7 Aktivitas Seru selama Liburan di Rumah

7 Aktivitas Seru selama Liburan di Rumah

Quality time bersama keluarga | Sumber: Unsplash (Pablo Merchán Montes)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohIBMiniBootcamp

Liburan akhir tahun sudah semakin dekat. Pasti banyak dari kamu yang sudah merencanakan untuk berekreasi ke suatu tempat, bukan? Padahal, sebenarnya liburan tak melulu identik dengan berpergian, lo!

Liburan bermakna menyegarkan kembali pikiran dan badan. Untuk SohIB yang sedang ingin tinggal di rumah saja, berikut beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu senggangmu!

1. Memasak Bersama Keluarga

Mengisi waktu libur di rumah dengan quality time bersama keluarga
Quality time bersama keluarga dengan memasak bersama . | Sumber : Pexels (August de Richelieu)

Menghabiskan waktu liburan dengan keluarga tak kalah seru, kok. Sebab, selama ini kita sering kali disibukan dengan kegiatan sehari-hari. Agar quality time bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan, kamu bisa menyibukkan diri dengan memasak makanan kesukaan bersama keluarga.

SohIB juga bisa mengadakan acara barbeku di rumah dengan keluarga besar. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga menjadi ajang silahturahmi untuk saling bertukar kabar.

2. Merawat Tubuh

Perawatan tubuh dengan spa
Kegiatan spa dapat menyegarkan tubuh. | Sumber : Pexels (cottonbro studio)

Kesibukan membuat kita terkadang suka mengabaikan diri sendiri. Nah, waktu liburan juga bisa dimanfaatkan untuk memanjakan dirimu, lo. Saat ini, merawat tubuh bisa kita lakukan dari rumah dengan memanggil layanan spa panggilan yang sudah banyak tersebar.

Selain memanfaatkan inovasi tersebut, SohIB juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Kamu hanya memerlukan bahan-bahan spa yang bisa didapatkan melalui marketplace atau mengunjungi beauty store terdekat.

3. Berkebun

Kegiatan berkebun di dalam pot
Menanam di rumah dengan menggunakan pot | Sumber : Unsplash (Markus Spiske)

Tidak hanya tubuh saja yang perlu dirawat, lingkungan juga membutuhkan perawatan. Mengisi kegiatan dengan mulai bercocok tanam tak ada salahnya, SohIB! Selain menyegarkan pikiran, berkebun juga dapat memperindah pemandangan.

Lingkungan yang sejuk akan membuat tubuh kita menjadi lebih segar. SohIB bisa memilih tumbuhan yang mudah diperhatikan bagi pemula, seperti tanaman sayur. Jika menginginkan tanaman yang minim perawatan, SohIB bisa mempertimbangkan kaktus sebagai alternatif.

4. Membersihkan Rumah

Memilah-milah pakaian untuk melegakan almari
Decluttering pakaian | Sumber : Unsplash (Sarah Brown)

Membersihkan rumah juga menjadi aktivitas menarik yang bisa kita lakukan selama liburan. Tak hanya sendiri, membereskan rumah juga bisa kita jalankan bersama keluarga. Dengan begitu, kekompakan antaranggota keluarga juga akan semakin erat.

Tidak hanya itu saja, mengubah tata letak ruangan juga dapat menyegarkan pikiran. Ruangan yang tidak monoton akan menambah kreativitas kita dan membuat penghuninya menjadi lebih betah ketika harus liburan di rumah saja.

Bersih-bersih bisa dimulai dari hal yang paling sederhana, contohnya decluttering baju, yakni dengan memisahkan pakaian yang masih ingin dipakai dengan yang sudah tidak ingin dipakai. Selain membuat lemari menjadi lebih rapi, decluttering juga dapat membantu orang lain dengan cara menyedekahkan baju kita kepada mereka yang membutuhkan.

5. Menonton Film/ Series Favorit

Menonton film untuk mengisi waktu liburan
Menonton series untuk mengisi waktu libur | Sumber : Pexels (Cottonbro Studio)

Terkadang, padatnya waktu membuat acara menonton film atau series kesukaan kita. Nah, di momen liburan ini, SohIB bisa memanfaatkannya untuk mulai memutar tayangan yang sudah masuk ke daftar wishlist-mu, lo! Sehingga nantinya ketika sudah mulai beraktivitas padat seperti biasa, kamu bisa lebih fokus menjalankan tugas tanpa harus memikirkan  series yang selama ini membuatmu penasaran.

6. Membaca Buku

Membaca buku merupakan aktivitas yang menyenangkan
Membaca buku untuk menambah wawasan. | Sumber : Unsplash (Blaz Photo)

Teruntuk SohIB yang memiliki hobi membaca buku, ini adalah waktu yang tepat untuk menuntaskan bacaan yang kita miliki. Sudah berapa banyak buku yang SohIB beli, tapi belum sempat terbaca?

Membaca buku menjadi hal paling menyenangkan bagi para pecintanya. Pasalnya, kamu bisa memainkan imajinasi yang ada di kepala, khususnya jika kita sedang membaca buku fiksi.

Poin yang satu ini juga dapat menambah pengetahuan kita. Untuk SohIB yang baru membangun kebiasaan membaca, mulailah dengan memilih judul atau topik yang memang disenangi terlebih dahulu.

7. Mengembangkan Skill

Belajar dapat dilakukan dimanapun, asalkan terhubung internet
Kemudahan dalam mengakses bahan belajar | Sumber : Unsplash (Andrew Neel)

Saat ini, teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal yang dapat SohIB lakukan untuk mengimbangi hal tersebut, yaitu dengan menambah keahlian baru atau memperdalam keahlian yang telah dimiliki sebelumnya.

Banyak sekali lo, platform yang dapat digunakan untuk meng-upgrade diri. SohIB tinggal memilih ingin mengakses secara gratis atau yang berbayar. Kamu bisa belajar melalui YouTube atau media sosial seperti Instagram dan TikTok. Tentunya, konten yang dilihat juga harus yang bermanfaat, ya.

Selain itu, SohIB juga bisa mengikuti bootcamp, webinar, short course, dan workshop. Saat ini, sudah banyak platform digital yang mengadakan kegiatannya secara daring. Teman-teman juga bisa mengikuti beragam kelas di SohIB! Nggak cuma itu saja, kamu juga bisa membaca artikel di website SohIB untuk menambah pengetahuanmu. Cuss, kuy!