3 Destinasi Wisata untuk Short Escape, Liburan Skuy!

3 Destinasi Wisata untuk Short Escape, Liburan Skuy!

Pantai bisa jadi destinasi liburanmu! | Sumber: Unsplash (Darren Lawrence)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #MiniBootcampSohIB

Gimana nih, SohIB tahun 2022? Banyak nangisnya atau banyak bahagianya? 

Gak kerasa kita udah ketemu sama bulan Desember lagi, yang artinya tahun 2022 akan segera berakhir. Bukan hanya tahun 2022 aja yang bakal berakhir, tapi semester ganjil di sekolah dan perkuliahan juga akan usai.

Untuk kamu yang sudah bekerja, jangan khawatir! Bulan Desember masih tetap ada tanggal merah, kok. Libur Natal dan Tahun Baru bisa kamu jadikan kesempatan untuk short escape. Namun, SohIB sudah tahu belum, mau liburan ke mana?

Yuk, intip destinasi wisata berikut ini untuk kamu yang butuh healing!

1. Kepulauan Seribu

Gak perlu jauh-jauh dari pusat ibukota, destinasi satu ini sudah jadi lokasi wisata yang menarik minat wisatawan. Kepulauan Seribu adalah kabupaten yang secara administrasi masih tergabung dalam Provinsi DKI Jakarta.

Nama Kepulauan Seribu ini bukan dari jumlah pulaunya yang ada seribu, SohIB. Pulau berpemandangan indah tersebut kurang lebih berjumlah 342 pulau dengan sebagian besar pulau-pulaunya tidak berpenghuni. Letaknya berada di utara Pulau Jawa dengan pulau-pulau yang tersebar di Laut Jawa.

Destinasi wisata ini bisa kamu kunjungi dengan moda transportasi kapal cepat, kapal feri, atau kapal tradisional. SohIB bisa mengakses kapal dari Dermaga Marina Ancol atau Dermaga Kaliadem Muara Angke, Jakarta Utara. Beberapa pulau yang bisa kamu kunjungi untuk wisata di Kepulauan Seribu di antaranya adalah Pulau Untung Jawa, Pulau Harapan, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Payung, Pulau Panggang, dan lainnya.

Kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini lumayan beragam, lo. Kamu bisa berjalan-jalan menyusuri pantai, berenang di pesisir, snorkeling untuk melihat biota-biota bawah laut, dan bahkan diving untuk menyaksikan keindahan terumbu karang di Kepulauan Seribu. Keindahannya yang luar biasa dan aksesnya yang mudah membuat tempat berlibur yang satu ini bisa jadi salah satu destinasi short escape-mu. 

2. Pantai Indah Kapuk (PIK)

Jika SohIB rasa destinasi yang pertama terlalu jauh, yang satu ini lebih dekat lagi, kok! Lokasi ini sudah menjadi incaran bagi penduduk DKI Jakarta dan sekitarnya untuk berlibur. Tatanannya yang rapi dan tampilannya yang estetik menjadikan PIK banyak dikunjungi oleh kawula muda. 

Spot yang bisa kalian kunjungi di sini di antaranya yakni Pantai Pasir Putih PIK 2, Jalasena Pantai Maju Golf Island, Taman Wisata Alam Angke Kapuk, San Antonio Promenade, Cove at Batavia, Pantjoran Chinatown, Urban Farm, Talassa Jakarta, Food Street PIK, dan PIK Avenue Mall.

Di sini, kamu bisa bersantai sambil menikmati semilir angin pantai, mencoba beragam kuliner, hingga bersepeda. Jangan lupa abadikan momen serumu selama di PIK, ya

Selain menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa menggunakan moda transportasi umum untuk mengunjungi PIK. SohIB bisa menaiki Kereta Listrik Commuter Line (KRL) yang mengarah ke Stasiun Jakarta Kota atau Stasiun Rawa Buaya.

Setelah turun di Stasiun Jakarta Kota, kamu bisa menyeberangi underpass menuju halte TransJakarta yang mengarah ke utara di seberang Museum Bank Mandiri. Kemudian, naik bus TransJakarta 1A (Balai Kota - Pantai Maju) arah Pantai Indah Kapuk (PIK). Bagi pengunjung dari luar kota, akses menuju PIK bisa melalui Jalan Tol Dalam Kota dan Tol Bandara Soekarno-Hatta.

3. Bali

Dua destinasi sebelumnya mungkin cukup dekat dari pusat ibukota Jakarta, tapi untuk yang satu ini cocok banget buat kamu yang ingin liburan yang lebih jauh!

Bali bukan lagi lokasi baru yang menjadi tujuan wisata. Pulau di bagian Indonesia Tengah ini punya pemandangan super indah di setiap sudut pantainya. Jika ingin mengunjungi Bali, kamu bisa menggunakan moda transportasi jalur laut maupun udara.

Kamu bisa naik kapal dari Pelabuhan Ketapang di Jawa Timur menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Agar akses ditempuh lebih cepat, bisa menggunakan pesawat dengan tujuan Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Beberapa pantai yang banyak direkomendasikan adalah Pantai Kuta, Pantai Pandawa, Pantai Jimbaran, dan Pantai Tanjung Benoa. Pura dan spot wisata lainnya juga bisa kamu kunjungi seperti Pura Tanah Lot, Pura Uluwatu, Pura Tirta Empul Tampak Siring, Pura Ulun Danu Beratan Bedugul, Kintamani, Ubud, Seminyak,Taman budaya Garuda Wisnu Kencana, Safari Marine Park, hingga Kawasan Nusa Dua yang kemarin dijadikan sebagai lokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali.

Selain itu, kamu juga bisa menyebrangi pulau utama Bali menuju Pulau Nusa Penida dan Pulau Nusa Lembongan yang gak kalah indahnya.

Sebelum berangkat liburan, pastikan kamu punya rencana yang matang untuk memanfaatkan waktu dan budget dengan maksimal. 

Apalagi yang ditunggu? Yuk, rencanakan liburanmu di akhir tahun ini. Jangan lupa ajak teman atau keluarga kamu, ya. Biar liburannya menjadi makin seru!