Pisang Goreng Jadi Camilan Goreng Terenak Dunia, Memang Enak!

Pisang Goreng Jadi Camilan Goreng Terenak Dunia, Memang Enak!

Wajah pisang goreng yang menggoyang lidah | Sumber: Wikimedia Commons (Azrianna)

Sudah menjadi rahasia umum apabila Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki beragam kuliner yang mampu menggoyangkan lidah. Bahkan, beberapa makanan kita kelezatannya sudah diakui secara internasional, lo!

Setelah Indomie menjadi sepuluh besar mie instan terenak di dunia, kali ini, pisang goreng juga unjuk gigi sebagai hidangan penutup terbaik dalam kategori “Makanan Penutup Gorengan Terbaik” versi TasteAtlas. Simak detailnya di bawah ini!

7 Makanan Indonesia yang Mendunia, Ada yang dari Daerahmu?

Pisang Goreng, Dessert Goreng Terbaik di Dunia

pisang goreng, cemilan goreng terbaik di dunia
Pisang goreng, cemilan goreng terbaik di dunia | Sumber: Indonesia Baik

Baru-baru ini (19/2) TasteAtlas sebagai situs online ensiklopedi makanan di dunia mengumumkan bahwa salah satu camilan kita, pisang goreng, menempati posisi pertama sebagai camilan gorengan terenak secara global. Dengan perolehan bintang sebanyak 4,6, jajanan tersebut berhasil mengalahkan aneka kuliner dunia lain yang tak kalah lezat, seperti churros dan bombolini. TasteAtlas menggambarkannya sebagai “jajanan sehari-hari yang umum disantap oleh masyarakat Indonesia.”

Pisang goreng mempunyai bahan utama buah pisang (jenis yang digunakan bisa berbeda-beda) yang biasanya dilumuri dengan campuran tepung, gula, dan telur,  kemudian digoreng dalam minyak panas hingga kecoklatan. Sebagai pelengkap, biasanya camilan itu akan disajikan dengan lelehan, keju, dan susu kental manis. Ada juga yang memadukannya dengan es krim.

Pada variasi lainnya, masyarakat Indonesia senang menyantap kuliner tersebut ditemani teh atau kopi hangat. Oleh sebab itu, terkadang pisang goreng disajikan ketika cuaca sedang dingin atau di sore hari. Bayangkan betapa nikmatnya makan pisang goreng dengan asap mengepul sembari bersantai ria!

Urutan Ranking Kudapan Goreng Terbaik di Dunia

Urutan kudapan goreng terbaik dunia
Urutan kudapan goreng terbaik dunia | Sumber: Indonesia Baik

Selain pisang goreng, sebetulnya terdapat 49 makanan pencuci mulut terbaik lainnya sesuai versi TasteAtlas. Namun, kali ini kita akan merangkumnya menjadi 10 besar saja, ya? Beberapa di antaranya akrab di telinga dan sudah sering dijual di toko-toko sekitar kita lo, SohIB! Penasaran apa saja?

  1. Pisang Goreng (Indonesia)
  2. Bola de Berlim (Portugal)
  3. Pastelitos Criollos (Argentina)
  4. Fouskakia (Yunani)
  5. Krapfen (Austria)
  6. Quarkbällchen (Jerman)
  7. Picarones (Peru)
  8. Bombolini (Italia)
  9. Churros (Spanyol)
  10. Beignets (Canada)

Di antara yang ada di atas, bomboloni dan churros menjadi dua kudapan ringan lainnya yang sudah sering dikonsumsi oleh masyarakat kita, terutama anak kekinian.

Churros adalah snack yang bentuknya panjang mengulir dengan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Terbuat dari adonan ragi, gula, dan garam, setelah digoreng, makanan ini biasanya ditaburi dengan gula halus atau bubuk kayu manis di atasnya. Tak jarang juga dicocol dengan saus coklat.

Sedangkan bomboloni mirip dengan donat. Perbedaannya adalah kudapan ini memiliki isian (filling) yang beraneka jenis, salah satunya adalah krim custard. Kemudian, ‘roti’ tersebut akan digulingkan di bubuk gula halus menyerupai salju. Bagi SohIB yang menyukai makanan manis, kamu pasti akan langsung jatuh cinta dengan bomboloni!

12 Makanan Paling Viral Tahun 2022, Kamu Pernah Coba?

5 Makanan Indonesia yang Mendunia

Selain pisang goreng, sebenarnya banyak sekali kuliner lokal yang sudah dikenal banyak warga asing. Oleh sebab itu, bila kamu menonton video reaction bule yang mencoba makanan Indonesia, maka banyak sekali yang bilang bahwa mereka sangat tergila-gila dengan masakan khas kita, lo!

Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan menu sarapan andal bagi sebagian orang Indonesia. Sebab, cara memasaknya sangat mudah selama ada nasi, bumbu, dan telur sebagai pelengkap. Makanan ini memiliki banyak jenis, seperti nasi goreng ayam, kambing, babat, oriental, hingga nasi goreng hijau. Kamu tim pedas atau nggak, SohIB?

Sate Ayam

“Tee sate…”

Mau yang khas Ponorogo ataupun dari Madura, semuanya lezat dan cocok dikonsumsi, bahkan untuk orang asing sekalipun. Perpaduan saus kacang dan kecap yang membaur tusukan daging ayam sungguh tak tergantikan. Untuk teman lauk yang enak, jangan lupa tambahkan lontong nasi, irisan cabai, dan bawang merah.

Indomie

Siapa yang nggak mengenal Indomie? Kayaknya sih, kuliner lokal pertama yang sering di-review di luar negeri adalah mie instan ini, deh! Indomie memiliki cita rasa yang kaya akan rempah dan baunya harum. Biasanya disajikan bersama telur, kerupuk, dan ayam goreng. Yang paling menarik adalah brand ternama tersebut juga menyediakan aneka rasa mie lainnya yang sesuai dengan makanan khas Indonesia, contohnya coto Makassar, sate ayam, empal gentong, hingga yang terbaru, ayam geprek.

Rendang

Rasanya nggak akan lengkap list makanan favorit Indonesia tanpa memasukkan rendang sebagai menunya. Berasal dari Sumatera, rendang adalah daging sapi yang dimasak sangat lama bersamaan dengan bumbu rempah tertentu hingga menghasilkan tekstur daging yang empuk ataupun sedikit alot. Warga lokal lazimnya menyantap rendang dengan nasi panas mengepul, daun singkong rebus, sambal cabe hijau, dan kuah rendang kuning menyerupai kare. Aduh, jadi ngiler!

Soto

Mau menyantap hidangan berkuah di pagi hari atau malam hari, soto tidak pernah mengecewakan sebagai menu makanan pilihan! Meskipun terdapat aneka soto lainnya, seperti soto Banjar, soto Betawi, atau soto Lamongan, salah satu yang paling mudah ditemui adalah soto kuah bening dengan isian daging ayam atau sapi, bihun putih, kecambah, dan bawang goreng. Jangan lupa tambahkan kerupuk dan tempe goreng sebagai teman makanmu ya, SohIB!

7 Makanan Memperlancar ASI yang Mudah Ditemukan di Indonesia

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)