Mengenal 5 Bank Digital Terkemuka di Indonesia

Mengenal 5 Bank Digital Terkemuka di Indonesia

Bank Digital | Econo Channel

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Perkembangan teknologi informasi yang cepat membawa kita memasuki era baru yang disebut era revolusi industry 4.0. Era industry 4.0 pertama kali digemakan pada Hannover Fair 4-8 April 2011. Di mana pelaku industri membiarkan komputer saling terhubung dan berkomunikasi satu sama lain untuk akhirnya membuat keputusan tanpa keterlibatan manusia seperti yang dikutip dari Kominfo.

Pemanfaatan berbagai teknologi di bidang layanan keuangan telah membawa perubahan yang signifikan pada industri perbankan terutama terbentuknya bank digital di Indonesia. Pada artikel ini akan dibahas lima bank digital yang terkemuka dan mengubah cara kita bertransaksi pada zaman sekarang, yaitu:

Bank Jago

Bank Jago | TribunnewsWiki.com

Aplikasi Bank Jago yang terpilih menjadi aplikasi terpopuler diluncurkan pada April 2021 dan kemudian diluncurkan Aplikasi Jago Syariah pada Februari 2022. Pengguna kedua aplikasi pada Juni 2022 sudah mencapai 3 juta orang. Apa yang membuat Bank Jago begitu popular?

Jika menabung di digital Bank Jago kamu akan dibebaskan dari biaya admin bulanan, gratis biaya transfer antar bank, bisa tarik uang di ATM bank lainnya tanpa dikenakan biaya, bisa melakukan transaksi luar negeri dan verifikasi rekening paypal, dan menawarkan berbagai promo seperti sharing referral code.

Selain keunggulan yang ditawarkan, ada juga beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Bank Jago seperti masih belum banyak tersedianya mesin ATM, proses verifikasi pendaftaran yang cukup lama, dan belum tersedianya fitur kartu kredit.

Blu by Bank Central Asia

BCA digital | INFOBRAND.ID

Bank digital BCA yang disebut juga Blu pertama kali diluncurkan pada juli 2021 dan menjadi bank digital terbaik di Indonesia pada tahun 2022. Blu memiliki tampilan yang friendly, fitur yang lengkap dan produknya yang sesuai dengan masa kini.

Kelebihan dari ditawarkan oleh Blu adalah gratis biaya admin dengan menjaga portfolio saldo rata-rata bulan sebelumnya sebesar 1 juta rupiah, blu rewards, gratis biaya transfer antar bank, gratis top up e-wallet, dan menawarkan berbagai jenis cashback.

Sedangkan ada beberapa kekurangan dari blu BCA adalah tidak tersedianya kartu kredit dan bunga tabungan yang ditawarkan relatif kecil di kisaran nol koma persen saja.

Jenius by BTPN

Jenius | www.jenius.com

Aplikasi jenius BTPN pertama diluncurkan pada tahun 2016, yang menawarkan keuntungan bagi nasabah yaitu setoran awal nol rupiah, fitur keuangan yang memudakan nasabah melakukan pennyimpan dana pribadi, yaitu flexi saver, maxi sever, and dream sever.

Proses pengiriman uang yang mudah dengan memiliki fitur penjadwalan, memiliki fitur kartu kredit, dan berbagai rewards ditawarkan. Sedangkan ada beberapa kekurangan dari Jenius by BTPN, yaitu tidak mendapatkan buku tabungan, biaya top up yang mahal dan mesin ATM yang masih terbatas.

Livin by Mandiri

Livin by mandiri | Bank Mandiri

Livin dari mandiri diluncurkan pada Oktober 2021 dan hingga 2021 sudah memiliki 6,92 juta penguna aktif. Apa yang menjadi keunggulan livin by mandiri? Akses aplikasi secara instan, transaksi cepat dengan quick pick fitur menyimpan histori nomor rekening, top up e-wallet yang mudah, tarik tunai tanpa kartu, transfer cepat dengan BI-fast, dan online shopping payment.

Sedangkan ada beberapa kekurangan dari livin, yaitu jaringan error kerap dialami oleh nasabah dan login cepat dengan sidik jari yang bisa membuat nasabah melupakan password jika diperlukan login manual.

Seabank collab dengan Shopee

Seabank | www.seabank.co.id

Perubahan nama Seabank secara resmi sejak tanggal 10 Februari 2021. Seabank bekerja sama dengan shopee untuk menambah nasabah dari konsumen shopee yang suka berbelanja menggunakan Shopee. Keunggulan yang ditawarkan oleh Seabank adalah gratis biaya pembuatan rekening tabungan, tidak ada setoran awal minimal bank, saldo minimum Seabank perbulan adalah IDR 0, dan tidak ada administrasi bulanan.

Sedangkan kekurangan yang dimiliki oleh Seabank adalah jumlah kantor cabang yang masih sedikit, jumlah ATM yang tersedia masih sedikit, menu aplikasi Seabank yang masih minimalis dibanding aplikasi perbankan lainnya, dan belum tersedianya fitur kartu kredit.

Perkembangan digital bank yang pesar membuat nasabah menjadi memiliki banyak pilihan dalam bertransaksi banking, hal ini tentunya juga memudahkan transaksi dan membuat persaingan antar bank menjadi lebih ketat menawarkan produk unggulan mereka.

Mari SohIB kita bisa memanfaatkan digital bank menjadi tempat menabung dan mencari keuntungan lebih seperti cashback yang ditawarkan oleh beberapa bank digital di Indonesia.