Belajar Bahasa Inggris secara Interaktif dengan Bantuan Ai Avatar

Belajar Bahasa Inggris secara Interaktif dengan Bantuan Ai Avatar

Mengenal Aplikasi Praktika! Belajar bahasa Inggris lebih menyenangkan bersama Avatar AI

Hai, SohiB!

Siapa nih, yang sepakat kalau belajar bahasa Inggris merupakan suatu kebutuhan? Yup, Seiring berkembangnya teknologi, bahasa Inggris menjadi jembatan untuk menjalin hubungan di tingkat nasional maupun internasional dalam berbagai sektor, seperti sektor ekonomi, pariwisata, pendidikan, dan bisnis.

Namun, sayangnya, banyak orang terkendala oleh waktu, tempat, biaya, atau bahkan niat dalam belajar bahasa Inggris. Sementara itu, tidak sedikit pula orang yang sudah belajar bahasa Inggris, tetapi masih kesulitan dalam berbicara. Benar, kan, SohIB?

Nah, sebenarnya, jika kamu familiar dengan teknologi dan ingin mencari platform atau aplikasi yang dapat membantu dalam belajar bahasa Inggris, maka keputusan SohIB mengakses artikel ini sudah 100% tepat. Karena di artikel ini, kita akan membagikan satu aplikasi seru yang dapat membantumu meningkatkan skill bahasa Inggris. Kira-kira ada aplikasi, apa ya?

Mengenal Aplikasi Praktika

Praktika adalah aplikasi belajar bahasa Inggris yang menawarkan pembelajaran secara interaktif. Di dalam aplikasi ini, SohIB bisa belajar bahasa Inggris dengan bantuan Avatar AI, loh.

Bukan hanya itu saja, kamu bisa melakukan percakapan bahasa Inggris dengan avatar AI layaknya berbicara bahasa Inggris dengan manusia. Keunggulan lainnya adalah fleksibilitasnya. SohIB dapat belajar kapan pun dan di manapun tanpa terkendala oleh waktu dan tempat.

Fitur Aplikasi Praktika

Fitur-fitur yang ada pada aplikasi Praktika

Fitur-fitur yang ada pada aplikasi Praktika | Foto pribadi penulis

Selain interaksi dengan Avatar AI, Praktika juga menyediakan berbagai fitur menarik lainnya, sehingga pembelajaran bahasa Inggris menjadi lebih adaptif dan dapat disesuaikan dengan tingkat kemampuan serta kebutuhan pengguna.

Nah, daripada SohIB semakin penasaran, ini dia fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Praktika:

1. Fitur Lessons

Well SohIB, fitur yang paling seru di aplikasi ini adalah fitur "Lessons." Karena di fitur ini kamu bisa memilih berbagai course seperti di bawah ini:

  • Your personal plan yang terdiri dari 28 unit, dan 222 lessons,
  • Level A1 yang terdiri dari 192 lessons,
  • Level A2 yang tediri dari 146 lessons,
  • Level B1 yang terdiri dari 156 lessons,
  • Level B2 yang terdiri dari 211 lessons.

2. Fitur Practice

Pada fitur ini, SohIB akan mendapatkan 146 topik. Mulai dari topik yang mudah dibahas hingga yang sulit. Nggak hanya itu, SohIB juga bisa membuat topik sendiri jika tema yang ingin dibicarakan tidak ada dalam daftar. Topik yang ingin dibuat bisa dipilih di bagian “custom”, ya.

3. Fitur Feedback

Untuk mengecek kemajuan bahasa Inggrismu, SohIB bisa mengeceknya di fitur "Feedback."

Cara Menggunakan Aplikasi Praktika

Langkah-langkah menggunakan aplikasi Praktika

Langkah-langkah menggunakan aplikasi Praktika | Foto pribadi penulis

  1. Pastikan SohIB sudah memiliki akun Praktika! Jika belum, kamu bisa membuat akun terlebih dahulu dengan memasukkan e-mail dan membuat password baru.
  2. Setelah akun dibuat, selanjutnya SohIB akan diberikan beberapa pertanyaan mengenai aksen bahasa Inggris yang ingin dipelajari, kemampuan bahasa Inggris, topik yang ingin dipelajari, hingga memilih AI Tutor.
  3. Langkah berikutnya adalah penilaian tingkat bahasa Inggris SohIB melalui percakapan dengan Avatar AI yang sudah kamu pilih. Ini akan membantu Avatar AI untuk menentukan level bahasa Inggrismu antara A1-C2.
  4. Setelah itu, navigasikan ke fitur Lessons dan mulailah pelajaran dari Lesson 1!
  5. SohiB juga dapat mengunjungi fitur “Practice” untuk memilih topik pembicaraan bersama Avatar AI. Jika topik yang diinginkan tidak ada dalam daftar, manfaatkan fitur “Custom" untuk membuat topik sendiri sesuai keinginan. Avatar akan bertanya sesuai topik, dan akan memberikan feedback sesuai jawaban kita.
  6. Jawaban yang SohiB ucapkan maupun feedback dari avatar akan di-generate menjadi teks. Jadi, SohiB tidak perlu khawatir apabila tidak terlalu mengerti apa yang dibicarakan oleh avatar.

Nah, itu dia aplikasi belajar bahasa Inggris yang menawarkan pembelajaran menarik dan seru! SohIB mau kita bahas apa lagi, nih?