Cinta Tanah Air Meskipun di Luar Negeri, Begini Caranya

Cinta Tanah Air Meskipun di Luar Negeri, Begini Caranya

Indonesia mengirimkan ribuan mahasiswa setiap tahunnya ke luar negeri untuk belajar | Sumber: Unsplash (Akeyodia Business Coaching Firm)

Pelajar Indonesia yang mengenyam pendidikan di luar negeri dari tahun ke tahun selalu meningkat. Diwartakan dari Suara, berdasarkan data dari Institut Statistik UNESCO, sebanyak 53.604 mahasiswa Indonesia melanjutkan studi di luar negeri selama tahun 2021.

Bahkan, di tahun yang sama, angka ini membuat negara kita masuk ke peringkat 22 dunia dengan negara yang mempunyai jumlah siswa belajar di luar negeri terbanyak. Tentu saja, jumlah mahasiswa tersebut diprediksi akan terus bertambah di masa depan.

Namun, apakah jika seseorang memutuskan berguru di negara orang, bisa dianggap tidak cinta tanah air? Eits, jangan asal men-judge dulu, ya! Bahkan, banyak yang bilang kalau rasa cinta tanah air akan terasa semakin kuat ketika jauh dari negara asalnya. Mendengarkan lagu Indonesia Raya saja bisa membuat air mata keluar, loh.

Meskipun SohIB belajar di luar negeri, pastinya kamu tetap bisa kok, menunjukkan rasa nasionalisme-mu terhadap Indonesia. Begini nih, caranya!

Mengenal UKBI, Uji Kompetensi Bahasa Indonesia

1. Berusaha Menggunakan Produk atau Desain dari Indonesia

batik
Kain batik yang begitu menawan | Sumber: Unsplash (Wafieq Akmal)

Well, poin ini harus dibaca dengan kebijaksanaan. Sebab, bukan berarti kamu anti membeli barang-barang di negara tempat kamu tinggal. SohIB bisa membawa dan mengenakan pakaian berdesain batik di acara formal misalnya, karena batik memang khas dari Indonesia.

Dengan bangga menggunakan produk dari negara kita, itu sama saja dengan SohIB mengenalkan keistimewaan barang buatan lokal. Siapa tahu, saat mereka suatu saat berkunjung ke Indonesia, tertarik untuk membeli produk buatan warga kita.

2. Berperilaku yang Baik dan Ramah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa masyarakat Indonesia terkenal akan keramah-tamahannya kepada siapa saja. Tak hanya itu, kita juga disebut-sebut sebagai warga yang baik karena mudah memberikan pertolongan kepada orang asing sekalipun.

Inilah yang juga perlu ditunjukkan ketika kamu sedang tinggal di luar negeri. Bersikap santun dan menjaga adab dapat membuat orang merasa senang di dekat kita. Tentunya, karena sopan juga mencerminkan bangsa kita yang beradab.

3. Berpartisipasi Aktif di Acara Kenegaraan Indonesia

SohIB nggak perlu sampai harus pulang ke kampung halaman demi ikut upacara Kemerdekaan Indonesia, kok. Biasanya, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) setempat akan turut menyelenggarakan berbagai acara kenegaraan yang bisa diikuti oleh warga kita yang tinggal di sana.

Nggak cuma itu, jika kebetulan SohIB tinggal di luar negeri ketika pemilu tiba, ikutlah mencoblos surat hak pilih pemimpin negaramu. Biasanya, Tempat Pemilihan Suara (TPS) akan dihadirkan di beberapa titik sesuai negaranya. Rajin-rajinlah mencari tahu agenda apa saja yang akan diselenggarakan area KBRI. Siapa tahu, kamu bisa berpartisipasi juga.

4. Menghadirkan Cita Rasa Kuliner Lokal di Perayaan Internasional

pisang goreng
Gorengan salah satu street food Indonesia | Sumber: Unsplash (Afif Ramdhasuma)

Tahukah kamu bahwa rendang menjadi salah satu masakan Indonesia terenak di dunia? Bahkan, berdasarkan laman Taste Atlas beberapa waktu lalu, pisang goreng juga dipilih menjadi kudapan gorengan terlezat, loh! Masih banyak lagi makanan lokal yang mendunia dan disukai banyak orang, termasuk Indomie, nasi goreng, soto, ayam goreng, sate, bakso, dan lainnya.

Nah SohIB, sesekali dan bila kamu mampu, hadirkan cita rasa kuliner kita ketika kamu sedang berkumpul bersama teman-teman internasional. Biasanya, mahasiswa akan sangat excited mencicipi beraneka kudapan asal negara lain. Inilah saatnya kamu menunjukkan betapa nikmatnya makanan Indonesia itu.

Pisang Goreng Jadi Camilan Goreng Terenak Dunia, Memang Enak!

5. Hindari Memposting Ujaran Kebencian atau Berita Hoaks

Internet bagaikan pedang bermata dua. Di satu sisi, kita mendapatkan banyak manfaat dari sana, tetapi sebaliknya, juga dapat menjadi bencana bila tidak digunakan dengan bijaksana.

So, alih-alih SohIB menyebarkan berita yang negatif tentang negara kita atau yang lebih parahnya adalah hoaks, jadikan media internet sebagai wadah kita mencintai Indonesia. 

Jangan mudah terbujuk dan dipanas-panasi dengan konten yang belum tentu kebenarannya. Akan lebih baik jika kamu bisa melahirkan karya yang membuat negara tercinta kita makin dikenal oleh dunia.

6. Mengajarkan Bahasa Indonesia atau Kekhasan Lainnya di Luar Negeri

Beberapa negara luar mulai tertarik untuk belajar bahasa Indonesia, bermain angklung, memasak makanan lokal kita, sampai tarian-tariannya. Nah, kesempatan ini bisa kamu manfaatkan dengan baik sebagai pengajar mereka. Toh, selain menambah pengalaman seru di negara orang, bisa saja SohIB mendapatkan pertukaran budaya unik juga dari mereka.

7. Berprestasi dan Mengharumkan Bangsa Kita

juara lari
Harumkan nama Indonesia dari dirimu | Sumber: Unsplash (Victoire Joncheray)

Bangsa Indonesia tak pernah kekurangan orang pintar. Sudah banyak cerita di mana warga kita sukses dan mampu menorehkan prestasinya di kancah internasional. Yang mana membuat negara kita makin dikenal dan dihormati. Hal ini juga bukan tidak mungkin bisa kamu lakukan.

Belajarlah yang tekun dan aktif ketika berada di kelas selama proses belajar. Atau jika SohIB bekerja di luar negeri, jadilah karyawan yang baik dan kembangkan potensimu semaksimal mungkin. Siapa sih, yang tidak berbangga, bila suatu saat orang-orang Indonesia-lah yang menduduki posisi tinggi di berbagai perusahaan kelas dunia?

Itulah tadi 7 hal yang dapat kamu lakukan untuk mencintai tanah air meskipun sedang merantau ke luar negeri. Namun, pastinya masih banyak cara yang bisa SohIB lakukan sebagai representasi Indonesia yang cinta tanah air. Apa lagi ya, kira-kira?

Hari Sungai Nasional KemenPUPR dan Masyarakat Bersih-Bersih Ciliwung, Siap Menuju Forum Air Dunia!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, Indonesia Baik juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)