.

Bekal yang diperlukan SohIB yang ingin menjadi freelance writer adalah kemampuan menulis yang baik, ketelitian, pemahaman kaidah bahasa, dan laptop untuk mengetik.

3. Graphic Designer

Pendesain grafis memang sedang naik daun saat ini, terlebih lagi setelah dunia perkontenan muncul. Praktis, kamu bahkan nggak perlu keluar kamar untuk menyelesaikan pekerjaan. Yang terpenting, hasil yang diberikan sesuai dengan keinginan client dan tidak molor.

Btw, karena graphic designer adalah profesi yang melibatkan kreativitas dan ide, pelajari terlebih dahulu cara deal dengan mitra, besaran fee pada umumnya, hingga ketentuan yang akan diberlakukan selama menjadi freelancer. Meskipun tidak semua pekerja lepas sudah profesional keahliannya, tetap saja proses bekerja sama antara klien dan freelancer harus sama-sama dihargai.

Baca juga: Bahasa Paling Mudah di Dunia Untuk Dipelajari

4. Translator

Kamu adalah mahasiswa jurusan bahasa asing atau menyenangi bahasa? Lowongan kerja sebagai translator lepas tidak pernah sepi, lo!

Dengan adanya globalisasi, difusi bahasa menjadi sangat cepat. Kamu bisa melihat, para remaja milenial yang menyukai kpop bahkan sampai mendalami bahasa Korea agar makin menjiwai lagu-lagu yang ditampilkan.

Perusahaan-perusahaan asing juga sekarang banyak memerlukan penerjemah ke bahasa selain bahasa Inggris. Bisa untuk guide tamu penting, acara besar, atau penulisan dokumen. Momen tersebut dapat kamu manfaatkan dengan menjadi translator. Meskipun tidak terikat oleh company, penghasilannya tidak main-main, lo!

5. Penerjemah Transkrip

transcriber
Transcriber memerlukan ketelitian dan fokus tingkat tinggi | Sumber: Unsplash (Kelly Sikkema)

Ada yang diterjemahkan, tapi bukan bahasa, melainkan suara rekaman orang! Yup, transcriber memang belum terlalu lazim didengar oleh kalangan mahasiswa, padahal menarik untuk dicoba. Di sini, kamu akan diberikan deadline pengerjaan untuk mendengarkan rekaman suara orang atau video dan menuliskannya kembali ke dalam bentuk tulisan.

6. Content Creator

Dan yang terakhir adalah content creator. Pekerjaan ini lagi happening banget di era digital seperti sekarang. Banyak orang memanfaatkan konten berbentuk audio-visual tersebut untuk memberikan informasi, mengedukasi, dan menghibur masyarakat dengan beragam sajian yang dipilih. Pemasukannya besar dan terus berkembang, selama kamu juga tidak berhenti berkarya.

Content creator masih akan menjadi profesi populer hingga beberapa tahun ke depan. So, ini artinya kamu punya peluang emas dalam menjadikan konten sebagai penghasilan tambahan. Tidak menutup kemungkinan, SohIB justru membuka lapangan kerja baru bagi orang lain. Bagaimana menurutmu?

Selagi masih di usia produktif, jangan habiskan waktu untuk bermalas-malasan, terlalu banyak pertimbangan, dan akhirnya melewatkan banyak kesempatan. Freelance tidak hanya menghasilkan uang semata. Namun, kamu juga akan menemukan banyak hal baru di luar sana seputar pekerjaan dan tentunya skill terasah.

Baca juga: Suka Duka di Balik Kesuksesan Content Creator Masa Kini, Nomor 4 Relate Banget!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)