Cara Efektif Meredam Emosi Tanpa Membahayakan Diri Sendiri dan Orang Lain

Cara Efektif Meredam Emosi Tanpa Membahayakan Diri Sendiri dan Orang Lain

Ilustrasi orang yang sedang emosi | iStock (emosi)

#SahabatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Siapa nih, yang suka emosi kalau ada hal yang gak sesuai dengan ekspektasi kita? Hmm, setiap orang tentu pernah merasakannya, meskipun mempunyai kadar emosi yang berbeda. Beberapa orang mungkin mudah emosi disebabkan oleh hal yang terbilang 'sepele', seperti terjebak macet, seharian turun hujan, atau makanan yang kurang enak. Padahal, apakah SohIB tahu jika emosi negatif dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh?

Emosi erat kaitannya dengan kemarahan. Apabila tidak segera disudahi, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti stroke, serangan jantung, gangguan cemas yang berlebihan, dan bahkan menyebabkan kematian, lo. Oleh karena itu, penting bagi SohIB untuk dapat meredam amarah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Singkat sih, tetapi banyak yang sudah manjur dengan tiga hal ini. Wah, kira-kira bagaimana ya, caranya?

1. Tarik Napas

Menarik napas sedalam-dalamnya dan mengeluarkannya melalui mulut secara perlahan merupakan salah satu acara agar dapat meredam emosi. Dengan begitu, tubuh menjadi rileks sehingga hal yang membuat kita emosi diharapkan ikut hilang dengan mengeluarkan napas. Akan tetapi, jika cara pertama ini ternyata tidak membuahkan hasil bagi SohIB, maka bisa mencoba cara di poin berikutnya, nih!

2. Pergi Jalan-jalan

Siapa sih, yang gak suka pergi jalan-jalan menikmati pemandangan yang menyejukkan hati? Nah, ketika emosi, kita dianjurkan untuk memandang rumput-rumput atau pepohonan berwarna hijau, karena dapat memberikan efek yang bagus untuk kestabilan diri. Dengan begitu, tubuh kita akan merasa lebih tenang dan nyaman, sehingga diri lebih dapat mengontrol emosi.

3. Mencuci Piring

Cara ketiga ini terdengar memang agak aneh ya SohIB, tetapi ternyata dapat dikatakan 'manjur' lo, untuk menghibur diri yang sedang 'panas'. Mencuci piring dapat membuat otot-otot kita rileks. Terlebih lagi, bau sabun cuci sebenarnya dapat menghilangkan beban pikiran kita. Kalau kalian belum pernah mencoba cara ini, bisa nih, dipilih sebagai solusi!

4. Mendengarkan Musik

Sepertinya kegiatan yang satu ini sering dipilih orang ketika hati sedang merasa tidak nyaman, betul tidak SohIB? Mendengarkan musik yang kita sukai tentunya dapat membantu diri untuk lebih tenang dalam menghadapi situasi yang kurang baik. Akan tetapi, musik yang kita dengarkan lebih baik mempunyai irama yang ceria agar tubuh kita mengikuti alunan musik dan merasakan vibes-nya. Dengan begitu, kita dapat mengontrol emosi dan melupakan hal yang membuat marah sejenak.

So, SohIB apakah kalian sudah membaca artikel di atas? Jadi, cara mana yang akan kalian coba saat sedang emosi? Tentunya, perasaan tersebut merupakan hal yang wajar dan butuh waktu agar kita sembuh secara total. Bersabarlah dalam prosesnya dan jangan paksakan diri. Yang terpenting, jangan sampai rasamu itu membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Sekian dulu, ya! Semoga beberapa inspirasi di atas dapat memberikan gambaran untuk kamu yang sedang merasa dikuasai oleh emosi. Ingat, jika marah dan kita biarkan terus-menerus, bisa jadi suatu saat nanti dapat memberikan dampak yang serius bagi kesehatan fisik dan mental kita.

Nah, jangan lupa buat SohIB semua untuk mengikuti artikel-artikel lainnya di sohib.indonesiabaik.id dan ikuti terus perkembangannya! Banyak banget manfaat yang bisa kita peroleh, salah satunya informasi-informasi keren yang akan membuka pikiran kita, nih!